PASCA MELAHIRKAN
9 Maret 2020

Berhubungan sebelum 40 Hari setelah Melahirkan, Apa Dampaknya?

Adakah waktu tepat untuk bisa berhubungan seks kembali?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Moms mungkin jarang berhubungan seks di masa kehamilan karena kondisi tertentu yang dapat memengaruhi suasana hati, dan juga ketidaknyamanan yang dirasakan selama hamil.

Berhubungan intim di masa kehamilan memang memberikan manfaat. Menurut Journal of Reproductive Immunology, berhubungan seks, khususnya oral seks, dapat membantu mencegah pre-eklampsia.

Tetapi, mungkin bagi Moms yang sudah melewati masa persalinan ingin berhubungan seks. Lalu, apakah aman dilakukan bila belum mencapai 40 hari usai melahirkan?

Baca Juga: 5 Posisi Seks Nyaman untuk Ibu Baru Melahirkan

Perubahan setelah Melahirkan

berhubungan seks setelah melahirkan-1

Foto: Orami Photo Stock

Ketika seorang wanita telah mengandung janin selama 9 bulan, lalu melahirkan bayi, tentunya banyak perubahan yang terjadi pada rahim dan vagina.

"Kalau dibaratkan, perempuan habis berjuang melawan perang, di mana proses persalinan normal, vagina akan melalui proses peregangan, bahkan terkadang ditemukan adanya komplikasi sehingga harus dijahit," jelas dr. Putri Deva Karimah, Sp. OG, Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan RS Pondok Indah - Pondok Indah.

Kondisi-kondisi ini yang terkadang membuat wanita merasa khawatir dan trauma apabila harus segera berhubungan seks setelah melahirkan. Hal ini dapat membuat momen-momen intim menjadi tidak nyaman.

Baca Juga: Kehidupan Seks Terganggu dengan Rencana Kehamilan? Ini Triknya!

Kondisi Hormonal Usai Melahirkan Masih Belum Stabil

berhubungan seks setelah melahirkan-2

Foto: Orami Photo Stock

Di samping itu, dr. Putri juga mengatakan bahwa kondisi hormonal wanita belum begitu stabil. Menyebabkan keinginan wanita berhubungan seks setelah melahirkan juga berkurang.

"Kondisi hormonal wanita usai melahirkan belum begitu stabil, sehingga jadi mudah sekali terpicu untuk stres, libido menurun, dan keinginan untuk berhubungan intim pun berkurang karena ibu sedang menyusui," tuturnya.

Selain itu, kurangnya hormon estrogen wanita setelah melahirkan membuat cairan vagina juga turut berkurang, vagina akan terasa kering, dan dapat menimbulkan rasa nyeri saat berhubungan seks setelah melahirkan.

Baca Juga: Mau Cepat Hamil? Ini Cara dan Waktu Seks yang Wajib Diikuti

Waktu Tepat Berhubungan Seks Kembali setelah Melahirkan

berhubungan seks setelah melahirkan-3

Foto: Orami Photo Stock

Mengutip Mayo Clinic, jika ingin berhubungan seks setelah melahirkan, direkomendasikan untuk menunggu 4-6 minggu setelah melahirkan, terlepas dari metode persalinannya.

"Biasanya, ibu dengan riwayat operasi caesar lebih cepat memulai berhubungan intim karena tidak ada cedera di daerah vagina. Dalam 6 minggu, organ reproduksi sedang dalam proses penyembuhan dan ukuran rahim dalam proses kembali seperti awal sebelum hamil," jelas dr. Putri.

Mengutip National Health Service, terjadinya perubahan vagina usai melahirkan mungkin berupa terlihat lebih lebar daripada sebelumnya.

"Vagina bisa terasa lebih longgar, lebih lembut dan lebih 'terbuka. Mungkin juga terlihat dan terasa memar atau bengkak," jelas Dr. Suzy Elneil, konsultan urogynaecology di University College Hospital, London.

Selain itu, selama 3 minggu awal masih mungkin terjadi adanya komplikasi pascapersalinan susulan. Karenanya, pasangan suami istri disarankan untuk menunda berhubungan intim untuk mengurangi risiko infeksi pada rahim, dan ketidaknyamanan saat berhubungan karena masih adanya darah nifas.

Namun, kesiapan fisik dan emosional wanita bervariasi. Oleh karena itu, tidak ada patokan pasti atau keharusan waktunya kapan wanita dapat berhubungan intim kembali setelah melahirkan.

Apa yang terpenting, Moms perlu menjaga kebersihan diri masing-masing bila ingin memulai berhubungan seks setelah melahirkan kembali, agar tidak mudah terkena infeksi.

Bila Moms masih memerlukan informasi tambahan seputar pascamelahirkan, Moms bisa bergabung mengikuti Kuliah WhatsApp (KulWAP) dengan expert di WhatsApp Group Orami Moms Community.

Selain mengikuti KulWAP, di WhatsApp Group Orami Moms Community, Moms bisa berkonsultasi dengan para ahli, seperti psikolog, dokter kandungan, dokter anak, konselor laktasi, konselor pernikahan, dan lain sebagainya.

orami wag

Moms juga bisa saling bertukar cerita dengan ibu-ibu lainnya, lho! Jadi Moms akan mendapatkan banyak teman, sekaligus informasi baru.

Moms bisa langsung add WhatsApp di nomor 0811-8852-250 atau klik link ini untuk informasi lebih lanjut.

Yuk gabung WhatsApp Group Orami Moms Community untuk mendapatkan berbagai keuntungan!

Artikel Terkait