KESEHATAN
2 Februari 2018

Berapa Banyak Helai Rambut Rontok yang Normal?

Hilangnya rambut juga dapat disebabkan oleh penyakit atau obat tertentu.
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama

Tanya :

Saya mau bertanya. Saat saya keramas dan mengatur rambut, rambut saya menempel di jari dengan jumlah banyak. Apa itu rambut rontok atau rambut patah saja?

Jawab :

Alaminya rambut tumbuh pada fase Anagen yang berlangsung selama 3-4 tahun dan rambut akan beristirahat pada fase Telogen yang berlangsung sekitar tiga bulan. Pada akhir fase Telogen, rambut akan mengalami kerontokan dan digantikan dengan rambut yang baru.

Normalnya, seseorang akan kehilangan sekitar 100 helai rambut setiap harinya. Namun jika rambut hilang lebih dari jumlah tersebut maka seseorang dapat dikategorikan mengalami kerontokan rambut yang tidak normal.

Hilangnya rambut secara berlebihan masuk dalam kategori normal saat seseorang semakin tua. Namun, hilangnya rambut juga dapat disebabkan oleh penyakit atau obat tertentu.

Para pria adalah kaum yang paling sering mengalami kerontokan rambut, terutama pada bagian atas kepala mereka. Biasanya kerontokan rambut akan berbentuk seperti cincin berbentuk tapal kuda rambut di seluruh sisi kepala.

Kebotakan pada pria kebanyakan disebabkan oleh gen, dan dipicu oleh hormon tetosteron yang mereka miliki. Sedangkan pada wanita, kebotakan atau kerontokan rambut hanya terjadi di bagian atas kulit kepala.

Dijawab oleh : dr. Jezy Reisya Pranasari

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait