RUPA-RUPA
5 Juni 2019

Berkuah Gurih dan Hangat, Ini Hotpot dari Berbagai Negara

Terlihat sama, ternyata hotpot dari berbagai negara ini memiliki keunikan tersendiri
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (fitria.rahmadianti)
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Saat puasa begini, berbuka dan sahur enaknya dengan makanan berkuah hangat ya, Moms? Hotpot bisa jadi pilihan, nih.

Irisan daging, sayur-mayur, jamur, tofu, dan bahan-bahan lain dimasukkan ke panci berisi kuah yang dipanaskan yang dihangatkan dengan api kecil.

Setelah beberapa saat, bahan-bahan tadi diangkat satu per satu dan dicelup ke saus cocol sebelum disantap. Kuah bekas rebusannya juga bisa dipindahkan ke mangkuk dan diseruput dengan sendok. Hmm… Enak!

Ternyata, ada beberapa negara punya jenis hidangan hotpot lho Moms. Hotpot dari berbagai negara ini punya keunikannya masing-masing.

Apa saja? Yuk kenali lebih jauh, Moms!

Baca Juga: Yuk Bikin Sukiyaki Sendiri di Rumah!

1. Tiongkok

hotpot dari berbagai negara

Foto: beijing-visitor.com

Hotpot dari berbagai negara yang pertama adalah Tiongkok. Sebagai negara asal metode memasak hotpot, Tiongkok memiliki banyak variasi hotpot yang berbeda di setiap daerah. Salah satu yang paling terkenal adalah Chongqing hotpot yang menggunakan andaliman serta fillet daging domba.

Di daerah Manchuria, hotpot-nya menggunakan acar sawi sehingga rasanya menjadi asam. Berbeda dengan di Kanton, di mana bumbu hotpot diaduk dengan telur mentah.

Mereka percaya cara ini bisa mengurangi panas yang diserap makanan supaya mereka tidak mengalami sakit tenggorokan setelah makan hotpot.

2. Jepang

hotpot dari berbagai negara

Foto: jajanbeken.com

Hotpot dari berbagai negara selanjutnya adalah Jepang. Nabemono adalah istilah yang digunakan orang Jepang untuk menyebut hotpot. Jenisnya banyak, dua yang paling terkenal adalah shabu-shabu dan sukiyaki. Pasti Moms tahu, kan?

Shabu-shabu dan sukiyaki sama-sama hotpot yang menggunakan daging iris tipis, sayuran, serta saus cocol. Bedanya, shabu-shabu cenderung gurih karena kuahnya mengandung kaldu kombu (ganggang laut), sedangkan sukiyaki lebih manis akibat penggunaan soy sauce.

Pada shabu-shabu, daging hanya direbus setengah matang lalu dicelup di saus ponzu atau wijen sebelum dimakan. Sedangkan sukiyaki, meski kuahnya tak banyak, daging dimasak sampai matang. Cocolannya berupa telur mentah kocok.

Baca Juga: Berani Coba 6 Makanan Aneh dari Berbagai Negara Ini?

3. Kamboja

hotpot dari berbagai negara

Foto: flavorverse.com

Hotpot dari berbagai negara selanjutnya adalah Kamboja. Hotpot di negara ini disebut yao hon. Bahan-bahannya sama dengan hotpot Tiongkok atau sesuai selera, biasanya ditambahi tahu fermentasi. Uniknya, kuahnya menggunakan santan dan soda rasa kelapa.

4. Thailand

hotpot dari berbagai negara

Foto: insights.looloo.com

Hotpot dari berbagai negara selanjutnya adalah Thailand. Di Thailand, hotpot disebut Thai suki walau berbeda dengan sukiyaki Jepang. Bahan-bahannya lebih beragam dibanding hotpot Tiongkok.

Saus cocolnya sendiri terbuat dari saus sambal, cabai, jeruk nipis, dan daun ketumbar. Ada pula mu kratha, kombinasi barbecue Korea dan Thai suki.

Baca Juga: Begini Ternyata Menu Sarapan di Berbagai Negara

Wah, ternyata banyak ya Moms varian hotpot dari berbagai negara. Varian hotpot mana saja yang sudah pernah Moms cicipi? Share yuk!

(EMA)

Artikel Terkait