GAYA HIDUP
20 September 2019

Berapa Lama? Ini Ternyata Durasi Olahraga Terbaik Untuk Dapat Hasil Optimal

Ternyata, tidak sampai 1 jam loh!
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Carla Octama

Untuk membuat tubuh sehat dan bugar setiap harinya, kita biasa berolahraga.

Olahraga melibatkan aktivitas fisik dan menjaga kesehatan fisik dan mental kita.

Olahraga bila dilakukan secara teratur memberikan sejumlah besar manfaat bagi tubuh dan pikiran kita.

Mengambil bagian dalam olahraga berintensitas tinggi setiap hari adalah penting untuk mencegah berbagai penyakit dan masalah kesehatan lainnya.

Namun, pernahkah Moms bertanya harus seberapa sering kita berolahraga dan berapa durasi yang baik untuk olahraga?

Baca Juga: Sering Kram Saat Olahraga? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!

Olahraga Sangat Penting

durasi olahraga ideal - durasi olahraga.jpg

Foto: runningschool.com

Penelitian baru yang dilansir dari medicalnewstoday.com menunjukkan bahwa orang dewasa yang berolahraga secara teratur dapat melakukan tugas sehari-hari sehingga dirinya lebih aktif, memiliki hidup yang lebih lama.

Kurangnya aktivitas fisik, seperti olahraga menyebabkan sekitar 3,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Aktivitas fisik yang menurun ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah lalu lintas yang padat, polusi, dan kurangnya taman dan fasilitas olahraga.

Para peneliti di MedUni Vienna di Austria baru-baru ini melakukan penelitian baru, yang dipimpin oleh Thomas Dorner, presiden the Austrian Society of Public Health , dan Richard Crevenna, kepala Departemen Kedokteran Fisik, Rehabilitasi, dan Kedokteran Kerja di MedUni Vienna.

Thomas Dorner dan rekannya menjelaskan bahwa para ahli cenderung membagi kegiatan sehari-hari menjadi "kegiatan hidup sehari-hari" (ADL), seperti bangun, makan, dan minum, dan "kegiatan instrumental kehidupan sehari-hari" (IADLs), seperti menjalankan tugas dan melakukan pekerjaan rumah.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang yang berolahraga hingga usia lanjut lebih mandiri dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan lebih mudah.

Baca Juga: Ini 5 Akibat Buruk Jika Malas Berolahraga

Durasi Olahraga

durasi olahraga ideal - olahraga sangat penting.jpg

Foto: everydayhealth.com

Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa olahraga dapat membuat tubuh lebih sehat, bugar, dan bahkan membuat hidup kita lebih lama.

Sehingga, banyak orang yang bertanya berapa durasi ideal untuk berolahraga.

Noam Tamir, CSCS, pendiri TS Fitness di Amerika Serikat, sebagaimana dikutip dari self.com, mengungkapkan jika sesungguhnya tidak ada durasi ideal untuk kita berolahraga.

Semua tergantung pada tubuh dan tujuan masing-masing.

Namun, WHO merekomendasikan bahwa orang dewasa yang lebih tua mendapatkan 150 menit aktivitas fisik aerobik intensitas sedang, atau 75 menit aktivitas fisik aerobik intensitas tinggi, selama seminggu.

Baca Juga: 4 Olahraga Bersama Balita Ini Bisa Mempererat Hubungan Ibu dan Anak

Mereka juga harus melakukan kegiatan yang fokus pada penguatan otot mereka dua kali per minggu.

Menurut American College of Sports Medicine (ACSM), kita harus berolahraga selama 150 hingga 250 menit per minggu untuk menurunkan berat badan.

Untuk memenuhi pedoman ACSM, kita cukup berolahraga selama 40 menit setiap hari.

Namun, jika kita mengikuti latihan olahraga dengan intensitas tinggi (High Intensity Interval Training/HIIT) cukup 20 menit saja.

Olahraga dengan intensitas tinggi diketahui memiliki dampak yang besar ke tubuh, khususnya persendian hingga fungsi organ-organ vital seperti jantung.

Apabila terlalu lama, tubuh bisa kaget dan dampaknya pun bisa fatal.

(SA)

Artikel Terkait