KESEHATAN
10 April 2018

Berenang Saat Bisul, Bolehkah?

Apakah bisa memperparah bisul?
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama
golongan darah ibu dapat memengaruhi kehamilan hero

Tanya : 

Dokter apakah saya boleh berenang di saat saya lagi terkena bisul?

Jawab : 

Bisul atau dalam istilah medis disebut dengan furunkel adalah infeksi bakteri pada folikel rambut di kulit yang menyebabkan kulit menjadi benjol, kemerahan, nyeri, dan berisi nanah.

Pada dasarnya bila ukurannya tidak terlalu besar, penanganan bisul cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah, antara lain:

1. Cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun sebelum mengobati bisul

2. Mengompres bisul dengan air hangat minimal 3x sehari

3. Bila bisul pecah, bersihkan nanah dengan kasa steril dengan air matang yang bersih disertai dengan cairan antiseptik seperti povidone iodine, kemudian oleskan dengan salep antibiotik dan tutup dengan kasa steril

4. Ganti perban sesering mungkin minimal 3x sehari

5. Minum obat pereda nyeri yang dijual bebas seperti parasetamol, asam mefenamat, dll dengan sebelumnya membaca aturan pakai

6. Hindari memecah bisul secara paksa seperti dengan memencetnya atau dengan menusuknya

Bila dengan penanganan awal keluhan Anda tidak berkurang atau bisul menjadi tambah besar (disebut dengan karbunkel) segera konsultasikan diri Anda ke dokter, biasanya dibutuhkan tindakan untuk mengeluarkan nanah dengan disertai pengobatan antibiotik baik minum ataupun oles.

Saat bisulan tidak ada pantangan untuk melakukan aktivitas lain ataupun olahraga asalkan menjaga bisul tidak terkontaminasi.

Dijawab oleh : dr. Ayu Andrian Putri

Sumber : meetdoctor.com

Artikel Terkait