KESEHATAN
8 Maret 2019

Benarkah Sering Mencabut Uban Bikin Rambut Rontok?

Mencabut uban sangat tidak disarankan
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan
Disunting oleh Intan

Uban memang menjadi salah satu masalah rambut yang sangat mengganggu, tapi hal ini umum saja terjadi khususnya seiring bertambahnya usia.

Karena tak suka melihat rambut yang beruban, banyak yang akhirnya memilih untuk mencabutnya.

Lalu apakah benar sering mencabut uban membuat rambut rontok? Boleh atau tidak ya sebenarnya uban ini dicabut? Mari simak ulasan berikut!

Boleh atau Tidak Mencabut Uban?

early signs hair loss post image 2 1024x576

Meski mengganggu, ternyata sebaiknya tak mencabut uban. Setiap kali Moms mencabut uban, maka akan berisiko merusak tekstur alami rambut yang dapat menyebabkan pertumbuhan rambut baru menjadi tipis.

Selain itu, mencabut uban memang akan menguranginya namun tidak dalam waktu yang lama, karena akan kembali tumbuh di tempat yang sama.

Jika Moms terus mencabut berulang kali, folikel rambut bisa menjadi rusak permanen dari semua tarikan itu dan membuat rambut terlihat jelek.

Daripada mencabutnya, lebih baik hilangkan dengan mengguntingnya. Karena dengan menggunting, rambut Moms tidak akan tertarik ke folikel.

Baca Juga: Ini Penyebab dan Cara Atasi Rambut Rontok!

Mitos Tentang Uban

prp hair restoration

Meskipun banyak hal buruk yang mungkin terjadi saat mencabut uban, ternyata banyak juga yang hanya sekadar mitos lho, ketahuilah apa saja yang menjadi mitos dari mencabut uban tersebut:

1. Mencabut sehelai membuat uban lebih banyak

Tenang saja Moms, meski mencabut uban bukanlah hal yang baik namun mencabut sehelai uban bukan berarti membuatnya akan tumbuh lebih banyak.

Hal ini merupakan mitos saja, karena yang benar adalah dengan mencabut uban akan merusak folikel rambut. Itulah sebabnya lebih baik menggunting uban ketimbang mencabutnya.

Baca Juga: Masih Muda Tapi Rambut Sudah Beruban, Bisa Jadi Karena Faktor-Faktor Ini

2. Mewarnai adalah solusi

Banyak yang memilih jalan pintas dengan mewarnai rambut, dan berpikir bahwa mewarnai uban adalah hal yang mudah.

Tahukah Moms ternyata uban adalah jenis rambut yang sulit untuk menyerap warna, karena uban adalah rambut yang telah kehilangan proteinnya.

Sehingga dengan kata lain, bagi yang berpikir bahwa mewarnai rambut beruban adalah hal yang mudah, hal ini salah.

Baca Juga: Rambut Berketombe, Kenali 5 Penyebabnya!

3. Uban hanya dimiliki orang tua

Meskipun pada umumnya uban dimiliki orang tua, namun bukan berarti bahwa mereka yang berusia muda tak dapat memilikinya.

Gaya hidup yang salah seperti terlalu stres dapat memunculkan uban, hal ini berlaku bagi siapapun termasuk bagi mereka yang mungkin masih berumur 20 tahun.

Sudah jelas bukan Moms? Ternyata uban memang sebaiknya tidak dicabut karena akan merusak rambut kita. Apakah Moms masih suka mencabut uban?

(MDP)

Artikel Terkait