ORAMI MAGAZINE
25 Agustus 2019

Bisa Dibuat Sendiri, Ini Manfaat Busy Board Untuk Latih Motorik Anak

Ini alasan kenapa Moms harus memberi busy board untuk si kecil
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Moms tahu apa itu busy board? Papan sibuk ini bagus untuk permainan sensorik Si Kecil, karena setiap permainan yang ada di papan ini dapat merangsang semua indera, baik lewat sentuhan, penciuman, penglihatan, pendengaran, bahkan motorik halus.

Moms tahu kan, betapa si kecil sangat penasaran pada benda-benda sehari-hari yang ada di rumah, mulai dari telepon, saklar, gerendel kunci, hingga tutup botol. Nah, busy board berisi benda-benda sehari-hari yang dapat dimainkan oleh anak. Dan yang mengejutkan, benda-benda remeh ini sesungguhnya memberi manfaat luar biasa pada kemampuan motorik Si Kecil, lho.

Baca Juga: Asah Kemampuan Motorik Anak Dengan Cara Seru Ini!

Mau tahu apa saja manfaat busy board untuk Si Kecil? Ini dia penjelasannya seperti dilansir jasperandwillow.com.

1. Menghibur Si Kecil Selama Berjam-Jam

Bisa Dibuat Sendiri, Ini Manfaat Busy Board Untuk Latih Motorik Anak 1.jpeg

Foto: jasperandwillow.com

Busy board jauh lebih baik sebagai penghibur bagi anak-anak dibandingkan TV, gadget, atau games pengasah otak sekalipun.

Jadi, jika Moms kehabisan akal untuk menghibur si kecil selama berjam-jam, misalnya saat di pesawat atau di perjalanan, busy board bisa jadi alternatif untuk membuat Si Kecil tetap sibuk tanpa harus membuat kekacauan atau berantakan.

Baca Juga: 5 Tahap Penting Perkembangan Motorik Bayi, Apa Sudah Sesuai?

2. Membantu Menstimulasi Motorik Kasar dan Halus

Bisa Dibuat Sendiri, Ini Manfaat Busy Board Untuk Latih Motorik Anak 2.jpeg

Foto: jasperandwillow.com

Busy board berisi banyak benda sehari-hari yang bisa dimainkan oleh Si Kecil, seperti memencet tombol, memutar tutup botol, menggeser selot, bahkan meronce manik-manik. Nah, semua gerakan tersebut dapat membantu menstimulasi motorik kasar dan halus anak.

3. Membantu Menstimulasi Indera

Bisa Dibuat Sendiri, Ini Manfaat Busy Board Untuk Latih Motorik Anak 3.jpg

Foto: iamnikkimbento.com

Ada banyak jenis benda yang bisa dimainkan Si Kecil di busy board ini, dengan berbagai bentuk, warna, ukuran, dan fungsi. Hal ini tentu saja membantu melatih kemampuan seluruh indera Si Kecil, mulai dari indera penglihatan, indera pendengaran, dan indera peraba.

Baca Juga: 4 Jenis Permainan untuk Mengasah Kemampuan Motorik Balita

4. Menjauhkan Si Kecil dari Kecanduan Gadget

Bisa Dibuat Sendiri, Ini Manfaat Busy Board Untuk Latih Motorik Anak 4.jpg

Foto: iamnikkimbento.com

Moms kesulitan mencari cara untuk menjauhkan Si Kecil dari gadget? Nah, busy board bisa jadi pilihan yang bagus. Daya tariknya menyamai gadget, lho.

Kabar baiknya, busy board ini bisa Moms buat sendiri di rumah, lho. Bahan-bahan yang diperlukan cukup sederhana, kok. Hanya selembar kardus tebal atau papan, dan berbagai benda-benda sehari-hari yang aman untuk dimainkan oleh Si Kecil.

Artikel Terkait