PROGRAM HAMIL
29 Maret 2019

Berniat Menjalani Program Hamil? Ikuti Dulu Panduan 30 Hari Pra Kehamilan Ini

Ini yang harus Moms lakukan sebelum memulai program hamil.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla Octama
Disunting oleh Carla Octama


Tahukah Moms? Persiapan hamil yang ideal dimulai sejak sebelum Moms memulai program hamil. Tahapan ini biasa disebut juga dengan prakehamilan.

Sebelum Moms memulai program hamil, ikuti dulu panduan 30-hari prakehamilan ini, ya dikutip dari healthline.com dan webmd.com. 

Baca Juga : 3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Mencoba Hamil di Usia 35 Tahun Ke Atas

Minggu 1

shutterstock 528948853

1. Stop penggunaan alat kontrasepsi.

2. Berkonsultasi ke dokter kandungan. Selain memeriksa kondisi kesehatan Moms secara menyeluruh, dokter juga akan meresepkan multivitamin dan asam folat.

Bila Moms atau Dads mengonsumsi obat-obatan khusus, sampaikan juga kepada dokter, ya. Sebab terkadang ada obat-obatan yang dapat memengaruhi kesuburan.

3. Konsumsi multivitamin.

4. Konsumsi asam folat. Umumnya, dosis yang diberikan di tahap prakehamilan adalah 400–800 mikrogram. Setelah Moms positif hamil, dokter akan memperbesar dosisnya.

5. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah, dan kurangi konsumsi makanan olahan.

6. Berolahraga secara teratur. Lakukan latihan moderat 4–5 kali dalam seminggu, dengan total waktu 150 menit. Per hari sekitar 30 menit ya, Moms.

Minggu 2

shutterstock 1305885295

1. Memantau jadwal menstruasi. Ini penting agar Moms bisa menghitung masa subur agar cepat hamil.

2. Berlatih mengelola stres. Caranya dengan jalan santai, bernapas secara mendalam, atau melakukan kegiatan lain yang dapat menghibur hati.

Berlatih yoga juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kebugaran sekaligus mengelola stres.

3. Periksa gigi. Kunjungan ke dokter gigi ini penting untuk memastikan kondisi gigi Moms sehat. Bila ada masalah pada gigi, gusi, atau infeksi lain, sebaiknya segera diatasi sebelum Moms memulai program hamil.

4. Stop merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Bukan hanya untuk Moms, Dads juga harus melakukannya, ya.

Baca Juga : Cara Cepat Hamil: Hentikan 12 Kebiasaan Buruk Ini!

Minggu 3

shutterstock 1327714412

1. Cek berat badan dan indeks massa tubuh. Bila berat badan Moms termasuk berlebih, berkonsultasilah dengan dokter untuk menurunkannya.

Begitu juga bila ternyata berat badan Moms terlalu rendah, perlu dicari cara untuk menaikkannya ke level normal.

2. Kumpulkan riwayat kesehatan keluarga Moms dan Dads. Cari tahu apakah ada kondisi genetik tertentu dalam garis keturunan Moms dan Dads.

Bila ditemukan, berkosultasilah dengan dokter untuk menentukan langkah terbaik mencegah kemunculannya.

3. Perbaiki pola tidur. Pastikan Moms dan Dads selalu memenuhi kebutuhan tidur 8 jam sehari.

4. Batasi konsumsi kopi atau asupan lain yang mengandung kafein.

5. Perbanyak wawasan tentang pembuahan. Mulai dari kapan waktu yang tepat untuk berhubungan intim hingga hal-hal yang menyebabkan pembuahan tidak terjadi.

Minggu 4

shutterstock 367016486

1. Lakukan tes kesuburan. Tes ini bukan hanya untuk Moms, tetapi untuk Dads juga.

2. Jaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin C, serta beristirahat cukup.

3. Perbanyak wawasan tentang kehamilan. Ketahui apa saja do’s and don’ts-nya, mulai dari pola makan, jenis olahraga, hingga sikap-sikap fisik (mengangkat barang berat, membungkuk, berlari, dan lain-lain.

4. Mengecek asuransi kesehatan. Ini penting untuk membantu Moms dan Dads mempersiapkan keuangan mulai dari program hamil, periode kehamilan, hingga saat Moms melahirkan.

Semoga panduan prakehamilan ini dapat membantu Moms lebih siap menghadapi kehamilan. Langkah selanjutnya adalah membaca panduan program hamil. Selamat bersiap untuk hamil, Moms!

(AN)

Artikel Terkait