TREN
12 September 2017

Bingung Bagaimana Mengolah Makanan Sehat? Yuk Coba 3 Metode Ini

Tak perlu pusing lagi di dapur, dengan metode ini memasak makanan sehat jadi mudah!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Carla
Disunting oleh Carla

Anda membutuhkan asupan nutrisi optimal dari berbagai jenis makanan sehat untuk menjaga kondisi tubuh tetap bugar. Ada begitu banyak bahan yang bisa diubah menjadi makanan sehat, seperti sayur, buah, dan juga sumber protein nabati dan hewani.

Sayangnya, bahan-bahan tersebut seringkali diolah dengan proses yang salah sehingga kandungan nutrisi di dalamnya hilang dan tidak memberikan manfaat saat masuk ke dalam tubuh.

Agar Anda tidak salah dalam mengolah aneka bahan makanan dan menjadikan kandungan nutrisinya hilang, yuk simak metode memasak yang perlu dilakukan berikut ini :

1. Mengukus

Mengukus merupakan salah satu metode memasak yang paling mudah dan tepat dilakukan untuk menghasilkan aneka makanan sehat. Proses ini membuat bahan makanan yang Mama masak bisa matang sempurna tanpa perlu menambahkan lemak yang berasal dari minyak ataupun mentega.

Selain itu, bahan makanan yang Mama olah dengan metode memasak ini tak akan kehilangan kandungan nutrisi di dalamnya sehingga mampu memberikan manfaat optimal bagi tubuh yang sedang berpuasa.

Bahan yang paling cocok diolah menjadi makanan sehat melalui proses masak ini adalah ikan, fillet dada ayam, kerang, asparagus, zucchini, dan juga buah pir.

Anda bisa mengukus makanan dengan steamer, panci, atau juga wadah bambu yang memiliki rongga di bagian bawahnya. Saat mengukus, pastikan air yang Anda gunakan sudah mendidih sehingga bahan makanan lebih cepat matang.

Baca Juga : Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Sejak Kecil

2. Menumis

Anda pasti sering menyantap aneka hidangan sayur yang dipadukan dengan berbagai sumber protein seperti ayam goreng, empal daging, ataupun udang goreng tepung.

Meski aneka sumber protein tersebut sangat sehat, namun minyak yang digunakan selama proses menggoreng akan membuat kandungan lemaknya bertambah sehingga tidak baik jika dikonsumsi terlalu sering.

Nah, agar Anda tetap dapat menikmati aneka sumber protein dengan nikmat, cobalah cara memasak stir-frying atau menumis. Metode yang bisa diterapkan pada berbagai bahan makanan ini jauh lebih sehat karena hanya menggunakan sedikit minyak saat memasaknya dan proses pengolahannya juga tak memakan waktu lama.

Baca Juga : 8 Makanan Sehat Untuk Membuat Kulit Cantik

3. Memanggang

Memanggang adalah salah satu metode memasak paling populer namun jarang dilakukan di rumah karena prosesnya cukup merepotkan dan menimbulkan banyak asap.

Padahal, memanggang merupakan cara yang tepat untuk mendapatkan makanan sehat tanpa harus menambahkan lemak lebih dari minyak ataupun mentega seperti halnya saat menggoreng.

Bahan makanan yang paling cocok diolah dengan metode ini adalah ayam, daging, dan berbagai jenis seafood seperti ikan, udang, dan juga cumi. Saat memanggang, olesi bahan makanan dengan bumbu agar rasanya lebih lezat dan teksturnya menjadi lebih empuk. Setelah itu, Anda bisa menghidangkannya dengan aneka sayur, sambal, dan juga nasi hangat yang sangat sempurna untuk menu berbuka puasa.

Dengan 3 metode memasak tersebut, dijamin Anda akan lebih mudah menghidangkan beragam makanan sehat untuk keluarga. Jangan lupa untuk memvariasikan sayur dan sumber protein yang berbeda agar keluarga tercinta memperoleh asupan nutrisi optimal dan dapat menjalani aktivitas seharian.

Artikel Terkait