KESEHATAN
8 Juli 2019

Berapa Gelas Kebutuhan Susu Anak dan Dewasa Per Hari yang Harus Dicukupi?

Memasuki usia dewasa tubuh tetap membutuhkan susu guna menunjang kebutuhan kalsium
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Dina Vionetta

Selain air mineral, minuman yang juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh adalah susu. Susu merupakan salah satu minuman yang mengandung nutrisi lengkap mengingat kandungan vitamin A, B, D, kalsium, protein, karbohidrat, fosfor, magnesium, dan zinc di dalamnya.

Meski demikian, mengonsumsi susu tetap ada takaran sesuai dengan usianya. Minum susu secara berlebihan juga ternyata tak bagi bagi tubuh. Mari simak berapa gelas kebutuhan susu yang tepat berdasarkan usia.

1. 0-12 Bulan

Minum Susu dari Botol Sebabkan Bayi Obesitas HERO

Pada awal kelahiran, susu sapi sangat tak dianjurkan bagi Si Kecil karena yang terbaik adalah air susu ibu (ASI) sebagai bentuk pangan yang terbaik untuk memenuhi nutrisinya. Sehingga Moms harus selalu mengupayakan untuk memberikan mereka ASI eksklusif semaksimal mungkin.

Baca Juga: Tips Sukses Memberikan ASI Eksklusif Meski Ibu Bekerja

2. 1-10 Tahun

anak minum susu rendah lemak

Memasuki usia di atas 1 tahun, anak mulai membutuhkan membutuhkan 360 mg kalsium per hari dimana hal ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi 100 ml susu dan 100-125 gram produk susu seperti yoghurt atau keju setiap harinya.

Sedangkan untuk usia di atas 4 tahun, idealnya mereka mengonsumsi 130-150 ml susu guna memenuhi kebutuhan 450-500 miligram kalsium per hari.

Baca juga: Seberapa Banyak Susu Formula yang Dibutuhkan Bayi?

3. 11-18 Tahun

Semakin bertambahnya usia, kebutuhan susu semakin meningkat, mengingat semakin tingginya kebutuhan kalsium yaitu sekitar 800-1.000 miligram per hari.

Karenanya, sebaiknya minumlah susu sebanyak 200-250 ml dengan tak lupa juga mengonsumsi makanan dari produk susu, misalnya keju dan yoghurt.

4. 19-50 Tahun

susuibuhamilhero

Menginjak usia dewasa bukan berarti tak butuh susu lho, Moms. memasuki usia 19-50 tahun sebaiknya tetap mengonsumsi susu, baik susu cair maupun produk susu sekitar 200 ml setiap hari.

Untuk usia di atas 50 tahun, untuk mendapatkan jumlah yang sama seperti suplemen kalsium butuh konsumsi susu 200 ml setiap hari dan juga produk susu sekitar 180 gram.

Baca Juga: Susu Hamil, Apa Benar Bermanfaat untuk Kesehatan Ibu dan Janin?

Nah, sekarang Moms sudah tahu bukan kebutuhan susu yang pas sesuai dengan usia. Rajinlah mengonsumsi susu karena dapat menurunkan risiko jantung dan stroke hingga 20%.

(MDP)

Artikel Terkait