KESEHATAN
22 Juli 2020

Apa Benar Manfaat Wortel Baik untuk Kesehatan Mata?

Cari tahu kebenarannya yuk, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Siapa yang tidak kenal makanan satu ini? Wortel merupakan makanan yang populer hampir di seluruh dunia dan merupakan sayuran akar yang renyah serta bergizi tinggi.

Sejak lama, wortel diyakini mampu meningkatkan kesehatan mata dan meningkatkan penglihatan kita, terutama di malam hari. Apakah benar wortel baik untuk kesehatan mata?

Hal ini dibenarkan oleh Rebecca Taylor, dokter mata dan juru bicara klinis untuk American Academy of Ophthalmology. Dirinya juga mengaku sebagai pecinta wortel. Mengapa hal ini bisa terjadi? Simak penjelasannya di bawah ini, yuk.

Manfaat Wortel untuk Menjaga Kesehatan Mata

manfaat wortel, kesehatan mata

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat wortel untuk kesehatan mata sudah banyak diketahui orang, di mana kandungan vitamin A di dalamnya dapat menjaga kesehatan mata agar lebih baik.

“Nutrisi wortel untuk mata berasal dari kandungan bera karoten-nya, "karotenoid" yang dapat diubah tubuh menjadi vitamin A,” jelas T. Michael Redmond, kepala Laboratorium Sel Retina dan Biologi Molekuler di National Eye Institute.

Menurutnya vitamin A memungkinkan protein opsin terbentuk di "sel kerucut" dan protein rhodopsin terbentuk di "sel batang" di dekat bagian belakang mata.

Sel kerucut memproses cahaya dalam kondisi siang hari, sedangkan rhodopsin melakukan hal yang sama dalam cahaya yang lebih redup. Ketika cahaya mengenai rhodopsin atau kerucut opsins, hal ini menciptakan impuls listrik yang bergerak ke otak untuk melakukan interpretasi, sehingga membantu kita melihat.

Baca Juga: Benarkah Vitamin D Dapat Menambah Kesuburan?

Jika Kita Kekurangan Vitamin A

manfaat wortel, kesehatan mata

Foto: Orami Photo Stock

Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kebutaan di malam hari, suatu kondisi di mana orang mengalami kesulitan menyesuaikan penglihatan mereka dengan tingkat cahaya yang rendah.

Seperti jika kita pergi ke bioskop dan kita tidak bisa melihat apa-apa. Karena mata kita tidak bisa memproses sedikit cahaya yang ada di sana.

Office of Dietary Supplements mengatakan bahwa kekurangan vitamin A adalah salah satu penyebab utama kebutaan pada anak-anak.

Sedangkan menurut Centers for Disease Control and Prevention, kebutaan di malam hari tidak akan terjadi jika kita mendapatkan cukup vitamin A, seperti pada orang-orang yang tinggal di Amerika Serikat.

"Vitamin A akan membantu menjaga penglihatan kita tetap sehat, namun tidak akan meningkatkan ketajaman penglihatan kita," kata Taylor.

Hal ini berarti juga bahwa wortel tidak akan mencegah kita dari menggunakan kacamata atau lensa kontak jika memang dibutuhkan.

Baca Juga: 3 Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Mata Selain Wortel

Berapa Banyak Wortel yang Dibutuhkan?

manfaat wortel, kesehatan mata

Foto: Orami Photo Stock

Banyaknya wortel yang dibutuhkan untuk mengoptimalkan penglihatan di malam hari masih kurang jelas.

Sebagian besar penelitian sejauh ini melihat pada manfaat beta-karoten atau suplemen vitamin A, bukan wortel secara khusus.

Sebuah penelitian acak tentang manfaat wortel pada tahun 2005, menemukan bahwa konsumsi sekitar 4,5 ons wortel yang dimasak selama enam hari seminggu, menjadi pilihan yang baik dibandingkan makanan dengan kandungan vitamin A lainnya.

Seperti beras, daun bayam, dan hati kambing untuk membantu mengatasi kebutaan di malam hari pada wanita hamil.

Studi ini menemukan bahwa diet teratur wortel yang dimasak selama enam minggu membantu membawa penglihatan wanita ke tingkat normal.

Baca Juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar Kesehatan Mata Balita

Itu dia Moms, fakta manfaat wortel yang baik untuk kesehatan mata kita. Yuk, makan wortel mulai sekarang!

Artikel Terkait