KESEHATAN
18 September 2017

Bersiap untuk Indonesia Goes Pink, Waspada Kanker Payudara

Faktanya, kanker payudara sudah mulai terdeteksi pada pasien remaja!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Memiliki tubuh sempurna bagi kaum perempuan adalah hal berharga dan selalu dijaga serta dipertahankan. Diangkatnya payudara sebagai “identitas” perempuan karena kanker serta hilangnya helai per helai rambut “mahkota” wanita akibat kemoterapi tentu menjadi hal yang berat. Untuk itulah muncul berbagai komunitas solidaritas antar wanita sebagai wadah dukungan satu sama lain, salah satunya Lovepink.

Sebagai salah satu wujud kepedulian Lovepink terhadap perkembangan pasien kanker payudara di Indonesia, lovepink membuat survey langsung dari sumber yang terpercaya yaitu penderita kanker payudara itu sendiri. Hasil survey menemukan bahwa adanya pergerakan usia pasien kanker payudara ke arah usia muda yaitu 30-34 tahun, bahkan ada yang ditemukan di pasien usia belasan tahun.

“Diperlukan langkah aktif dari masyarakat dan pemerintah untuk mengatasi kanker payudara, diantaranya dengan penyuluhan pengetahuan kanker payudara pada remaja, serta sosialisai deteksi dini kanker payudara dengan SADARI dan SADANIS serta segera konsultasi dokter jika menemukan gejala kanker,” ujar Shanti Persada, salah satu pendiri Lovepink pada pemaparan hasil survey di Jakarta, Kamis (14/9) lalu.

Pentingnya SADARI dan SADANIS

Selain itu, dari hasil survey juga ditemukan bahwa masyarakat memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi pada dokter namun tidak melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) dan SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis). “Padahal dengan kaum perempuan rutin screening melakukan SADARI, hal tersebut bisa menimalisir penemuan kanker stadium lanjut. Kanker akan lebih mudah diatasi pada stadium awal,” jelas dr. Ralph Girson Gunarsa, Spesialis Onkologi dari RS Onkologi Surabaya.

registrasi igp
Sumber foto: indonesiagoespink.com

Samantha Barbara, Wakil Ketua Indonesia Goes Pink (IGP) menambahkan, “Kami melihat bahwa sumber informasi yang terpercaya adalah pengalaman dari penyintas, maka kami menyelenggarakan IGP sebagai wadah warriors, survivors dan supporter untuk saling menyemangati serta bersama melawan kanker payudara.”

Baca juga: Bra Berkawat Penyebab Kanker Payudara?

Rangkaian Acara Indonesia Goes Pink di Oktober

Indonesia Goes Pink for The Love of Life adalah acara gathering bersama para warriors, survivors, kerabat dan keluarga yang akan diadakan pada 7-8 Oktober 2017 di Nusa Dua, Bali. Kegiatan ini dibuat untuk bersuara pada dunia bahwa Indonesia ikut waspada terhadap kanker payudara.

pink run edit
Sumber foto: indonesiagoespink.com

Acara yang dibuat dari kolaborasi Lovepink bersama Bali Pink Ribbon, Reach to Recovery Surabaya dan Rumah Sakit Onkologi Surabaya ini di hari pertama akan berisi kegiatan workshop memakai kain, make up dan hijab class, self healing serta gala dinner. Di hari ke dua akan diadakan Pink Run, Fun Walk 5k, 10k, 21 k dengan rute sepanjang pantai Nusa Dua dengan mengajak pelari professional dan juga terbuka untuk umum. untuk memberi dukungan bagi para warriors para calon peserta bisa mendaftar melalui www.indonesiagoespink.com yang telah dibuka sejak 18 Mei-24 September 2017.

Bagaimana, apakah Mama berniat untuk ikut serta?

[KAT]

Artikel Terkait