2-3 TAHUN
29 Oktober 2017

Bingung Bagaimana Memberikan Obat Pada Balita dengan Mudah? Coba Lakukan 4 Cara Ini!

Supaya balita bisa minum obat tanpa rewel
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh (katri.dyah)
Disunting oleh (katri.dyah)

Saat si kecil sedang sakit dan perlu minum obat, para orang tua biasanya harus berpikir keras sambil memutar otak untuk memberikan obat pada balita. Tahu sendiri, kan Ma, biasanya si kecil akan menolak minum obat dengan berbagai macam alasan, padahal ini demi kebaikannya sendiri. Jangan bingung, Mama bisa mulai coba 5 cara ini supaya si kecil gampang minum obat:

1. Dekati Si Kecil dengan Suasana Positif

bingung bagaimana memberikan obat pada balita dengan mudah coba lakukan 4 cara ini 1

Daripada membawa obat dengan wajah yang muram atau geram, dekati si kecil dengan penuh senyum dan tawa agar tercipta suasana yang lebih positif serta menyenangkan. Boleh juga, lho, memberikan obat sambil bercanda atau bernyanyi, supaya balita tidak merasa takut saat diberi obat.

Jika Mama melakukan ini setiap kali dia sakit, si kecil perlahan akan belajar bahwa obat adalah sesuatu yang positif dan tak perlu ditakuti. Jadi pada akhirnya nanti, balita tak akan lagi menolak ketika harus minum obat untuk mengobati sakitnya.

2. Selipkan Pada Makanan

bingung bagaimana memberikan obat pada balita dengan mudah coba lakukan 4 cara ini 2

Mama bisa mencoba trik turun temurun yang sudah dilakukan sejak jaman dulu, yaitu dengan menyelipkan obat pada makanan kesukaan balita, seperti pisang, donat, dan lainnya. Cara ini memang terbukti efektif, karena balita tak akan merasa kepahitan dan obat bisa langsung masuk. Tapi jangan lupa dipotong kecil atau dihancurkan dulu ya, Ma.

Perlu diingat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, untuk tahu makanan yang boleh atau tidak boleh dimakan bersamaan dengan obat yang diberikan.

3. Gunakan Pipet

bingung bagaimana memberikan obat pada balita dengan mudah coba lakukan 4 cara ini 3

Si kecil sering menyemburkan obat cair yang terasa pahit? Menurut Christopher Tolcher, MD, professor pediatrik dari University of Southern Californa, Mama bisa coba menggunakan pipet atau syringe tanpa jarum untuk meneteskan obat ke arah pipi bagian dalam, dekat dengan bagian belakang dalam mulut. Dengan begitu, obat yang rasanya pahit tak akan menyentuh lidah si kecil.

Baca juga: Perlukah Anak Minum Obat Cacing?

4. Emut Es

bingung bagaimana memberikan obat pada balita dengan mudah coba lakukan 4 cara ini 4

Sedang sakit kok dikasih es? Tenang Ma, es disini maksudnya adalah potongan atau pecahan es batu berukuran kecil. Sebelum minum obat, biarkan balita mengemut es di lidahnya selama beberapa saat sampai bulir perasa di lidah terasa mati rasa karena dingin, setelah itu berikan obat seperti biasa.

Masih menurut Dr. Tolcher, ternyata ada juga beberapa jenis obat yang rasanya akan jauh lebih baik bila terlebih dahulu didinginkan di dalam kulkas, seperti obat yang mengandung steroid. Jadi lain kali Mama bisa tanyakan pada dokter atau apoteker, obat mana yang sebaiknya ditaruh di kulkas.

5. Biarkan Balita Membuat Keputusan

bingung bagaimana memberikan obat pada balita dengan mudah coba lakukan 4 cara ini 5

Setelah memasuki usia 2 atau 3 tahun, balita biasanya tidak suka jika dipaksa untuk minum obat. Lebih baik biarkan balita memutuskan untuk minum obat sebelum atau sesudah makan, dimakan bersama sereal atau diminum dengan susu coklat, dengan cara ditetes atau memakai sendok, dan sebagainya.

Dengan memberikan balita pilihan untuk menentukan sendiri kapan ia mau minum obat, dijamin dia akan konsekuen dengan keputusannya dan tak sulit lagi untuk minum obat.

Supaya balita tak trauma minum obat, sebaiknya sejak awal katakan bahwa rasa obat memang tidak enak, tapi sangat diperlukan untuk membuat tubuhnya kembali sehat. Bagaimana dengan Mama, cara apa sih yang paling ampuh untuk membuat si kecil mau minum obat? (WA)

Artikel Terkait