KESEHATAN
11 September 2020

Bibir Pecah-pecah? Simak Penyebabnya dan Cara Mengatasinya

Tidak hanya karena dehidrasi lho, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Memiliki bibir pecah-pecah adalah hal yang cukup mengganggu, terutama bagi wanita. Selain menjadi tanda bahwa Moms mungkin kurang minum, bibir kering juga tak sedap dipandang terutama ketika hendak memakai riasan bibir.

Bibir kering yang terkelupas dan pecah-pecah bisa disebabkan oleh beberapa hal, termasuk dehidrasi, alergi, atau kekurangan vitamin.

Jika Moms curiga bahwa bibir pecah-pecah disebabkan oleh sesuatu yang lebih serius, ketahui penyebab umum bibir kering berikut ini yang mungkin bisa menjadi sesuatu mengkhawatirkan.

Baca Juga: Bibir Kering dan Pecah-Pecah, Atasi Dengan 7 Cara Alami Ini

Penyebab Bibir Pecah-pecah

Lalu apa saja sih penyebab bibir pecah-pecah yang terjadi pada Moms? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Dehidrasi

bibir pecah-pecah-dehidrasi

Foto: Orami Stock Photos

Ini adalah penyebab bibir kering dan pecah-pecah yang sudah diketahui banyak orang. Bibir, mulut, dan mata yang kering adalah tanda-tanda kulit dehidrasi dan kekurangan air.

"Untuk menghindari dehidrasi, minum setidaknya 8 gelas air sehari, dan gunakan pelembap bibir dengan bahan yang melembapkan," kata Dr. Debra Jaliman, seorang dokter kulit berbasis di New York, mengutip Bustle.

Mengutip American Academy of Dermatology, bahan-bahan yang direkomendasikan dokter untuk dapat membantu menyembuhkan bibir kering dan pecah-pecah, yaitu:

  • Minyak biji jarak
  • Ceramides
  • Dimetikon
  • Minyak biji rami
  • Minyak mineral
  • Shea butter
  • Bahan untuk tabir surya, seperti titanium oksida atau seng oksida
  • Petroleum jelly

2. Terlalu Banyak Konsumsi Vitamin A

bibir pecah-pecah-konsumsi vitamin A

Foto: Orami Stock Photos

Setiap orang disarankan untuk mendapatkan asupan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan setiap hari. Tetapi, mengonsumsi terlalu banyak vitamin juga memberikan efek samping lho, Moms.

Bibir yang pecah-pecah dan kering bisa jadi karena Moms terlalu banyak mengonsumsi suplemen vitamin A. Moms harus berhati-hati karena sebaiknya, sebagian besar vitamin A yang didapat harus berasal dari makanan.

"Kelebihan jumlah vitamin A disimpan di hati, dan menumpuk dari waktu ke waktu, menyebabkan berbagai gejala, seperti keretakan berlebihan di sudut mulut, kekeringan, dan kulit mengelupas," kata Dr. Michele Green, dokter kulit di New York.

Baca Juga: Alergi Tabir Surya, Kenali Gejala dan Cara Penanganannya

3. Paparan Sinar Matahari

bibir pecah-pecah-paparan sinar matahari

Foto: thehealthy.com

Terlalu lama berada di bawah sinar matahari tanpa perlindungan tidak hanya dapat merusak kulit, tetapi juga menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah. Karena itu, bibir juga perlu dilindungi dari sinar UV.

"Paparan sinar matahari jangka panjang dapat menyebabkan bibir menjadi kering dan kaku, menyebabkan retak atau pecah," kata Dr. Green.

Ia menambahkan, "Jika tidak melindungi bibir Anda dari sinar matahari, maka dapat menyebabkan peradangan juga," tambahnya. Pastikan Moms menggunakan produk bibir dengan kandungan SPF, ya!

4. Infeksi Ragi

bibir pecah-pecah-infeksi ragi

Foto: Orami Stock Photos

Bibir yang pecah-pecah mungkin merupakan pertanda infeksi jamur. Salah satu tandanya jika memiliki sisi yang retak di celah sudut mulut.

"Ketika Anda menjilat bibir secara berlebihan, air liur yang hangat dan lembap mendorong pertumbuhan ragi, terutama ketika air liur menumpuk di sudut mulut," jelas Dr. Green.

Ketimbang menjilat bibir kering, Moms dapat minum banyak air putih dan hindari menjilat bibir. Moms juga dapat menggunakan pelembap dengan kandungan beeswax atau Vaseline untuk menghentikan penumpukan air liur.

Baca Juga: Ini Tanda Tubuh Jika Kekurangan Vitamin dan Mineral

5. Kekurangan Asupan Vitamin B

bibir pecah-pecah-kekurangan vitamin B

Foto: Orami Stock Photos

Journal of Clinical and Diagnostic Research menyebutkan bahwa kekurangan vitamin B kompleks dapat menyebabkan kesehatan oral menjadi terganggu.

Beberapanya seperti sensasi terbakar di mulut (terutama lidah), bibir pecah-pecah dan merah, radang selaput rongga mulut dan lidah, bisul mulut, dan sakit tenggorokan.

"Vitamin B berperan penting dalam fungsi rutin tubuh. Ini memberikan energi, membantu sistem kekebalan tubuh melawan penyakit, dan berkontribusi untuk kulit yang sehat," jelas Dr. Green.

Untuk memastikan Moms tidak kekurangan vitamin B dan menghindari bibir pecah-pecah, konsumsi banyak makanan kaya vitamin B seperti telur dan daging tanpa lemak.

Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah

Apa saja yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi bibir pecah-pecah? Yuk disimak, Moms.

1. Mengoleskan Lip Balm

mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Foto: Orami Stock Photos

Pertama, yang bisa Moms lakukan untuk mengatasi bibir pecah-pecah yaitu dengan mengoselskan lip balm. Ketika Moms memiliki masalah yang satu ini, sebaiknya jangan mengabaikan untuk menggunakan lip balm setiap hari ya, Moms.

Selain Moms gunakan pada pagi dan malam hari sebelum tidur, Moms juga perlu mengoleskan lip balm, sebelum memakai lipstik supaya bibir Moms tetap terjaga kelembapannya.

Baca Juga: 3 Cara Mengatasi Bibir Kering Saat Hamil

2. Jangan Menarik Kulit Bibir

mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Foto: Orami Stock Photos

Terkadang, Moms sering menarik kulit bibir yang kering supaya tidak terlihat kasar dan jelek. Namun tahukah Moms, bahwa kebiasaan tersebut jika sering dilakukan dapat membuat bibir berdarah.

Jika sudah begitu, kondisi kulit bibir tentunya dapat mengalami luka atau iritasi, kering, dan juga tampilannya semakin pecah-pecah.

3. Madu untuk Melembapkan Bibir

mengatasi bibir kering dan pecah-pecah

Foto: Orami Stock Photos

Jika bibir pecah-pecah, Moms bisa mengandalkan madu sebagai bahan alami yang mudah didapatkan dan mungkin tersedia di dapur saat ini.

Moms dapat menggunakan madu untuk melembapkan serta menghaluskan permukaan kulit bibir Moms secara instan.

Caranya mudah, Moms cukup mengoleskan madu pada bibir dan aplikasikan petroleum jelly sesudahnya.

Biarkan campuran tersebut diserap oleh kulit selama 15 menit. Lalu bersihkan menggunakan kain bersih yang sudah dibasahi sebelumnya.

Baca Juga: Bibir Pecah-pecah? Bisa Jadi Alami 5 Penyakit Ini!

4. Kurangi Kebiasaan Menjilat Bibir

bibir pecah-pecah

Foto: Orami Stock Photos

Meski kadang bermaksud untuk membasahi bibir yang mengalami kekeringan, ternyata dengan Moms menjilati bibir justru malah dapat memperburuk kondisinya.

Cepatnya air liur yang menguap, dapat menyebabkan bibir mengalami kondisi lebih kering daripada sebelum Moms jilat.

Jika Moms menjilati bibir karena pemakaian lips balm yang mengandung rasa, maka pemakaiannya sebaiknya harus dihindari.

5. Menghindari Pemicu Alergi

bibir pecah-pecah

Foto: Orami Stock Photos

Moms, dalam usaha mengatasi bibir pecah-pecah, sebisa mungkin hindari kontak langsung dengan bahan-bahan yang dapat memicu alergi.

Sebagian orang rentan alergi terhadap produk kecantikan, parfum, pewarna , atau produk perawatan kulit lainnya.

Baca Juga: Bibir Sering Mengelupas, Apa Penyebabnya?

6. Menjaga Tingkat Hidrasi

bibir pecah-pecah

Foto: Orami Stock Photos

Untuk menjaga kelembapan pada bibir, sebaiknya minum air putih yang banyak, supaya tubuh dan bibir tetap terhidrasi dengan baik.

Jika perlu, Moms bisa menggunakan pelembap udara di ruangan supaya kelembapannya bisa tetap terjaga.

7. Bernapas Melalui Hidung

bibir pecah-pecah

Foto: Orami Stock Photos

Beberapa dari Moms, mungkin lebih suka bernapas memakai mulut daripada hidung. Namun, kebiasaan bernapas dengan mulut ini sebaiknya Moms hindari, karena bisa memperburuk kondisi bibir pecah-pecah.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Bibir Balita Pecah-Pecah

8. Membatasi Makanan Pedas dan Asam

bibir pecah-pecah

Foto: Orami Stock Photos

Beberapa makanan yang mempunyai rasa pedas dan asam berlebih, sebaiknya harus Moms kurangi, karena dapat menimbulkan iritasi pada bibir.

Jika sudah mengalami bibir pecah-pecah, hindari mengonsumsi makanan pedas dan asam, yang akan membantu mempercepat proses penyembuhan.

9. Hindari Pemakaian Obat-obatan Tertentu

bibir pecah-pecah

Foto: Orami Stock Photos

Sejumlah obat yang ada di pasaran, mungkin menimbulkan efek samping yang membuat bibir pecah-pecah.

Biasanya, obat-obatan yang digunakan untuk mengobati depresi, alergi, cemas berlebih, jerawat, rasa nyeri, dan masalah penapasan, dapat menyebabkan bibir pecah-pecah.

Sebaiknya, Moms konsultasikan terlebih dahlu dengan dokter untuk mengetahui dengan pasti hal tersebut. Jika sangat mengganggu, Moms bisa mempertimbangkan alternatif obat lain.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Bibir Balita Pecah-Pecah

Dengan begitu, Moms bisa menjaga bibir tetap lembap dan terhindari dari kekeringan atau pecah-pecah.

Artikel Terkait