2-3 TAHUN
31 Mei 2019

Bercak Putih di Wajah Balita, Apa Penyebabnya?

Ketahui penyebab dan cara penanganannya
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah Moms pernah merasa khawatir ketika melihat ada bercak putih di wajah balita? Ini bisa berarti ia mengalami apa yang disebut pitiriasis alba.

Bercak putih di wajah balita pada kulit yang bersisik adalah ciri khas dari kondisi kulit ini. Anak-anak dan remaja adalah kelompok usia yang paling mungkin memiliki pitiriasis alba, tetapi dapat mempengaruhi orang-orang dari segala usia.

Mengutip dari Baby Center, kondisi ini lebih umum pada anak-anak dengan kulit gelap. Perlu diingat, bahwa pitiriasis alba ini tidak menular.

Baca Juga: Kenapa Ada Bercak Hitam di Lidah Anak?

Penyebab Pitiriasis Alba

bercak putih pada bayi-1

Dokter Spesialis Anak RS Pondok Indah-Pondok Indah, dr. Cut Nurul Hafifah, Sp. A. menjelaskan bahwa bercak putih di wajah balita seringkali ditemukan. "Umumnya bercak putih ini berbentuk bulat, sedikit menonjol, bersisik, dan dapat disertai rasa gatal maupun tidak," jelasnya.

Ia menambahkan bahwa bercak putih di wajah balita tersebut umumnya ditemukan di pipi, leher, atau lengan bagian atas."

Untuk mengetahuinya, Moms bisa mencari bercak kulit bundar atau oval, bercak ini mungkin bersisik. Ruam menyerupai eksim ringan. Bercak tidak menghitam ketika terpapar sinar matahari, tetapi bisa berubah merah.

Penyebab dari pitiriasis alba belum diketahui secara pasti, tetapi umumnya ditemukan pada anak usia 3-16 tahun dengan kulit yang kering atau memiliki bawaan alergi.

Lesi ini dapat menghilang dengan sendirinya dan muncul kembali. Apabila sudah membaik, kulit di area tersebut akan kembali seperti semula namun membutuhkan waktu hingga beberapa bulan.

Baca Juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Kulit Kepala Bayi Berkerak

Penanganan Pitriasis Alba

bercak putih pada bayi-2

Dr Cut menjelaskan lebih lanjut, langkah penanganan paling penting bercak putih di wajah balita adalah menjaga kelembapan kulit di area bercak putih ini.

"Oleskan pelembap dan tabir surya pada area bercak putih ini. Hindari menggunakan sabun antiseptik karena akan membuat semakin kering," jelas dr Cut.

Mengutip dari Baby Center, Moms juga bisa mengoleskan krim steroid topikal ringan sebagai bagian dari perawatan biasa untuk bercak putih di wajah balita.

Produk ini dapat membantu meringankan gejala, tetapi mereka tidak akan menyembuhkan kondisinya. Bercak putih ini akan hilang, tetapi mungkin dapat kembali lagi.

Nah, jika Moms menemukan bercak putih di wajah balita, jangan panik dulu. Hal tersebut normal terjadi. Moms hanya perlu melakukan langkah di atas ya.

Artikel Terkait