RUPA-RUPA
14 November 2020

Berkesan dan Bermanfaat, Ini 9 Inspirasi Kado Pernikahan untuk Sahabat

Pilihan kado pernikahan yang akan dikenang sahabat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Putriana
Disunting oleh Amelia Puteri

Pernikahan merupakan sebuah momen penting dan sangat dinanti-nantikan oleh setiap orang. Pernikahan juga dianggap sebagai momen yang menyimpan banyak sekali kenangan manis di dalam kehidupan.

Ketika seseorang, baik saudara, sahabat, ataupun rekan kerja Moms melangsungkan pernikahan, tentunya Moms juga turut merasakan kebahagiaan tersebut.

Di dalam budaya modern orang Indonesia, memberikan hadiah berupa barang dianggap lebih sopan serta menghargai dibandingkan Moms memberikan sejumlah nominal uang sebagai penggantinya.

Umumnya, ungkapan turut berbahagia ini diekspresikan dalam bentuk kado pernikahan unik dan bermanfaat. Moms mungkin juga sedang mencari kado pernikahan untuk sahabat.

Daripada bingung, yuk cari tahu apa saja inspirasi kado pernikahan untuk sahabat yang bisa Moms berikan untuk sahabat terkasih.

9 Ide Kado Pernikahan untuk Sahabat yang Berkesan dan Terjangkau

photo-1521478706270-f2e33c203d95.jpg

Foto: unsplash.com

Sebenarnya ada begitu banyak pilihan kado pernikahan berkesan dan bermanfaat yang bisa Moms berikan kepada saudara, sahabat, maupun rekan kerja Moms.

Namun, bagi sebagian orang mencari inspirasi kado pernikahan ini bukanlah perkara yang mudah.

Kalau Moms salah satunya yang tengah bingung memilih kado pernikahan untuk sahabat, berikut merupakan rekomendasi kado pernikahan untuk sahabat yang bisa Moms pertimbangkan.

Baca Juga: Inspirasi Kado untuk Bayi yang Paling Bermanfaat, Tak Perlu Bingung Lagi Moms!

1. Tas dan Dompet

Tas jadi satu di antara pilihan hadiah yang menarik menjadi kado pernikahan untuk sahabat perempuan Moms. Karena tas termasuk mudah dicari dan memiliki banyak opsi dari merek, warna, dan model.

Mungkin memang akan ada banyak pilihan tas yang membuat Moms bingung memilih, namun jangan lupa Moms perlu mencari tas berdasarkan fungsi dan kebutuhan sahabat Moms. Selain itu, pilih tas dengan kualitas cukup bagus.

Tidak harus beli tas ori yang harganya jutaan kok, Momsbisamembeli brand lokal yang kualitasnya tak kalah dengan tas high-end semacam Gucci, Louis Vuitton dan sebagainya.

Hadiah tas juga selalu bisa diberikan tak hanya pada sahabat wannita namun juga sahabat pria yang akan menikah sebagai kado untuk istrinya.

Sementara itu, mungkin dompet merupakan sebuah kado yang mainstream. Tapi jika desain dompetnya unik dan eksklusif, pasti sangat cocok untuk Moms berikan sebagai kado pernikahan untuk sahabat.

Jangan lupa juga untuk memilih desain dan motif yang unik sesuai dengan selera orang yang akan dihadiahi. Jika ingin lebih berkesan, Moms bisa juga membuatnya sendiri dengan bahan rajutan atau memesan tas dan dompet custom.

2. Voucher

Terkadang kita cukup bingung untuk menerka apa kira-kira benda yang disukai dan bagaimana selera yang sesuai dengan teman kita.

Karena saking bingungnya, ujung-ujungnya memberikan hadiah berupa uang tunai ditempuh juga dengan pertimbangan uang lebih dibutuhkan untuk akomodasi rumah tangga.

Namun ternyata ada cara lain lho Moms, untuk memberikan fungsi yang sama namun dengan cara yang berbeda. Alih-alih memberikan uang, Moms bisa menghadiahi mereka voucher sesuai dengan kebutuhan mereka sebagai kado pernikahan untuk sahabat.

Misalnya saja voucher belanja di supermarket, voucher belanja barang elektronik, voucher menginap, hingga voucher untuk makan malam romantis di restoran.

Tentunya hal ini akan menjadi kado pernikahan untuk sahabat yang tidak ia duga-duga. Selain itu, voucher tersebut sudah pasti akan digunakan kapanpun.

3. Parfum

photo-1582616698198-f978da534162.jpg

Foto: unsplash.com

Sebotol minyak wangi alias parfum akan jadi kado pernikahan untuk sahabat yang mengesankan, baik bagi pengantin baru pria maupun wanita.

Ditambah lagi apabila Moms dapat mencocokkan aroma parfumnya dengan selera mereka. Selain parfum untuk tubuh, Moms juga bisa memberikan satu set alat aromaterapi maupun diffuser.

Tidak hanya berfungsi sebagai pengharum ruangan, aromaterapi memiliki banyak manfaat bagi tubuh lho, Moms.

Aromaterapi bekerja melalui indra penciuman dengan merangsang hipotalamus di otak untuk memproduksi hormon serotonin, yakni hormon yang dapat memperbaiki suasana hati.

Mengutip The International Journal of Childbirth Education, minyak aromaterapi bisa mengatasi berbagai kondisi seperti morning sickness, stretch mark, varises, wasir, kelelahan, nyeri, gelisah, dan depresi.

Selain itu, sejumlah penelitian menunjukkan manfaat postiif dari aromaterapi seperti membuat tubuh lebih rileks, memperbaiki kualitas tidur, membantu mengurangi stres, hingga meningkatkan imun tubuh.

Baca Juga: 20+ Ide Cara Membungkus Kado yang Unik, Patut Dicoba!

4. Perlengkapan Rumah Tangga

Jika sahabat Moms ternyata belum mempersiapkan isian rumah setelah nanti menikah, perlengkapan rumah tangga akan sangat cocok diberikan. Seperti misalnya peralatan memasak, kompor, peralatan makan, peralatan bersih-bersih, hingga barang-barang elektronik.

Kado pernikahan untuk sahabat yang satu ini akan sangat efektif jika Moms berencana memberikan hadiah pernikahan secara kolektif, misalnya atas nama instansi atau bersama sahabat-sahabat dalam satu circle pertemanan.

Karena selain bisa patungan, barang yang didapatkan pun cenderung lebih banyak dan tentu bermanfaat.

5. Barang-barang yang Berpasangan

photo-1539547256500-3c6cfd15bfdb.jpg

Foto: unsplash.com

Seperti yang kita tahu, masa awal pernikahan tentu jadi waktu paling lovey-dovey bagi pasangan suami-istri. Tak jarang, pasangan ingin mengenakan benda-benda yang serasi sebagai ungkapan cinta dan kasih mereka.

Moms bisa memanfaatkan momen ini untuk memberikan benda-benda couple sebagai kado pernikahan untuk sahabat. Pilihlah benda yang sekiranya akan digunakan sehari-hari seperti mug, sikat gigi, sandal rumah, jam tangan, hingga baju tidur.

Tak harus identik, Moms bisa memainkan variasinya seperti warna hingga corak atau motif yang berbeda.

6. Custom Gift

Kado pernikahan untuk sahabat berikutnya yang bisa dipilih adalah membuat custom gift.

Hal ini tentunya akan menjadi kado pernikahan untuk sahabat yang tak terlupakan. Mereka tentu bisa melihat usaha dan ketulusan Moms dalam memberikan hadiah karena benda tersebut dibuat khusus untuk mereka.

Tak perlu benda yang mahal dan mewah, Moms bisa sesuaikan dengan bujet dan kebutuhan. Misalnya saja memesan handuk dengan nama pasangan pria dan wanita, notebook dengan foto atau nama mereka, bantal dengan nama mereka, dan masih banyak lagi.

Jangan lupa selipkan pesan dalam kartu ucapan agar semakin berkesan.

Baca Juga: Ingin Tetap Romantis di Tengan Pandemi? Ini 7 Ide Kado untuk Suami

7. Dekorasi Rumah

photo-1534349762230-e0cadf78f5da.jpg

Foto: unsplash.com

Selain mengisi perabotan, menghias rumah merupakan hal yang menyenangkan untuk dilakukan di awal pernikahan. Sehingga dekorasi rumah atau hiasan rumah bisa jadi opsi kado pernikahan untuk sahabat.

Moms bisa menyesuaikan dengan selera orang yang akan dihadiahi ataupun menyesuaikan gaya interior rumahnya.

Jika Moms kurang tahu tentang seleranya sampai sedetail itu, Moms bisa menyiapkan hiasan yang sifatnya umum. Seperti misalnya pigora unik, cermin, jam dinding, rak gantung, lampu tidur, hingga tanaman succulent.

8. Album Kenangan

Kenangan bersama para sahabat sebelum menikah tentu merupakan momen yang berkesan bagi seseorang. Merekalah yang menemani dan menjadi saksi pencarian cinta sejati sebelum berlabuh ke pelaminan.

Untuk itu, memberikan album dengan konsep memory lane bisa menjadi kado pernikahan untuk sahabat yang sangat berkesan.

Moms bisa mengumpulkan foto-foto lama untuk diubah menjadi scrap book. Sesuaikan urutannya dengan tanggal atau momen yang terjadi dari tahun ke tahun. Termasuk pertemuan pertama dengan pasangan.

9. Wedding Anniversary Wishes

photo-1527168027773-0cc890c4f42e.jpg

Foto: unsplash.com

Ini adalah salah satu kado pernikahan untuk sahabat yang murah meriah namun sarat makna. Seperti namanya, Moms hanya perlu mengumpulkan ucapan dan pesan untuk ulang tahun pernikahan dari para sahabat dan keluarga mempelai.

Ucapan ini bisa dibuat dalam bentuk kartu ucapan yang dimasukkan amplop (satu kartu untuk satu orang), atau dalam bentuk buku catatan.

Tekankan pada sahabat Moms jika ucapan ini hanya boleh dibuka saat usia pernikahan mereka tepat satu tahun. Pastinya hal ini. akan membuatnya penasaran dan terheran-heran.

Pada saat dibuka pun, setahun kemudian, bisa dipastikan ia akan merasa terharu dan menangkap doa baik dari seluruh sahabat dan keluarganya.

Itu tadi 9 inspirasi kado pernikahan untuk sahabat yang bisa Moms pertimbangkan. Jangan terlalu pusing dalam memilih ya, Moms, ingatlah jika sahabat pasti akan mengapresiasi ketulusan Moms terlepas apapun bentuk kadonya.

Artikel Terkait