PROGRAM HAMIL
3 Maret 2019

Benarkah Minum Es Saat Hamil Bikin Bayi Jadi Besar? Ini Kata Ahli!

Minum es ternyata membuat nafsu makan meningkat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Bagi Moms yang tinggal di daerah panas, pasti jadi lebih sering minum dibanding orang yang tinggal di area sejuk. Di hari yang panas, memang paling enak minum air es atau sirop dengan es batu. Nikmat!

Eits, tapi pernahkah Moms mendengar mitos bahwa jika ibu minum es saat kehamilan maka bayi yang dilahirkannya akan besar?

Banyak yang percaya pada mitos tersebut dan memilih untuk menghindari minum es selama hamil. Tapi, apakah mitos tersebut benar adanya? Yuk kita cari tahu Moms!

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Gorengan?

Minum Es Saat Hamil

600969548 h 1024x700

Dokter Spesialis Kandungan Brawijaya Hospital Duren Tiga dr. Fahruddin, SpOG mengatakan bahwa tidak benar jika ibu yang meminum es semasa hamil akan melahirkan bayi yang besar. dr. Fahruddin menjelaskan bahwa minum es tidak memberikan pengaruh pada ukuran bayi.

“Yang mempengaruhi ukuran bayi mungkin karena es biasanya memicu nafsu makan. Setelah minum es, ibu akan menjadi lebih lahap saat makan,” ungkap dr Fahruddin saat ditemui di Brawijaya Hospital Duren Tiga, Rabu (7/11).

Kemungkinan lain yang terjadi adalah ibu meminum minuman es berkadar gula tinggi, seperti sirup dan yang lainnya. Kadar gula tinggi ini bisa membuat gula dalam tubuh ibu meningkat.

“Gula itu kemudian sampai ke bayi melalui plasenta. Dalam tubuh, gula itu disimpan sebagai lemak. Ini yang menjadikan bayi besar, lemaknya yang tertimbun,” terang dr Fahruddin.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Makanan Fermentasi?

dr. Fahruddin mengatakan penting bagi ibu untuk menjaga asupan makanan.

Ibu hamil harus mengonsumsi makanan yang gizinya seimbang agar bayi dalam kandungannya tetap sehat dan terlahir dengan kondisi sehat dan normal.

Nah Moms, ternyata minum es semasa hamil akan membuat bayi terlahir besar hanyalah mitos. Sekarang sudah tahu kan? Jangan sampai salah sangka lagi ya Moms!

(AND)

Artikel Terkait