BAYI
4 Desember 2019

Berapa Kebutuhan ASI Bayi Sesuai Usianya?

Simak ya Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Menyusui adalah cara yang paling disarankan untuk menyediakan nutrisi yang dibutuhkan bayi untuk pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.

Tetapi menyusui juga bisa menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi Moms, salah satunya karena takut tidak dapat memenuhi kebutuhan ASI sesuai usia bayi.

Tidak perlu khawatir, di bawah ini adalah uraian mengenai kebutuhan ASI untuk bayi baru lahir hingga berusia 12 bulan yang dapat Moms jadikan sebagai pedoman.

Baca Juga: 5 Tanda Vital Ini Isyaratkan Bayi Kurang Minum ASI

Kebutuhan ASI Bayi Baru Lahir - Usia 1 Bulan

kebutuhan asi sesuai usia

Foto: babycentre.co.uk

Dokter anak Alan Greene, MD, FAAP., melalui Parents menjelaskan bahwa tidak ada jumlah yang tepat mengenai kebutuhan ASI sesuai usia bayi, tetapi ada beberapa aturan praktis yang dapat diikuti.

“Sebagian besar bayi yang baru lahir mengkonsumsi dua atau tiga ons ASI sekaligus dan pada usia 4 minggu, jumlah rata-rata kebutuhan ASI mereka meningkat hingga 4 ons.”

Tetapi dalam kehidupan nyata, Dr. Greene mengatakan panduan ini bisa berbeda dari hari ke hari dan dari bayu satu dengan bayi lainnya. “Yang terbaik adalah tetap fleksibel dan membiarkan bayi menentukan jumlah ASI yang diminumnya. Tidak perlu membujuknya untuk terus menyusu atau menghentikannya ketika bayi masih ingin menyusu karena lapar.”

“Bayi dilahirkan dengan mekanisme yang luar biasa dan canggih yang mendorong mereka untuk makan sampai kenyang dan berhenti ketika kebutuhan nutrisi dan cairannya terpenuhi,” kata Dr. Greene.

Baca Juga: Bayi Enggan Menyusu, Coba 5 Cara Ini Untuk Penuhi Kebutuhan ASI-nya

Kebutuhan ASI Sesuai Usia 2 Hingga 6 Bulan

kebutuhan asi sesuai usia

Foto: breastfeedingbasics.com

Dalam laman Healthy Children dikatakan bahwa pada usia sekitar 2 bulan, bayi biasanya mengonsumsi hingga 4 hingga 5 ons setiap kali menyusu, setiap 3 hingga 4 jam sekali dalam sehari.

Pada usia 4 bulan, bayi biasanya mengonsumsi 4 hingga 6 ons ASI per sesi menyusui. Sementara di usia 6 bulan, bayi membutuhkan hingga 8 ons ASI setiap 4 hingga 5 jam.

Sebagian besar bayi, menurut Healthy Children, akan semakin bertambah kebutuhan ASI yang mereka minum rata-rata 1 ons setiap bulan sebelum meningkat menjadi sekitar 7 hingga 8 ons per sesi menyusui.

Baca Juga: Amankah Bayi Minum ASI Jika Ibu Sedang Sakit?

Seberapa Sering Bayi Perlu Menyusu?

kebutuhan asi sesuai usia

Foto: flo.health

Menurut Kids Health, bayi baru lahir harus menyusu 8-12 kali per hari selama sekitar bulan pertama kehidupan. Frekuensi menyusui ini lebih sering dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula karena ASI lebih mudah dicerna, yang berarti ASI bergerak lebih cepat melalui sistem pencernaan bayi dan karenanya bayi menjadi lebih sering lapar.

Sementara pada usia 1 hingga 2 bulan, bayi ASI umumnya akan menyusu 7 hingga 9 kali per hari.

Sebelum suplai ASI lancar, menyusui haru dilakukan sesuai permintaan bayi (saat bayi lapar), yang umumnya setiap 11/2 hingga 3 jam sekali. Saat usia bayi mulai bertambah, kebutuhan ASI sesuai usia membuat bayi menyusu lebih jarang dan Moms dapat mengatur jadwal menyusui yang lebih teratur.

Baca Juga: Bayi Batuk dan Muntah Saat Minum ASI, Apa Penyebabnya?

Beberapa Moms cenderung menyusui setiap 90 menit sekali, sedangkan yang lainnya memberikan jeda antara 2 atau 3 jam di antara setiap sesi menyusui. Namun, jeda waktu untuk menyusui bayi baru lahir tidak boleh lebih dari sekitar 4 jam atau bahkan semalaman.

Selama pemeriksaan kesehatan rutin, dokter anak akan memeriksa berat badan bayi dan mencatatnya dalam grafik pertumbuhan. Kemajuan bayi pada grafik pertumbuhan adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah kebutuhan ASI sesuai usia bayi terpenuhi atau tidak.

Konsultasikan dengan dokter jika berat bayi berada di bawah atau di atas percentil sehat yang disarankan sesuai usianya.

RGW

Artikel Terkait