PERNIKAHAN & SEKS
17 September 2019

Berdampak Negatif, Ternyata Ini 3 Akibat Ejakulasi Dini Pada Pria

Ejakulasi dini ternyata tidak meninggalkan akibat bagi wanita saja, tapi juga pada pria.
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Moms, memiliki pasangan yang kerap ejakulasi dini, mengakibatkan hubungan seksual berlangsung tidak harmonis. Pada kasus ejakulasi dini, ketidakharmonisan bahkan disebabkan karena kedua belah pihak tidak merasa puas.

Pria yang mengalami ejakulasi dini merasa tidak puas karena hubungan seksual berlangsung sangat singkat, di luar kehendaknya. Begitu juga di pihak wanita, merasa kurang puas karena tidak pernah mencapai orgasme.

Berikut ini, beberapa dampak yang bisa dialami seorang pria saat dirinya mengalami ejakulasi dini.

Baca Juga: Hubungan antara Ejakulasi Dini dan Infertilitas pada Pria

1. Kecewa

premature.jpg

Foto: familydoctor.com

Walau mencapai orgasme, biasanya pria yang mengalami ejakulasi dini juga merasa sangat kecewa. Penyebabnya, dia merasa tidak mampu memberikan kepuasan seksual kepada pasangannya. Apalagi kalau pasangannya mengungkapkan kekecewaan dalam bentuk reaksi yang menyalahkan penderita.

"Pria yang mengalami ejakulasi dini sering mengalami stres, tidak percaya diri, rendah diri, dan malu terhadap pasangannya. Dalam waktu lama dapat terjadi disfungsi ereksi. Pasangannya tentu kecewa, tidak puas, jengkel, marah, dan akhirnya mengalami disfungsi seksual seperti hilangnya gairah seksual," papar Sexolog asal New Delhi, Dr Vijaya Sarathi.

Selanjutnya, kondisi ini bisa berkembang menjadi perasaan takut atau khawatir setiap akan melakukan hubungan seksual. Hal yang jelas memperburuk kondisi sang pria. Dan, jika terus berlangsung, bisa berujung pada disfungsi ereksi.

Baca Juga: Mengenal Squirting pada Wanita, Ejakulasinya Kaum Hawa

2. Hilangnya Rasa Percaya Diri

images.jpeg

Foto: thesun.co.uk

Percaya diri bagi seorang pria merupakan faktor yang sangat penting untuk menunjang aktivitas. Tanpa rasa percaya diri yang tinggi mungkin tidak pernah mendapat promosi di tempat kerja, tidak pernah bertemu pasangan impian kita, atau tidak pernah mencapai tujuan apa pun yang telah Anda tetapkan dalam kehidupan dewasa nanti.

Namun, saat seorang pria mengalami ejakulasi dini berkelanjutan, percaya dirinya bisa hilang. Dan ini bisa jadi pangkal semua masalah kesehatan yang bakal dialaminya nanti.

3. Hilangnya Harga Diri

Suami depresi bisa persulit peluang pasangan untuk hamil (2).jpg

Harga diri terikat erat dengan tingkat kepercayaan diri. Ketika harga diri Anda menurun, sulit untuk Anda melakukan hal yang positif dengan tenang. Termasuk saat melakukan hubungan seksual.

Hilangnya harga diri membuat seorang pria cenderung untuk menghindari hubungan seksual dengan pasangan. Biasanya, dengan melakukan banyak kesibukan lain di luar rumah.

Bila Moms melihat kondisi ini pada pasangan, bantu untuk melaluinya. Temui dokter atau psikolog. Pastinya, bantuan profesional akan sangat membantu mengatasi permasalahan ini.

Baca Juga : Apakah Cairan Pra-Ejakulasi Bisa Bikin Hamil?

Artikel Terkait