RESEP
6 Juni 2019

Berasa Nostalgia, Ini 5 Jajanan Tradisional dari Kelapa yang Bikin Lidah Bergoyang

Jajanan tradisional ini memang menggiurkan!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Dina Vionetta

Kelapa menjadi salah satu buah yang banyak diolah menjada ragam kuliner. Tidak hanya sebagai minuman yang segar, banyak jajanan tradisional dengan menggunakan bahan utama kelapa.

Olahan jajanan tradisional dari kelapa sebagian besar merupakan makanan manis. Beberapa makanan ini telah diketahui oleh banyak orang dan sudah ada sejak dahulu.

Berikut ini beberapa jajanan tradisional dari kelapa yang lezat dan menggiurkan.

Baca Juga: Kenali 6 Jajanan Sehat untuk Anak Sekolah

1. Kue Putu

kue putu-1.jpg

Foto: instagram.com/kuliner.indoraya

Di sore hari, biasanya akan ada penjual kue putu, menggunakan gerobak dengan bunyi peluit yang cukup kencang mengelilingi komplek perumahan.

Kue putu terbuat dari tepung ketan, dicampur dengan kelapa parut dan garam. Kue putu dibuat dengan cara adonan dikukus dalam wadah bambu, diisi gula merah, lalu ditutup dengan sisa adonan dan dikukus kembali hingga matang.

Setelah matang, umumnya kue putu akan disajikan dengan taburan kelapa parut. Harumnya kue putu ini memang paling enak disajikan dengan secangkir teh atau kopi favorit.

2. Kue Pancong

kue pancong-2.jpg

Foto: instagram.com/kapotah37

Kue Pancong adalah kue khas Betawi yang terbuat dari tepung beras, santan kelapa, dan kelapa parut kasar. Dengan bentuk setengah lingkaran, cara membuat kue pancong cukup mudah karena dimasak dengan cara dibakar di atas api hingga matang.

Saat ini, banyak yang 'merombak' kue pancong dengan ragam topping seperti cokelat, cokelat tabur, susu kental manis dan keju.

3. Kue Gemblong

kue gemblong-3.jpg

Foto: instagram.com/jalanjajan_minho

Kue Gemblong juga merupakan jajanan tradisional dari kelapa dan ketan yang banyak digemari masyarakat. Kue ini terbuat dari tepung beras ketan putih, santan, margarin dan kelapa parut setengah tua.

Adonan gemblong diuleni hingga kalis, kemudian dibentuk seperti bola, digoreng hingga matang lalu dilapisi gula merah atau gula aren larut.

Baca Juga: 6 Camilan Ini Bersahabat Baik dengan Berat Badan, Lho!

4. Wingko Babat

wingko babat-4.jpg

Foto: instagram/hanhanny

Moms tentu akrab dengan Wingko Babat, mengingat kue ini sering dijadikan oleh-oleh, terutama bila berkunjung ke kota Lamongan.

Wingko babat terbuat dari kelapa parut, tepung beras ketan dan gula pasir, setelah semua adonan tercampur rata, wingko babat dibentuk bulat pipih, dipanggang atau dibakar hingga matang.

Agar tekstur wingko babat tetap empuk, kelapa yang diparut harus menggunakan kelapa yang lebih muda.

Baca Juga: 7 Jajanan Bakso Unik yang Bikin Ngiler!

5. Kue Rangi

kue rangi-5.jpg

Foto: instagram.com/gagaldiett

Kue Rangi juga merupakan jajanan tradisional dari kelapa khas Betawi. Meski bentuknya mirip dengan kue pancong dan terbuat dari kelapa, apa yang membedakan adalah kue rangi punya aroma wangi saat dibakar.

Kue rangi terbuat dari adonan tepung sagu, dicampur dengan kelapa parut kasar lalu disajikan dengan gula merah yang direbus bersama nangka, dan dikentalkan dengan sedikit tepung sagu.

Meskipun merupakan jajanan tradisional, kue rangi sudah langka dan jarang ditemukan.

Itu dia Moms, kuliner jajanan tradisional dari kelapa. Mana yang menjadi favorit Moms?

(AP)

Artikel Terkait