NEWBORN
11 Juli 2019

Benarkah Warna Kulit Bayi Baru Lahir Dipengaruhi Faktor Genetik?

Genetik leluhur ternyata turut berpengaruh
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Akan lebih mirip dengan siapa saat Si Kecil lahir nanti? Apakah warna kulitnya cerah atau gelap? Benarkah faktor genetik menentukan warna kulit bayi baru lahir? Yuk simak ulasannya di bawah ini Moms!

Pengaruh Genetik Orang Tua terhadap Warna Kulit Bayi Baru Lahir

Benarkah Warna Kulit Bayi Baru Lahir Dipengaruhi Faktor Genetik 1.png

foto: babygooroo.com

Mengutip Babycenter.in, dokter anak dan Neonatalogis, Dr. Saroja Balan, menjelaskan bahwa warna kulit bayi baru lahir, baik gelap ataupun cerah, memang ditentukan oleh gennya pada saat pembuahan.

Apapun yang Moms lakukan selama kehamilan atau setelah bayi lahir dapat mengubah warna kulit alami bayi.

Dr. Saroja juga mengatakan bahwa genetika menentukan jumlah melanin di kulit bayi. Melanin adalah pigmentasi yang memberi warna alami pada kulit manusia. Semakin banyak melanin, semakin gelap warna kulit.

Bukan hanya mewarnai kulit, melanin juga berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari berbahaya yang dapat menyebabkan kulit terbakar dan memicu kanker kulit.

Baca Juga: Viral! Ibu Curhat Akibat Warna Kulit Anaknya Dibandingkan Sampai Jadi Tak Percaya Diri

Mengapa Pasangan Berkulit Putih Bisa Memiliki Bayi Berkulit Hitam atau Sebaliknya?

Benarkah Warna Kulit Bayi Baru Lahir Dipengaruhi Faktor Genetik 2.jpg

foto: geneticsdigest.com

“Mustahil untuk memprediksi bagaimana warna kulit bayi baru lahir, karena tidak ada yang terjadi secara langsung dalam genetika,” kata pakar genetika manusia, Profesor Bryan Sykes, pendiri layanan analisis DNA, Oxford Ancestors dan penulis The Seven Daughters of Eve: The Science That Unveals Our Genetika Ancestry (WW Norton), seperti dikutip dari Madeformums.com.

Pigmen, melanin, diteruskan ke bayi dan menentukan warna kulit bayi baru lahir. Jumlah dan jenis melanin yang diberikan kepada bayi ditentukan oleh sejumlah gen (sekitar enam), dengan satu salinan masing-masing diwarisi dari ayahnya dan satu dari ibunya.

Jika orang tuanya berasal dari pasangan ras campuran, bayi yang dilahirkan mungkin menerima setengah dari gen warna kulit masing-masing orang tua secara acak. Jadi, dia biasanya mewarisi gen campuran keduanya.

Karena gen diturunkan secara acak, warna kulit bayi baru lahir sering kali tidak dapat diprediksi. Bayi bisa saja mewarisi warna kulit salah satu dari Moms dan pasangan. Meskipun terkadang sama sekali tidak mirip keduanya.

Baca Juga: Pilihan Makanan Saat Hamil Dapat Pengaruhi Warna Kulit Bayi Saat Lahir, Mitos atau Fakta?

Mengapa Saudara Kandung atau Bayi Kembar Memiliki Warna Kulit yang Berbeda?

Benarkah Warna Kulit Bayi Baru Lahir Dipengaruhi Faktor Genetik 3.jpg

foto: parentingisnteasy.co

Warna kulit manusia ditentukan oleh sejumlah varian gen, kurang lebih sekitar 20 varian. Beberapa di antaranya sudah kami ketahui dan sisanya masih belum kami ketahui.

"Pada masing-masing gen ini, yang memengaruhi warna kulit bayi baru lahir cenderung ada dua atau lebih varian. Salah satunya menghasilkan warna yang lebih gelap dan yang lainnya menghasilkan warna kulit lebih terang,” kata Dr Jim Wilson, ahli genetika populasi di University of Edinburgh, seperti dikutip dari Bbc.com.

Varian gen ini mengontrol jumlah melanin atau pigmen yang diproduksi di kulit. Namun, gen khusus yang diwarisi bayi dari orang tua atau leluhur mereka sebenarnya adalah proses kebetulan.

Maka dari itu, jika Moms dan Dads berasal dari ras campuran dan Si Kecil lahir dengan kulit yang gelap, sementara saudara kandung atau bahkan saudara kembarnya (tidak identik), sangat mungkin lahir dengan warna kulit yang berbeda.

Baca Juga: Mengenal Perubahan Warna Kulit Chloasma Pada Ibu Hamil

Jadi, benar bahwa warna kulit bayi baru lahir dipengaruhi oleh faktor genetik. Meskipun tidak sepenuhnya. Jadi, Moms tidak perlu bingung lagi jika ternyata Si Kecil punya warna kulit yang agak berbeda dari saudaranya ya.

(RGW)

Artikel Terkait