PERNIKAHAN & SEKS
17 September 2019

Berpotensi Merusak Hubungan, Ini 3 Dampak Ejakulasi Dini Pada Pasangan

Ternyata, ejakulasi dini punya dampak pada pasangan. Apa saja?
Artikel ditulis oleh Ryo
Disunting oleh Ryo

Ejakulasi adalah proses keluarnya air mani beserta sperma dari organ reproduksi pria. Umumnya dibarengi dengan orgasme. Namun, ada kalanya ejakulasi terjadi dalam waktu kurang dari satu menit setelah penetrasi. Nah, inilah yang disebut ejakulasi dini.

Meski yang mengalami pria, namun dampaknya besar pada wanita. Dan, hal ini sangat perlu diperhatikan agar tidak mengganggu keharmonisan rumah tangga.

“Berdasarkan studi terhadap 500 pasangan dari beberapa negara berbeda, diketahui waktu rata-rata mulai penetrasi hingga ejakulasi sekitar 5 menit. Di bawah itu, seorang pria bisa dikatakan mengalami ejakulasi dini,”ungkap Zvi Zuckerman, dokter medis dan terapis seks bersertifikat dari netdoctor. Penyebabnya macam-macam. Mulai dari psikologis, sampai fisik, dan problem genetik.

Buat pria, ejakulasi dini sering memengaruhi rasa percaya diri. Meski keluhan seputar ejakulasi dini cukup umum, banyak pria yang lantas enggan berhubungan seksual dengan pasangan karena merasa malu.

Namun, ada beberapa dampak ejakulasi dini yang terjadi pada perempuan. Apa saja ya?

Baca Juga: Perlu Dibaca, Ini Penyebab Ejakulasi Dini pada Pria!

1. Orgasme

bigstock-Upset-Couple-Finding-Out-Resul-6844307.jpg

Foto: edrugstore.com

Moms, wanita yang pasangannya sering mengalami ejakulasi dini, kadang tidak merasa terpuaskan karena sulit mengalami orgasme.

“Selain itu, jika ejakulasi terjadi sebelum penetrasi, bisa menghambat terjadinya kehamilan. Kondisi ini menyulitkan bagi pasangan yang berencana memiliki anak,” tandas Dr Zuckerman.

Baca Juga: Ternyata, Ini 6 Rahasia Agar Perempuan Orgasme Maksimal

2. Stres

Stress

Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 1500 wanita mengungkapkan, wanita cenderung stres jika pasangannya menderita ejakulasi dini. Biasanya, ejakulasi dini akan memicu berkurangnya rangsangan dan perhatian seksual dari pria terhadap pasangan intimnya, yang dilandasi rasa takut mengecewakan lebih jauh.

Baca Juga: Selain Untuk Mengurangi Stres, Ini 6 Manfaat Lain dari Dark Chocolate

3. Merusak Hubungan

Unknown.jpeg

Foto: time.com

Salah satu pengaruh ejakulasi dini pada wanita adalah rusaknya hubungan dengan pasangan. Bahkan pada sebagian pasangan, ejakulasi dini mampu memicu perpisahan.

Dalam sebuah polling yang digelar oleh web kesehatan Amerika, terungkap bahwa durasi hubungan seksual merupakan hal yang penting bagi wanita. Sehingga ejakulasi dini yang menyebabkan durasi bercinta menjadi sangat singkat dapat memicu konflik.

(RYO/DIN)

Artikel Terkait