3-12 BULAN
26 Juni 2019

Bercak Putih Pada Wajah Bayi, Begini Cara Mengatasinya

Mudah dan cepat untuk atasi bercak putih pada wajah
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Moms harus tahu bahwa bercak putih pada kulit adalah masalah umum yang sering terjadi pada anak-anak. Kita tidak perlu khawatir, karena bercak ini dapat dihilangkan dengan mudah.

Namun sebelum membahas mengenai cara penanganannya, ada baiknya Moms tahu terlebih dahulu apa penyebab bercak putih pada wajah bayi. Mari simak ulasannya!

Baca Juga: Sebabkan Gatal dan Perih, Ikuti 5 Tips Menghindari Ruam Popok Pada Kulit Bayi

Penyebab Bercak Putih Pada Wajah Bayi

bercak putih pada wajah bayi

1. Kekurangan Vitamin

Ini merupakan alasan umum timbulnya bercak putih pada wajah bayi. Seperti Moms tahu, gizi seimbang adalah syarat anak mendapatkan nutrisi yang lengkap. Sayangnya banyak dari mereka yang masih memilah-milah makanan. Akibatnya kekurangan vitamin dan muncul bercak putih.

2. Tanda Lahir

Yup, bercak putih yang muncul bisa juga merupakan tanda lahir yang memang sudah ada. Bila memang seperti itu, maka Moms tidak perlu khawatir.

3. Tinea Versicolour

Tinea versicolour atau pityriasis versicolour adalah infeksi jamur yang disebabkan oleh Malassezia. Jamur ini kemudian memproduksi asam yang akan mengganggu produksi melanin di dalam tubuh Si Kecil.

Akibatnya, bercak yang timbul bisa menjadi lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit anak. Terkadang keadaan ini juga disertai dengan rasa gatal dan kulit bersisik. Sebagian besar muncul pada dada dan bahu, tetapi bisa jugadi leher, wajah, atau perut.

Baca Juga: Hindari Iritasi, Ini 4 Tips Memilih Produk Perawatan Kulit untuk Bayi

4. Vitiligo

Menurut National Health Service vitiligo adalah kondisi di mana timbul bercak putih pucat di kulit. Vitiligo mungkin bagi sebagian orang tua menakutkan, padahal tidak berbahaya. Bercak putih pada kulit disebabkan karena hilangnya pigmentasi warna kulit, akibat gangguan autoimun.

Kondisi ini lebih terlihat pada anak-anak dengan warna kulit yang lebih gelap meskipun dapat mempengaruhi anak-anak dengan berbagai warna kulit. Vitiligo tidak menular, jadi Moms tidak perlu khawatir.

5. Luka Bakar

Biasanya bekas luka tertentu pada kulit, akan menyebabkan bagian kulit tersebut mengalami kurang pigmentasi atau keterlambatan pigmentasi.

Nah, jika sudah seperti ini, seperti apa penanganan bercak putih pada wajah bayi?

Baca Juga: 4 Masalah Kulit Balita yang Paling Sering Dialami

Penanganan Bercak Putih Pada Wajah Bayi

bercak putih pada wajah bayi

Cara-cara ini bisa Moms lakukan untuk menghilangkan bercak putih pada wajah bayi. Jik dilakukan secara rutin, maka hasil yang didapatkan pun akan optimal.

  • Oleskan tabir surya pada wajah anak sebelum keluar rumah.
  • Pastikan anak kita makan banyak sayuran dan buah-buahan untuk menjaga pigmentasi kulitnya.
  • Banyak dokter anak menyarankan untuk menggunakan emolien (pelembab) bebas parfum dan pewarna. Pelembab ini berguna untuk mencegah kulit kering yang dapat menyebabkan Pityriasis Alba.
  • Jika bercak putih ini disebabkan oleh infeksi jamur, maka Moms dapat menggunakan krim antijamur yang sesuai kulit anak, untuk mengatasi infeksi yang terjadi.

Itu dia beberapa penanganan yang bisa Moms lakukan jika bercak putih muncul pada kulit buah hati. Selain untuk mengobati, cara-cara di atas bisa dilakukan juga untuk mencegah sebelum terjadi lho Moms. Seperti ungkapan mencegah lebih baik daripada mengobati.

Artikel Terkait