TRIMESTER 2
30 Mei 2019

Benarkah Minum Air Es Saat Hamil Berpengaruh Pada Janin?

Ada yang bilang minum air es ada pengaruhnya pada gerakan janin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Tetap terhidrasi adalah hal terpenting bagi Moms selama hamil. Namun, Moms mungkin bertanya-tanya bagaimana dengan minum air es atau air dingin?

Adakah pengaruh minum air es saat hamil pada janin? Sebab ada banyak yang mengatakan bahwa minum air es saat hamil akan berdampak pada pergerakan janin. Mari kita simak ulasannya!

Baca Juga: Bolehkah Minum Obat dengan Air Dingin? Ketahui Dulu Faktanya!

Minum Air Es Saat Hamil

Minum Air Es Saat Hamil

Menurut sebuah studi 2013 oleh BMC Pregnancy and Childbirth, beberapa wanita merasakan bayi mereka bergerak sedikit lebih banyak setelah minum minuman dingin, tetapi tidak semua wanita dan tidak sepanjang waktu.

Jadi, walaupun minum air es saat hamil tampak seperti merangsang janin dalam kandungan, hal tersebut tidak memiliki basis bukti pendukung.

Dr. Adrienne D. Zertuche, OB-GYN di Taylor, Suarez, Cook, Carroll, dan Adams (Divisi Spesialis Kesehatan Wanita Atlanta), mengatakan bahwa mengonsumsi makanan atau minuman es dingin kemungkinan tidak meningkatkan pergerakan janin.

Karena makanan atau minuman tersebut akan cepat dipanaskan ke suhu tubuh saat bergerak dari kerongkongan dan perut ke dalam usus.

Dia mengatakan metode yang lebih mungkin untuk meningkatkan pergerakan janin adalah konsumsi gula, seperti soda, jus, buah, atau permen.

Baca Juga: Apa yang Dirasakan Janin Saat Moms Berhubungan Seks Saat Hamil?

Hubungan Gerakan Janin dengan Konsumsi Makanan Ibu

Minum Air Es Saat Hamil

Penting untuk mengukur mengapa Moms mencoba membuat janin bergerak sejak awal. Dari awal 24 hingga 28 minggu kehamilan, American Pregnancy Association (APA) menyarankan agar para ibu, terutama mereka yang memiliki kehamilan berisiko tinggi, harus meluangkan waktu untuk menghitung pergerakan bayi mereka.

Gerakan yang dimaksud termasuk tendangan bayi, gulungan, desir, atau pukulan. Melacak setiap penurunan atau perubahan gerakan dapat mencegah lahir mati dan komplikasi lainnya.

Memang belum ada penelitian yang pasti mengenai pengaruh air dingin ke janin. Namun, ada beberapa pasien yang berhasil merangsang gerakan janin dengan air dingin.

Dr. Kathryn Wright, OB-GYN dari Facey Medical Group mengatakan ketika seorang pasien melakukan perhitungan tendangan, dia menyarankan agar mereka minum sesuatu yang dingin dan manis, seperti jus jeruk.

"Jika ibu hamil menderita diabetes maka saya merekomendasikan air es," tambahnya. Dia menambahkan bahwa ibu harus berbaring di sisi kiri dan berkonsentrasi pada gerakan bayi.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Mengenai Tendangan Bayi dalam Kandungan Seperti yang Meghan Markle Rasakan

Wright menjelaskan bahwa mengenai makanan secara umum, beberapa wanita menemukan bahwa bayi mereka tidur setelah makan, sehingga mereka mungkin ingin menghitung jumlah tendangannya sebelum makan.

Dia mengatakan orang lain mungkin menemukan yang sebaliknya, jadi setiap wanita harus mengikuti pola perilaku bayinya sendiri.

"Tidak ada makanan tertentu yang bekerja lebih baik daripada yang lain," tambah Wright. Tetapi makanan tinggi karbohidrat akan meningkatkan gula darah seseorang begitu pula berpengaruh pada janin. Maka, janin akan melakukan gerakan.

Memang Moms perlu khawatir jika janin bergerak kurang dari normal. Apalagi jika Moms tidak dapat menghitung 10 gerakan dalam satu jam setelah camilan manis. Moms harus menghubungi dokter kandungan..

Mengandalkan minuman dan makanan seharusnya hanya menjadi pilihan jika Moms ingin tahu bayi janin baik-baik saja. Namun yang utama adalah dengan pemeriksaan dokter dan ultrasonografi.

Untuk pengujian sementara, tak masalah Moms melakukannya dengan minum air es.

Meski belum dibuktikan kebenarannya, Moms tetap bisa mencobanya sebab ada pengaruh minum air es saat hamil pada janin. Nah, apakah Moms pernah melakukan pemeriksaan gerakan janin dengan air es?

(GSA/INT)

Artikel Terkait