KESEHATAN
15 Agustus 2019

Berapa Banyak Air Putih yang Dibutuhkan Tubuh untuk Menurunkan Berat Badan?

Setiap orang memiliki ukuran yang berbeda-beda tergantung aktivitas yang dijalankan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Dalam menurunkan berat badan, dibutuhkan komitmen dan konsistensi terhadapa gaya hidup kita. Misalnya makan makanan yang lebih sehat, olahraga lebih rutin, tidur cukup 6-8 jam per hari, serta yang tidak kalah pentingnya adalah minum banyak air putih.

Moms tentunya harus lebih sering mengonsumsi air putih karena lebih sehat, dibandingkan minuman berkalori dan mengandung banyak gula. Air putih memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh manusia, seperti membantu kerja otak, menjaga organ tubuh kita agar selalu dalam keadaan baik, serta membantu pemulihan.

Baca Juga: 4 Tips Membiasakan Diri Rutin Minum Air Putih

Bahkan jika Moms mengonsumsi air putih detoks, dapat membantu meningkatkan metabolisme di dalam tubuh kita dan membuang racun.

Namun hanya mendengar kita harus minum banyak air putih saja sebenarnya sudah membingungkan. Bagi beberapa orang, hal ini bisa berarti minum ai putih dalam jumlah standar, yaitu 8 gelas per hari. Namun bagi sebagian besar orang bisa jadi lebih atau bahkan kurang.

Untuk mengetahui berapa banyak tubuh kita harus minum air putih untuk menurunkan berat badan, yuk simak tips dari Jim White, dietitian dan pemiliki Jim White Fitness and Nutrition Studios.

Air Putih pada Orang Normal

menurunkan berat badan, minum air putih untuk menurunkan berat badan

Foto: todaysparent.com

Walaupun setiap orang memiliki kebutuhan air putih yang berbeda-beda, Jim White berkata bahwa melihat pada jumlah standar air minum yang dibutuhkan masing-masing orang setiap harinya atau 8 gelas per hari adalah cara yang tepat dan dapat membantu menurunkan berat badan untuk rata-rata orang.

Baca Juga: Cegah Lemas Akibat Dehidrasi, Ikuti 4 Kiat Ampuh Agar Anak Moms Suka Minum Air Putih

Mungkin tidak tampak seperti jumlah yang banyak, namun tantangannya bagi sebagian besar orang adalah minum air putih yang cukup. Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh CDC, sebesar 43% orang dewasa minum air putih kurang dari 4 gelas per hari. Bahkan 7% terbukti tidak menyentuh air putih satu gelas pun.

Secara umum, kita akan merasa haus terlebih dahulu sebelum minum. Jika merasa haus setelah minum air putih, berarti tubuh masih membutuhkan air putih lebih banyak. Namun jika merasa sudah kembung, sebaiknya hentikan minum air putih.

Terlalu banyak minum air putih akan menimbulkan hipotremia atau keracunan air, saat tingkat sodium dalam tubuh terlalu banyak swelling in th brain, seizures, and coma.

Jika Kita Banyak Berolahraga

menurunkan berat badan, minum air putih untuk menurunkan berat badan

Foto: medium.com

Jika Moms menghabiskan waktu yang banyak di gym atau tempat olahraga lainnya, tentu tubuh membutuhkan jumlah air putih yang lebih banyak dibandingkan standar kebanyakan. Setelah banyak mengeluarkan keringat, tubuh bisa mengalami dehidrasi parah jika tidak segera diberi cairan.

The American College of Sports Medicine, merekomendasikan untuk minum air putih setidaknya 16 ons lebih banyak, sebelum berolahraga, dan tambahkan 4-8 ons saat berolahraga, serta 16 ons setelah berolahraga,” jelas White.

Baca Juga: Selain Kurus, 3 Efek Baik Ini Kita Dapatkan Jika Rutin Olahraga

Saat Mengalami Kelebihan Berat Badan

menurunkan berat badan, minum air putih untuk menurunkan berat badan

Foto: parent.com

Saat seseorang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, kebutuhan air putihnya berbeda. Mereka membutuhkan jumlah air putih lebih untuk tetap terhidrasi dan bisa menurunkan berat badan. Minum air putih untuk menurunkan berat badan, setidaknya orang tersebut membutuhkan air putih setengah dari berat badannya.

Jadi jika berat badannya adalah 180 pounds, maka dibutuhkan air putih sebanyak 90 ons air per hari

Sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh Annals of Family Medicine menemukan bahwa orang dengan BMI yang tinggi were the least hydrated. Penelitian ini menyebutkan bahwa air putih adalah nutrisi penting bagi tubuh dan mungkin memegang peranan penting dalam menurunkan berat badan sama seperti makanan dan olahraga.

“Mengganti minuman berkalori dan yang mengandung gula, seperti air soda, jus buah, dan es teh manis dengan air putih biasa, juga dapat membantu menurunkan berat badan,” kata White.

Artikel Terkait