HIBURAN
8 Juli 2020

Bioskop Mulai Dibuka 29 Juli, Ini Protokol Kesehatan yang Harus Diterapkan!

Berdasarkan keputusan dan kesepakatan Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI)
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Lolita
Disunting oleh Dina Vionetta

Berdasarkan keputusan dan kesepakatan Gabungan Pengelola Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), bioskop di seluruh Tanah Air akan kembali beroperasi mulai 29 Juli 2020.

Kesepakatan tersebut menganut pada Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor HK. 01.07/Menkes/382/2020 dan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 02/KB/2020.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Diajak Nonton Bioskop?

Persiapan Pembukaan Bioskop

Bioskop mulai dibuka 29 juli

Foto: Orami Photo Stocks

Meskipun telah resmi akan dibuka, GPBSI dan Kemenkes masih harus mempersiapkan banyak hal terkait protokol kesehatan mengingat penyebaran COVID-19 masih terus meluas.

Djonny Syafruddin, Ketua GPBSI, menyebut saat ini pihaknya masih terus mempersiapkan operasional selama 2 hingga 3 minggu untuk implementasi protokol kesehatan di area bioskop selama New Normal. Berikut ini beberapa hal yang dipersiapkan oleh GPBSI sebelum pembukaan bioskop.

Baca Juga: Banyak Film Menarik di Bioskop? Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Membawa Balita ke Bioskop

1. Sosialisasi

Djonny menyebut persiapan pertama yang dilakukan ialah menyiapkan materi komunikasi untuk sosialisasi terkait protokol kesehatan di lingkungan bioskop pada era new normal.

2. Edukasi

Selanjutnya, akan dilakukan proses edukasi atau pelatihan internal bagi para petugas serta karyawan bioskop terkait penerapan protokol kesehatan di era new normal.

Baca Juga: Banyak Film Menarik di Bioskop? Ini Hal yang Harus Dipertimbangkan sebelum Membawa Balita ke Bioskop

3. Komunikasi dengan Rumah Produksi

Setelah persiapan materi komunikasi dan pelatihan dilakukan, langkah terakhir adalah berkomunikasi dengan rumah-rumah produksi terkait kesiapan film dan materi promosi yang akan dilakukan saat bioskop kembali beroperasi.

Baca Juga: Organisasi Kesehatan Dunia Sebutkan 6 Syarat New Normal, Ini Penjelasannya

Protokol Kesehatan dalam Bioskop

Agar kegiatan nonton di bioskop aman, nyaman dan terhindar dari penyebaran COVID-19, manajemen Cinema XXI, telah mempersiapkan protokol kesehatan bagi petugas dan pengunjung. Berikut ini beberapa protokol kesehatan saat nonton di bioskop.

1. Pengecekan Suhu Tubuh

Bioskop mulai dibuka 29 juli

Foto: Orami Photo Stocks

Dewinta Hutagaol, Head of Corporate Communications & Brand Management Cinema XXI, menyebut bahwa di depan pintu bioskop akan ada petugas yang memeriksa suhu tubuh pengunjung.

Pengunjung dengan suhu lebih dari 38 derajat Celcius dilarang masuk karena terindikasi mengalami demam yang merupakan salah satu tanda penderita COVID-19.

2. Menggunakan Masker

Bioskop mulai dibuka 29 juli

Foto: Orami Photo Stocks

Pengunjung dan petugas diwajibkan menggunakan masker selama di dalam dan di lingkungan bioskop.

Baca Juga: 3 Genre Film Dewasa yang Berdampak Buruk Jika Ditonton Anak-anak

3. Social Distancing

Bioskop mulai dibuka 29 juli

Foto: Orami Photo Stocks

Pihak bioskop akan menerapkan social distancing minimal 1 meter di seluruh area bioskop termasuk di dalam studio.

4. Pembersihan Secara Berkala

Bioskop mulai dibuka 29 juli

Foto: Orami Photo Stocks

Selain itu, pihak bioskop juga akan melakukan pembersihan studio bioskop menggunakan desinfektan secara berkala dan sesuai dengan SOP.

Baca Juga: PSBB Jakarta Berubah Jadi PSBL, Ini Daerah yang Akan Menerapkannya

5. Menyediakan Sabun dan Hand Sanitizer

Bioskop Dibuka 29 Juli

Foto: Orami Photo Stocks

Di setiap toilet yang ada di dalam bioskop, petugas akan menyediakan sabun cuci tangan serta hand sanitizer yang terletak pada wastafel toilet.

Selain kelima hal di atas, kondisi yang sehat juga jadi faktor utama agar terlindungi dari penyebaran COVID-19 selama di bioskop. Jadi pastikan Moms dan keluarga dalam keadaan sehat sebelum pergi ke bioskop. Kira-kira, film apa nih yang Moms ingin tonton?

Artikel Terkait