KEHAMILAN
27 Mei 2020

Benarkah Minyak Esensial Bantu Tingkatkan Kesuburan?

Lagi-lagi belum ada bukti yang kuat, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Reksita
Disunting oleh Dina Vionetta

Meskipun bukan digunakan sebagai pengganti pengobatan medis, minyak esensial telah terbukti dapat melengkapi dan membantu menangani berbagai penyakit.

Bahkan saat ini telah banyak yang menggunakannya sebagai bagian dari program hamil karena mereka percaya bahwa minyak esensial meningkatkan kesuburan.

Namun, apakah itu benar?

Baca Juga: Essential Oil untuk Ibu Hamil, Mana yang Aman dan yang Harus Dihindari?

Belum Ada Penelitian Pasti

Benarkah Minyak Esensial Bantu Tingkatkan Kesuburan? 1

Foto: pixabay.com

Hingga saat ini, belum banyak penelitian yang berhasil membuktikan mengenai pengaruh minyak esensial terhadap kesuburan dan peluang hamil. Namun, beberapa minyak esensial telah terbukti dapat membantu menangani masalah yang dapat menyebabkan sulit hamil hingga infertilitas.

Misalnya, penelitian yang diterbitkan dalam jurnal The Mental Health Clinician, menemukan bahwa minyak esensial dari bunga lavender dapat bermanfaat untuk menurunkan stres dan kecemasan. Sebagaimana diketahui, stres merupakan salah satu penyebab wanita sulit hamil.

Sementara penelitian lain yang diterbitkan dalam Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, menemukan bahwa tea tree oil mampu mengurangi peradangan yang disebabkan oleh histamin difosfat. Di mana peradangan juga dapat menyebabkan sulit hamil dan infertilitas pada wanita.

“Penelitian telah menemukan minyak esensial seperti lavender, thyme, dan oregani dapat membantu menangkal peradangan. Tetapi masih dibutuhkan lebih banyak penelitian pada manusia,” kata Yufang Lin, MD, spesialis kedokteran integratif di Cleveland Clinic’s Center for Integrative Medicine, seperti dikutip dari Womens Health Magazine.

Selain itu, meskipun beberapa penelitian yang dilakukan pada hewan telah membuktikan bahwa minyak esensial juga dapat meningkatkan kualitas sperma, sayangnya hingga saat ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut pada manusia.

Baca Juga: Essential Oil yang Berbahaya Digunakan oleh Ibu Hamil

Menggunakan Minyak Esensial Untuk Kesuburan

Benarkah Minyak Esensial Bantu Tingkatkan Kesuburan? 2

Foto: pixabay.com

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan secara langsung mengenai manfaat minyak esensial meningkatkan kesuburan. Berikut merupakan beberapa cara menggunakan minyak esensial yang benar, sebagaimana dikutip dari Parenting FirstCry:

1. Dihirup

Menghirup adalah cara yang dianggap terbaik untuk mendapatkan manfaat maksimal dari minyak esensial.

Moms dapat menaruh beberapa tetes minyak esensial pada saputangan, menghirupnya langsung dari botol, menuangkannya ke dalam diffuser, mencampurkannya ke dalam semangkuk air panas, atau cukup mengoleskannya pada pergelangan tangan.

2. Untuk Memijat

Selain dihirup, Moms juga dapat menggunakan minyak esensial untuk pijat. Pijatan menggunakan minyak esensial dipercaya dapat membantu penyerapan yang lebih baik.

Baca Juga: Bisa Redakan Nyeri, Ini Daftar Essential Oil yang Aman untuk Ibu Hamil

3. Dicampurkan Ke Dalam Bak Mandi

Tambahkan beberapa tetes minyak esensial ke air yang akan digunakan untuk mandi, lalu gunakan untuk berendam selama 15-20 menit untuk mendapatkan manfaatnya.

4. Gunakan Untuk Pijat Refleksi

Pijat refleksi melibatkan penekanan pada titik-titik tertentu. Moms dapat memanfaatkan minyak esensial untuk memijat pada titik-titik yang berkaitan dengan organ reproduksi untuk meningkatkan kesuburan dan peluang hamil.

Baca Juga: Jadi Favorit Belakangan Ini, Apakah Anak-Anak Boleh Menggunakan Essential Oil?

Efek Samping Penggunaan Minyak Esensial

Benarkah Minyak Esensial Bantu Tingkatkan Kesuburan? 3

Foto: pixabay.com

“Efek samping yang mungkin Anda hadapi tergantung pada minyak apa yang Anda gunakan dan bagaimana Anda menggunakannya,” kata Dr. Lin.

“Minyak esensial berbasis sitrus seperti jeruk, lemon, dan bergamot dapat mebuat seseorang lebih sensitif terhadap sinar matahari jika diletakkan langsung di kulit, terutama yang murni. Beberapa minyak esensial beracun bagi sistem saraf dan hati, seperti tea tree dan kayu putih, sehingga Anda perlu menggunakannya dengan hati-hati. Sementara beberapa minyak esensial seperti mugwort, pennyroyal, wormwood dapat menyebabkan rahim Anda berkontraksi, jadi jangan menggunakannya selama kehamilan,” lanjutnya.

Selain itu, beberapa orang yang cenderung memiliki reaksi alergi kulit atau alergi terhadap wewangian juga disarankan untuk lebih berhati-hati jika ingin menggunakan minyak esensial.

Meskipun demikian, minyak esensial cenderung cukup aman dan minim efek samping berbahaya jika digunakan sesuai petunjuk.

Jadi, apakah Moms percaya bahwa minyak esensial meningkatkan kesuburan? Apakah Moms tertarik untuk menggunakannya? Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba metode apa pun untuk membantu meningkatkan kesuburan.

Baca Juga: 9 Essential Oil untuk Meningkatkan Kesuburan Perempuan

Artikel Terkait