KESEHATAN
29 Juni 2020

Kisaran Biaya Perawatan Pasien Covid-19 di Wisma Atlet Jakarta

Salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid-19 di DKI Jakarta adalah Wisma Atlet.
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Baru-baru ini netizen dihebohkan dengan unggahan seorang pengguna media sosial Twitter @jtuvanyx pada 9 Juni 2020.

Dalam unggahannya itu, ia melampirkan tagihan biaya pengobatan dan perawatan Covid-19 selama di rumah sakit yang mencapai Rp 33.794.977.

Karenanya, banyak netizen yang turut mengunggah biaya pengobatan Covid-19 selama di rumah sakit.

Salah satu yang mengejutkan ialah unggahan biaya pengobatan milik pengguna Twitter @okyisokay yang mencapai Rp 294.317.300 selama 57 hari di rumah sakit.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan bahwa seluruh rumah sakit bisa mengklaim biaya perawatan dan pengobatan pasien Covid-19 melalui verifikasi BPJS.

Meski begitu, biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit untuk pasien khusus Covid-19 masih terbilang cukup mahal.

Salah satu rumah sakit yang menjadi rujukan penanganan Covid-19 di DKI Jakarta adalah Wisma Atlet. Lalu, berapa kisaran biaya perawatan di Wisma Atlet?

Baca Juga: Jangan Panik, Mayoritas Kasus Virus Corona COVID-19 Ringan dan Bisa Disembuhkan

Kisaran Biaya Perawatan di Wisma Atlet

kisaran biaya perawatan pasien covid di wisma atlet

Foto: Orami Photo Stocks

Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Zubairi Djoerban, menyebut bahwa setidaknya ada beberapa hal yang harus dilakukan pihak rumah sakit terhadap pasien positif Covid-19 yang mana membutuhkan ketersediaan alat medis khusus dan harganya pun tak murah.

Pertama, pasien harus melakukan rapid test dan Polymerase Chain Reaction (PCR). Kedua tes ini membutuhkan biaya kisaran Rp1 juta untuk satu kali tes. Setelah hasil PCR keluar dan dinyatakan positif Covid-19 maka pasien harus menjalani masa karantina dan rawat inap di RS yang mana menambah biaya perawatan dan pengobatan.

Selain itu, menurut Zubairi obat untuk pasien Covid-19 juga tidak murah. Setiap harinya pasien akan diberikan obat anti pembekuan darah, obat molekuler yang sekali suntik Rp 300 ribu hingga Rp 400 ribu dalam sekali minum, dan ini belum termasuk biaya obat-obatan lainnya.

Baca Juga: Dari Persatuan Dokter Emergensi Indonesia, Ini Panduan Mencuci Tangan untuk Hindari Virus COVID-19

Tak hanya obat dan perawatan, biaya pelayanan juga relatif meningkat dibandingkan penyakit lainnya dan inilah yang terkadang membuat biaya pengobatan membengkak di rumah sakit. Zubaidir menyebut bahwa biaya perawatan di ruang ICU bisa mencapai Rp 5 juta per hari. Hal ini dikarenakan di dalam ICU dilengkapi sejumlah alat kesehatan seperti monitor yang bisa menunjukkan kondisi pasien seperti kondisi organ jantung, paru, ginjal, otak hingga pembekuan darah.

Zubaidir menambahkan, biaya pengadaan APD tenaga medis juga dibebankan kepada pasien. Padahal harga 1 APD medis lengkap bisa mencapai Rp 1 juta. Sehingga dengan rincian di atas, maka tak heran jika biaya perawatan di Wisma Atlet mencapai belasan, puluhan bahkan ratusan juta.

Baca Juga: Berita Baik, Obat Antivirus COVID-19 Mulai Masuk Uji Coba Tahap Tiga

Maka dari itu, penting bagi Moms dan keluarga untuk selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan higga menjaga jarak agar tidak tertular Covid-19 dan tentunya tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk biaya pengobatan maupun perawatan.

Artikel Terkait