KESEHATAN
22 September 2020

Bersepeda saat Pandemi, Ini Aturannya Menurut Dokter

Sejak COVID-19 melanda Indonesia pada pertengahan bulan Maret 2020, tren bersepeda tiba-tiba saja kembali popular di tengah masyarakat.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Sejak COVID-19 melanda Indonesia pada pertengahan bulan Maret 2020, tren bersepeda tiba-tiba saja kembali popular di tengah masyarakat.

Bahkan sejumlah toko sepeda harus menggunakan sistem buka tutup karena pembeli membludak. Tak hanya itu, antre mengular di toko-toko sepeda pun jadi pemandangan yang umum di sejumlah kota di Indonesia.

Diperkirakan, tren bersepeda ini terjadi lantaran masyarakat jenuh berada di rumah saja selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berlangsung.

Baca Juga: Amankah Bersepeda Saat Hamil? Simak Penjelasannya di Sini

Kapan Waktu yang Tepat Bersepeda saat Pandemi?

bersepeda saat pandemi

Foto: Orami Photo Stocks

Rutin bersepeda memang baik untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Beberapa manfaat yang bisa Moms rasakan dari bersepeda ilaha kesehatan jantung, paru-paru, dan aliran darah di tubuh pun lancar.

Meski demikian, bersepeda di tengah pandemi tentulah berbeda dengan bersepeda sebelum terjadi COVID-19. Moms harus tetap mematuhi protokol kesehatan selama bersepeda.

Menurut dr. Muliadi Limanjaya, RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, menjelaskan bahwa bagi pesepeda pemula, bisa diawali dengan olahraga sebanyak 30 menit sebanyak 3-5 kali dalam seminggu dan dilakukan pada pagi hari di ruang terbuka sekaligus bisa bersepeda sambil berjemur di bawah sinar matahari.

Selain itu, berjemur juga terbukti ampuh menyehatkan tubuh, membunuh virus dan bakteri jahat termasuk COVID-19.

Baca Juga: Manfaat Bersepeda untuk Turunkan Berat Badan? Simak Penjelasannya!

Tips Aman Bersepeda di Tengah Pandemi

bersepeda saat pandemi

Foto: Orami Photo Stocks

Berolahraga di tengah pandemi memang membutuhkan persiapan yang lebih banyak. Mulai dari menyiapkan masker, kacamata, hingga menjaga jarak dengan pesepeda lainnya agar terhindar dari COVID-19. Menurut dr.Muliadi, berikut ini tips aman bersepeda saat pandemi.

- Menggunakan alat pelindung diri seperti hel dan lampu sepeda. Terutama ketika bersepeda di malam hari.

- Memakai masker saat bersepeda adalah hal yang wajib sebagai cara untuk melindungi diri sendiri dan orang lain dari COVID-19. Pilihlah bahan masker yang menyerap keringat agar nyaman saat bersepeda.

- Bawa air minum sendiri agar tidak dehidrasi dan jangan lupa untuk selalu membawa hand sanitizer.

- Pilih rute bersepeda yang sepi dan hindari daerah-daerah yang ramai atau banyak dilalui kendaraan.

- Cari waktu yang tepat saat tidak banyak orang bersepeda. Misalnya, pada siang hari dan subuh.

- Menjaga jarak minimal 1,5 meter dari pesepeda lainnya.

- Bersepeda dengan keluarga atau kerabat untuk meminimalisir penularan.

- Jika ingin bersepeda bersama teman, batasi jumlahnya maksimal 5 orang.

- Sebelum bersepeda dengan orang yang tidak tinggal serumah, pastikan mereka terbebas dari COVID-19 agar lebih aman saat berolahraga.

- Setelah bersepeda, ganti semua pakaian dan langsung dicuci kemudian mandi untuk membersihkan diri. Hindari bersalaman, makan dan minum usai bepergian.

Baca Juga: 5 Manfaat Bersepeda Bagi Wanita

Risiko Bersepeda

bersepeda saat pandemi

Foto: Orami Photo Stocks

Meskipun bersepeda bisa dilakukan oleh semua orang dengan segala usia, tapi ada batasan-batasan yang harus diikuti bagi pesepeda mulai dari durasi bersepeda hingga intensitasnya.

Untuk mengetahui hal ini lebih lanjut, Moms bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Terlebih jika Moms punya penyakit bawaan yang harus diwaspadai.

Selain itu, risiko bersepeda ialah cedera otot. Hal ini karena bersepeda merupakan olahraga yang bersifat statis di mana posisi otot selalu sama dalam jangka waktu tertentu.

Jika tak berhati-hati bisa menimbulkan cedera otot. Oleh sebab itu, sebelum bersepeda pastikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu. Kemudian, saat merasa lelah maka sangat dianjurkan untuk berhenti sebentar lalu kembali melakukan peregangan.

Pakaian olahraga khusus bersepeda juga diperlukan agar nyaman selama dalam perjalanan. Gunakan pakaian yang menyerap keringat ya, Moms.

Itulah tips aman bersepeda di tengah pandemi beserta risikonya. Jika tips di atas bisa Moms lakukan dengan benar maka tubuh yang bugar, sehat, dan terhindar dari COVID-19 pun bisa Moms wujudkan.

Artikel Terkait