GAYA HIDUP
13 Januari 2020

Bisa Bikin Tubuh Sehat, Inilah 5 Manfaat Ciuman Bagi Kesehatan

Tanda kasih sayang ini ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Orami

Selain berpelukan, salah satu tanda kasih sayang yang biasa dilakukan oleh sepasang suami istri adalah berciuman.

Ya, ciuman nyatanya bisa mendekatkan hubungan antara satu sama lain dan memperkuat ikatan cinta. Bahkan seorang penulis buku “The Art of Kissing”, Michael Cane, mengatakan “Berciuman adalah sebuah hasrat dan romansa yang bisa membuat sepasang kekasih tetap bersama”.

Menurut Archives of Sexual Behavior, dikatakan bahwa penelitian terbaru menunjukkan bahwa ciuman romantis dapat digunakan dalam hubungan seksual manusia untuk mengevaluasi aspek-aspek kesesuaian pasangan, untuk menengahi perasaan keterikatan antara individu, atau untuk memfasilitasi gairah dan memulai hubungan seksual.

Baca Juga: 4 Tips Ciuman untuk Bikin Hubungan Makin Mesra

Ciuman bisa dilakukan di bagian pipi, leher, kening, hingga di bibir. Selain memberikan manfaat untuk mempererat sebuah hubungan, ciuman di bibir juga bisa memberikan manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Apa saja? Simak informasi di bawah ini.

Manfaat Ciuman yang Tak Disangka-sangka

1. Membuat Semakin Bahagia

smiling-young-couple-loving-each-other-near-sofa_23-2147890962.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat ciuman bagi kesehatan adalah bisa membuat seseorang merasa semakin bahagia. Pasalnya, berciuman bisa memicu otak untuk melepaskan berbagai campuran zat kimia yang membuat mood menjadi baik.

Zat kimia tersebut terdiri dari oksitosin, dopamine, dan serotonin yang dapat membuat rasa bahagia meningkat. Tidak hanya itu, ciuman juga bisa menurunkan kadar kortisol yang dikenal sebagai hormon stres.

2. Mengurangi Rasa Cemas

couple-sleeping-touching-noses_23-2147744569.jpg

Foto: freepik.com

Menangani rasa cemas memang bukanlah hal yang mudah. Berbagai cara bisa dilakukan, mulai dari melakukan me time, liburan, bahkan ke psikolog. Namun, rasa cemas ternyata sedikit demi sedikit bisa menurun dengan berciuman.

Saat berciuman secara tidak langsung tubuh akan mengeluarkan zat oksitosin, zat yang dipercaya bisa menurunkan kecemasan dan meningkatkan relaksasi dan kesehatan di tubuh. Tunggu apalagi, segera cium suami ya, Moms!

3. Menurunkan Tekanan Darah

beautiful-couple-spend-time-summer-city_1157-20044.jpg

Foto: Freepik.com

Selain membuat bahagia dan mengurangi rasa cemas, ciuman ternyata juga bisa menurunkan tekanan darah. Menurut Andrea Demirjian, penulis buku “Kissing: Everything You Ever Wanted to Know About One of Life’s Sweetest Pleasures”, dengan melakukan ciuman bisa meningkatkan detak jantung dengan cara melebarkan pembuluh darah,

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi Dengan Cepat

4. Meringankan Kram

asian-couple-beach_1150-6399.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat ciuman bagi kesehatan selanjutnya adalah meringankan kram. Pasalnya, pengaruh pembuluh darah yang melebar dan peningkatan aliran darah yang terjadi dapat membantu meringankan kram yang dirasakan.

Baca Juga: Kram Perut Setelah Berhubungan Intim, Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasinya

5. Meningkatkan Kepercayaan Diri

activity-touching-female-clasped-person_1150-1178.jpg

Foto: freepik.com

Tahukah Anda, ternyata berciuman dengan orang yang dicintai bisa meningkatkan rasa percaya diri. Hal ini disebabkan karen adanya kadar kortisol yang menurun dan berpotensi meningkatkan rasa percaya diri.

Dilansir oleh edition.cnn.com, sebuah penelitian yang dilakukan di Jerman menemukan laki-laki yang mendapatkan ciuman hangat dari sang istri setiap pagi sebelum bekerja, dipercaya bisa menghasilkan uang lebih banyak. Wow!

MA/KM

Artikel Terkait