KESEHATAN
4 Oktober 2019

Benarkah Nanas Muda Bisa Membuat Keguguran? Simak Penjelasannya di Sini, Yuk!

Mitos atau fakta nanas bisa menyebabkan keguguran?
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Makan makanan saat sedang hamil membutuhkan perencanaan yang matang untuk memastikan bahwa tubuh memperoleh semua nutrisi yang diperlukan untuk melahirkan bayi yang sehat.

Semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan bayi yang sedang tumbuh harus tercukupi. Embrio melewati pertumbuhan cepat selama hari-hari dan minggu-minggu awal setelah pembuahan dan membutuhkan nutrisi spesifik untuk berkembang secara normal.

Baca Juga: Manfaat Buah Mengkudu untuk Kesehatan

Berbarengan dengan ini, kita mungkin mendengar banyak perhatian dan pendapat orang-orang terdekat kita, keluarga, bahkan orang asing sekali pun. Beberapa informasi yang diberikan mungkin berguna dan membantu, namun ada juga informasi berupa mitos belaka.

Mungkin Moms pernah mendengar jika memakan nanas muda saat hamil bisa menyebabkan keguguran. Apakah hal ini benar? Yuk simak faktanya.

Fakta Mengenai Nanas

nanas menyebabkan keguguran

Nanas merupakan buah baik yang berasal dari daerah tropis di dunia. Nanas merupakan buah yang cukup besar dan ditutupi oleh duri di bagian luarnya, serta daun berduri di bagian atasnya.

Daging buahnya yang lembut dipenuhi dengan banyak vitami dan kesegaran.

Buah nanas harus dikupas terlebih dahulu dari kulitnya untuk memakan buah di dalamnya. Buah ini memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan untuk memiliki tubuh yang sehat.

Nanas sangat baik untuk tulang dan kesehatan pencernaan. Kaya akan vitamin, buah ini baiknya langsung dimakan saat segar.

Baca Juga: Nanas dan Durian adalah Makanan Pemicu Kontraksi, Mitos atau Fakta?

Buah Nanas dan Keguguran

nanas menyebabkan keguguran

Benarkah buah nanas dapat menyebabkan keguguran? Nanas muda selama kehamilan dapat memberi Moms vitamin dan folat yang diperlukan tubuh dan calon bayi.

Mengutip dari Healthline, nanas aman dan merupakan buah yang sehat untuk dikonsumsi selama hamil.

Mungkin ada yang memberitahu Moms untuk menghindarinya, karena nanas menyebabkan keguguran atau persalinan dini. Nyatanya hal ini merupakan mitos belaka.

Tidak ada bukti ilmiah yang mendukung bahwa nanas berbahaya selama kehamilan. Rumor tentang nanas adalah murni mitos.

Nilai Nutrisi dalam Buah Nanas

nanas menyebabkan keguguran

Banyak yang menyebutkan jika nanas menyebabkan keguguran, padahal manfaat nutrisi yang baik dalam buah nanas sempurna untuk para ibu hamil.

Satu cangkir nanas memiliki hampir seluruh jumlah vitamin C yang dibutuhkan untuk sehari, menambahkan nanas ke dalam menu makanan Moms adalah ide yang bagus.

Baca Juga: Benarkah Berhubungan Seks dengan Suami saat Hamil Memicu Keguguran?

Buah nanas juga kaya akan magnesium, zat besi, tembaga, folat, mangan dan vitamin B6. Kandungan-kandungan ini bagus tidak hanya untuk ibu hamil tetapi juga untuk bayi yang tumbuh di dalam perut.

Jadi cobalah dan tambahkan buah nanas ke diet harian Moms baik dalam bentuk smoothie atau hanya makanan penutup.

(AWD/DIN)

Artikel Terkait