RUPA-RUPA
21 Juni 2019

Berasa Nostalgia, Ini 5 Jajanan Khas Betawi yang Jadi Favorit Banyak Orang

Jajanan khas Betawi enggak cuma kerak telor saja loh, Moms!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Indonesia memiliki banyak daerah dan suku, dan hal ini menjadikan adanya keragaman budaya. Baik itu dari pakaian tradisional, tak terkecuali dengan kuliner.

Setiap daerah memiliki kuliner khas yang unik, baik itu makanan utama, atau sekadar camilan. Salah satunya jajanan Betawi yang mungkin belum pernah Moms dengar.

Sayangnya, jajanan khas Betawi kini mungkin sudah sedikit lebih sulit untuk ditemukan, dan hanya dijual di tempat tertentu atau pada acara khas Betawi.

Berikut ini daftar jajanan khas Betawi yang bisa Moms coba.

Baca Juga: Kenali 6 Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah

1. Kue Ape

jajanan betawi-kue ape.jpg

Foto: instagram.com/indoeatsgram

Kue ini menjadi camilan yang bisa dinikmati oleh segala usia. Kue Ape berbentuk tipis serta bagian tengahnya sedikit basah dan tebal.

Kue Ape umumnya berwarna hijau, dan di bagian pinggiran dari kue ini memiliki tekstur yang garing dan renyah. Rasanya begitu manis dengan aroma pandan yang melengkapinya.

Namun, Kue Ape kini punya beberapa varian yang dicampur dengan cita rasa kekinian, seperti keju, meises, cokelat, selai nanas, potongan pisang dan yang lainnya.

Kue Ape masih banyak dijual di pinggir jalan atau depan sekolah.

2. Selendang Mayang

jajanan betawi-selendang mayang.jpg

Foto: instagram.com/richocolateboy

Jajanan segar yang satu ini ternyata sudah mulai sulit didapati di jalanan. Es Selendang Mayang memang paling nikmat disajikan saat cuaca sedang panas-panasnya.

Meskipun merupakan kuliner segar, es Selendang Mayang juga dapat mengurangi rasa lapar karena dibuat dari bahan dasar tepung beras, sehingga berisi dan mengenyangkan.

Baca Juga: Yuk Buat Nasi Uduk Khas Betawi Enak dan Gurih!

3. Kue Leker

jajanan betawi-kue leker.jpg

Foto: instagram.com/magetanuenak

Moms tidak sendiri jika merasa bentuk kue Leker menyerupai Crepes. Ini karena kue Leker merupakan adaptasi oleh masyarakat Betawi terhadap kue populer di Belanda saat itu, yaitu Crepes.

Konon kata "Leker" berasal dari bahasa Belanda yang artinya "enak".

4. Putu Mayang

jajanan betawi-putu mayang.jpg

Foto: instagram.com/koleksiresepsj

Putu Mayang adalah kuliner betawi yang kerap disantap sebagai makanan pengganjal perut. Putu Mayang mempunyai ciri khas, yaitu cita rasa manis dengan tekstur kenyal dan penampilan warna-warni yang cantik.

Putu Mayang terbuat dari tepung beras sebagai bahan utama, santan kelapa dan gula merah. Penyajian Putu Mayang biasanya dengan kuah gula merah.

Putu Mayang merupakan salah satu kuliner yang masih mudah dijumpai hingga sekarang. Biasanya dijual oleh pedagang menggunakan gerobak dan berkeliling.

Baca Juga: 7 Jajanan Bakso Unik yang Bikin Ngiler!

5. Kerak Telor

jajanan betawi-kerak telor.jpg

Foto: instagram.com/anakmakann

Makanan khas Betawi ini terkenal dengan rasa asin dan gurih. Kerak Telor dibuat dari telur ayam atau telur bebek, beras ketan putih, ebi sangrai menyerupai abon.

Sebagi sentuhan akhir, ditambahkan bawang goreng dan diberi bumbu halus seperti kelapa sangrai. Kerak Telor menjadi salah satu makanan yang sangat populer dan favorit bagi warga Jakarta dan bahkan luar Jakarta.

Itu dia beberapa jajanan khas Betawi yang bisa dinikmati. Mana yang menjadi favorit Moms?

Artikel Terkait