PASCA MELAHIRKAN
5 September 2019

Benarkah Menyusui Bayi Hilangkan Berat Badan?

Banyak ibu telah mendengar bahwa menyusui membuat berat badan turun. Tapi, apakah hal tersebut benar adanya?
Artikel ditulis oleh Waritsa Asri
Disunting oleh Orami

Moms, tentunya berbagai cara akan dilakukan agar tetap bisa menyusui Si Kecil, baik dengan langsung maupun metode pumping. Menyusui pun menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi Moms dan Si Kecil.

Diantaranya, menyusui dapat membantu Moms menurunkan berat badan yang meningkat selama kehamilan.

Seorang dokter keluarga dan penulis The Diet Fix, Yoni Freedhoff pun membenarkan menyusui membakar kalori lebih banyak setiap harinya.

“Akan tetapi, jumlah kalori yang terbakar selama menyusui mungkin tidak cukup signifikan untuk mengimbangi stress, kurang tidur, dan perubahan pola makan yang dialami oleh banyak wanita setelah melahirkan,” ujarnya.

Walaupun begitu, penelitian lain menunjukkan bahwa pemberian ASI ekslusif dapat membantu Moms membakar hingga 500 kalori tambahan setiap hari.

Penyebab Berat Badan Turun Selama Menyusui Bayi

Ibu Menyusui

Seorang ahli diet dan konsultan laktasi terdaftar, Lauren Olofsson mengungkapkan penyebab berat badan turun selama menyusui bayi yaitu Moms menggunakan sel-sel lemak yang disimpan dalam tubuh selama kehamilan bersama dengan kalori dari makanan.

Diyakini, hal ini setara dengan melakukan latihan intensitas sedang selama 45-60 menit. Bahkan, hasilnya akan lebih baik dengan menyusui lebih sering dan lebih dari enam bulan atau sesuai dengan permintaan Kementerian Kesehatan yaitu dua tahun lamanya.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 6 Posisi Seks untuk Pria dengan Perut Buncit

"Tapi, kehilangan berat badan mungkin tidak terjadi dengan mudah pada semua wanita menyusui tergantung berbagai faktor individu seperti berat badan yang bertambah selama kehamilan, aktivitas fisik, dan berapa banyak ASI diproduksi,” ujarnya.

Ada juga beberapa bukti bahwa prolaktin, hormon yang bertanggung jawab untuk produksi ASI, tidak hanya memperlambat metabolisme lemak tubuh tetapi juga dapat bertindak sebagai stimulan nafsu makan.

Dalam sebuah studi tahun 2004 di The American Journal of Clinical Nutrition, para peneliti benar-benar menemukan bahwa wanita menyusui tetap lebih berat daripada wanita yang tidak menyusui karena pengaruh prolaktin pada stimulasi nafsu makan.

Cara Sehat Turunkan Berat Badan Saat Menyusui Bayi

Ilustrasi Berat Badan

Moms, memang ketika menyusui tidak semua orang bisa turun berat badan dengan secara tepat.

Sehingga, dibutuhkan cara yang sehat untuk membantu Moms menurunkan berat badan ekstra saat menyusui.

Berikut adalah beberapa tips yang disarankan oleh Dr Nidhi Khera, Ahli Obstetri dan Ginekologi Senior, Apollo Cradle, Delhi, yang dapat meningkatkan peluang Moms untuk menurunkan berat badan pascapersalinan.

1. Kurangi tapi tidak sedikit

Moms yang menyusui memerlukan nutrisi tambahan bahkan harus menghindari makan kurang dari 1.800 kalori setiap hari agar mampu memenuhi memproduksi susu yang baik serat pasokan nutrisi yang sesuai untuk tubuh.

Makan lebih sedikit dapat mengurangi jumlah produksi susu. Seseorang tidak harus melakukan diet ketat, penurunan berat badan secara bertahap lambat lebih berkelanjutan.

Baca Juga: Moms, Ini 6 Aktivitas untuk Perkembangan Bayi 4 Bulan

2. Makan dengan cara yang benar

Memesan makanan jauh lebih mudah untuk Moms terutama saat awal-awal pascapersalinan.

Tapi, Moms ada baiknya menjauhi makanan olahan dan yang mengandung karbohidrat dan lemak tinggi.

Perbanyak makanan kaya serat dan protein, seperti kacang-kacangan, produk susu, telur, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, brokoli, tahu, gandum dan biji-bijian.

Ini akan membantu mengurangi kelaparan dan nafsu makan sambil membuat Moms kenyang untuk waktu yang lebih lama.

Makan lebih banyak buah dan sayuran. Buah-buahan utuh lebih baik daripada jus - mereka memberi Moms banyak manfaat serat dalam makanan juga.

3. Olahraga

Moms tidak ada salahnya untuk mulai berolahraga dalam jumlah yang sedang saat menyusui bayi.

Hal ini tidak mempengaruhi produksi susu. Sebaliknya, hal ini juga membantu menjaga massa otot dan mendapatkan kembali tubuh yang bugar.

4. Tetap terhidrasi

Saat Moms menyusui bayi kebutuhan cairan pun meningkat. Untuk menjaga persediaan ASI, Moms harus tetap terhidrasi dengan air atau minuman tanpa pemanis lainnya.

Hal ini juga membuat Moms berenergi dan kenyang yang akan membantu Moms menurunkan berat badan.

Sehingga, batasi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh hingga satu atau dua cangkir sehari. Minumlah setidaknya 8 gelas air setiap hari.

Baca Juga: Ketahui 4 Obat Gatal Alami untuk Mengatasi Biang Keringat Anak

5. Makan dengan lambat dan sadar

Tahukah Moms makan dengan tergesa-gesa atau terganggu membuat makan lebih banyak sekitar 71% kalori dari yang seharusnya?

Jadi, Moms tetap membutuhkan waktu luang sekitar 20 menit untuk menyelesaikan makan, mengunyah lebih banyak dan menghindari multitasking saat ini. Jika memungkinkan, makanlah dengan tenang, lebih baik ketika Si Kecil saat tidur.

6. Tidur yang cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan mengidam, lapar, dan makan yang tidak menentu. Jadi, ketika Si Kecil tidur, tidurlah setidaknya 30 menit untuk menutupi kurang tidur Moms.

Tidur memiliki banyak manfaat, yakni membantu otot untuk rileks, suplai darah ke organ meningkat, hormon pertumbuhan dilepaskan.

(RIE/ERW)

Artikel Terkait