KESEHATAN
10 Februari 2018

Benjol di Lutut, Hati-Hati Terkena Kista Baker

Kista baker dipicu oleh sejumlah masalah pada lutut
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tanya :

Kenapa ada benjolan pada lutut belakang dan obatnya apa dan makanan apa yg harus dihindari?

Jawab :

Gangguan kesehatan yang anda alami berupa kista baker atau kista popliteal, merupakan gumpalan cairan yang membentuk sebuah benjolan di belakang lutut, dan dapat memburuk saat penderita aktif bergerak atau terjadi penekanan pada lututnya.

Kista baker dipicu oleh sejumlah masalah pada lutut, seperti : artritis rheumatoid, Osteoarthritis, peregangan pada tulang rawan, cedera pada saat berolahraga, Peradangan sendi, dan lain sebagainya.

Gejala kista baker diantaranya adalah : bengkak di belakang lutut atau kaki yang akan bertambah sakit pada saat posisi berdiri, merasa kaku atau sulit meregangkan lutut, memar, merasa sensasi seperti ketukan pada lutut.

Pada dasarnya kista baker apabila menimbulkan rasa sakit, dapat diredakan dengan mengkonsumsi obat pereda rasa sakit seperti Parasetamol dan mengompres menggunakan kantong es selama kurang lebih 30 menit. Selain itu penderita disarankan untuk tidak beraktivitas berlebihan yang menggunakan kaki ( tidak melakukan olahraga seperti sepak bola atau futsal ).

Kami tetap menyarankan kepada Anda, untuk menemui dokter agar dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

Dijawab : dr. Ayu Andrian Putri

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait