BAYI
6 Mei 2020

Bercak Putih di Pipi Bayi? Belum Tentu Panu, Moms

Cari tahu bagiaman menanganinya yuk, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Gladys
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Setelah bermain di pantai atau berjemur di bawah terik matahari, beberapa Moms kerap menemukan bercak putih di pipi bayi.

Jika sekilas dilihat, mungkin diagnosis yang terlintas adalah panu. Namun kondisi bercak putih di pipi bayi bisa juga disebabkan oleh hal lain, yang bahkan sebenarnya tidak mengganggu dan berbahaya, yaitu pityriasis alba.

Gejala, Penyebab, dan Penanganan Bercak Putih di Pipi Bayi

Berikut ini gejala, penyabab, dan penanganan yang umum untuk atasi bercak putih di pipi bayi akibat pityriasis alba.

Gejala Pityriasis Alba

1 Gejala Pityriasis Alba.jpg

Foto: Paras Seth – Pixabay.com

Bercak putih di pipi bayi akibat pityriasis alba merupakan kondisi yang umum terjadi pada anak-anak. Lebih umum terjadi pada anak usia tiga hingga 16 tahun.

“Anak dengan kondisi yang umum ini dapat mengalami bercak di kulit yang tidak merata, berbentuk bulat atau oval setelah terpapar sinar matahari,” ungkap Dr. Alan Greene, seperti dikutip dari drgreene.com.

Bercak tersebut cenderung kering dan memiliki diameter beragam, sekitar 1-2 inci. Umumnya, bercak putih di pipi bayi akibat pityriasis alba juga bisa ditemui pada bagian leher, bagian tubuh atas, dan lengan.

Baca Juga: Bercak Putih di Wajah Balita, Apa Penyebabnya?

Penyebab Pityriasis Alba

2 Penyebab Pityriasis Alba.jpg

Foto: joko narimo – Pixabay.com

Menurut American Osteophatic College of Dermatology, penyebab pityriasis alba masih belum diketahui secara pasti. Namun beberapa ahli menganggap bahwa kondisi ini merupakan manifestasi dari kelainan kulit lain yang disebut dengan dermatitis atopik. Kondisi hipopigmentasi yang dialami oleh anak-anak ini biasanya lebih sering muncul pada musim panas.

“Alasannya karena kulit anak-anak cenderung menjadi lebih gelap saat musim panas, saat anak berada di bawah sinar matahari dan bercak hipopigmentasi ini akan menjadi lebih terlihat, karena warna kulitnya menjadi tidak merata,” ungkap asisten profesor klinis dermatologi di University of Texas Southwestern Medical Center sekaligus pendiri dan direktur medis Innovative Dermatology di Dallas, Texas, Seemal R. Desai, MD, FAAD, seperti dikutip dari thehealthy.com.

Meski bercak putih di pipi bayi terlihat cukup jelas, namun pityriasis alba tidaklah berbahaya dan tidak menular.

Baca Juga: Tak Hanya Karena Alergi, Bercak Putih Di Wajah Juga Bisa Karena Hal Ini!

Penanganan Pityriasis Alba

3 Penanganan Pityriasis Alba.jpg

Foto: AdoreBeautyNZ – Pixabay.com

Bercak putih di pipi bayi akibat pityriasis alba biasanya akan hilang dengan sendirinya dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Namun hal tersebut akan menghabiskan waktu lama untuk hilang perlahan, dalam hitungan bulan hingga tahun. Krim pelembap mungkin bisa diaplikasikan untuk mempertahankan kelembapan kulit yang cenderung kering pada penderita pityriasis alba.

Dokter juga dapat merekomendasikan pemberian kortikosteroid topikal dengan kadar rendah untuk mengurangi peradangan dan gejala yang ditimbulkan dari pityriasis alba.

Jika muncul gejala gatal atau kemerahan terkait pityriasis alba, Dokter juga dapat merekomendasikan pemberikan krim topikal non steroid untuk mengurangi gejalanya.

Baca Juga: Bercak Putih Pada Wajah Bayi, Begini Cara Mengatasinya

Kini tidak perlu khawatir lagi jika muncul bercak putih di pipi bayi, karena bisa saja kondisi tersebut hanyalah pityriasis alba yang tidak terlalu mengkhawatirkan, Moms.

Artikel Terkait