PROGRAM HAMIL
8 November 2017

Benarkah Senam Kegel Membantu Cepat Hamil?

Ketahuilah manfaat senam kegel untuk kesuburan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Senam Kegel diberi nama sama dengan Dr. Arnold Kegel yang menemukan perineometer, instrumen yang digunakan untuk menilai kekuatan pelvis wanita.

Senam Kegel digunakan untuk memperkuat otot dasar panggul, yang mendukung rahim, kandung kemih dan usus. Latihan kegel terdiri dari kontraksi dan relaksasi otot-otot yang membentuk bagian pelvis (kadang-kadang disebut “otot kegel”).

Apakah Manfaat Senam Kegel Untuk Kesuburan?

Banyak kondisi yang memberi tekanan pada otot dasar panggul:

  • Kehamilan
  • Melahirkan
  • Kelebihan berat badan
  • Penuaan
  • Batuk kronis
  • Kecenderungan genetik terhadap jaringan ikat yang lemah

Senam Kegel terutama sangat dianjurkan sebelum dan selama kehamilan serta setelah persalinan. Otot dasar panggul yang kencang bisa membuat ibu hamil lebih nyaman saat mendekati persalinan. Ibu hamil mungkin cenderung mengalami kebocoran urine menjelang akhir kehamilan dan cenderung bertahan setelah melahirkan.

Jika ibu hamil melakukan senam kegel secara teratur dan menjaga otot dasar panggul tetap kencang, ibu hamil dapat mengurangi risiko inkontinensia (kesulitan mengontrol buang air kecil) dan masalah serupa seiring bertambahnya usia.

Wanita kehilangan massa otot setelah usia tertentu dan senam kegel membantu mereka menjaga bagian pribadi mereka tetap kuat dan bugar.

Senam Kegel bila dibarengi dengan konseling dan terapi seks dapat membantu wanita yang memiliki masalah terus-menerus untuk mencapai orgasme.

Selain itu, senam Kegel juga sangat membantu ketika wanita mencoba untuk hamil. Inilah salah satu cara untuk meningkatkan peluang kehamilan pada wanita.

Baca Juga: Tips Agar Cepat Melahirkan: Lakukan 5 Aktivitas Ini

Bagaimana Senam Kegel untuk Kesuburan?

Ada banyak senam kegel untuk kesuburan dan berikut adalah beberapa tips yang bisa dicoba.

Pemanasan: Seperti latihan lainnya, senam kegel juga memerlukan sedikit pemanasan. Tips cepat hamil termasuk memiliki jadwal olahraga teratur. Setelah pemanasan dan latihan rutin, lakukan senam kegel.

Untuk pemula: Saat baru memulai senam Kegel, sebaiknya berbaring di lantai datar sebelum mencoba senam kegel untuk kesuburan. Meski demikian, senam kegel biasanya tidak menuntut persiapan khusus karena bisa dilakukan di mana saja kapan saja tanpa pertimbangan waktu dan tempat.

Temukan otot-otot pelvis: Senam kegel untuk kesuburan termasuk menemukan otot pelvis. Anda bisa memasukkan satu jari ke dalam vagina dan menekan otot di sekitarnya atau mengencangkan otot-otot tersebut tanpa gerakan perut.

Latihan: Senam Kegel untuk kesuburan dapat dilakukan hanya dengan mengencangkan otot panggul tanpa menahan napas atau menggerakkan otot perut atau pantat. Kencangkan otot panggul, tahan selama 5 detik dan lepaskan selama 10 detik. Tetaplah bernapas normal.

Saat buang air kecil: Juga bisa melakukan senam kegel untuk kesuburan saat buang air kecil dengan cara menahan urine. Cara ini akan membantu memperkuat otot panggul dan mencegah inkontinensia urin, tetapi jangan terlalu sering melakukannya karena bisa juga menyebabkan infeksi.

Pengulangan: Anda perlu mengulang senam kegel untuk kesuburan 10 kali setiap kali melakukannya dan tiga kali sehari. Latihan ini akan meningkatkan kenikmatan seksual bagi Anda dan pasangan dan meningkatkan kesempatan untuk hamil.

Jaga fokus: Ingatlah agar tetap fokus saat berlatih senam kegel untuk kesuburan.

Tingkatkan waktu: Seiring kemajuan dalam melakukan senam kegel untuk kesuburan, Anda harus meningkatkan waktu kontraksi dan mengurangi waktu relaksasi otot panggul. Selain itu, senam ini juga bisa melakukannya sambil berdiri atau duduk.

Sudahkah Moms mencoba senam Kegel untuk kesuburan?

(ROS)

Artikel Terkait