PERNIKAHAN & SEKS
24 September 2020

Berhubungan Seks di Awal Haid, Bisakah Hamil?

Mungkinkah hamil padahal sedang haid?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Dina Vionetta

Selama masa reproduksi kita, Moms akan mendapatkan periode menstruasi sebulan sekali. Kecuali jika Moms sangat mual, kita bisa tetap melakukan aktivitas seksual selama menstruasi.

Meskipun seks saat menstruasi bisa sedikit berantakan, namun pada kenyataannya hal tersebut tetap aman. Dan, berhubungan seks saat sedang menstruasi sebenarnya bisa menawarkan beberapa keuntungan, termasuk meredakan kram menstruasi.

Bahkan menurut Tara Ford, asisten dokter di Medical Center for Female Sexuality in Purchase, New York, jika wanita merasa nyaman dengan hal tersebut, maka sangat bagus untuk terus berhubungan seks sepanjang bulan dan tidak perlu istirahat. Ini sangat alami dan aman untuk kedua pasangan menurutnya.

Baca Juga: Sering Anyang-anyangan Setelah Berhubungan Seks? Ini Penyebabnya!

Untuk menghindari seprai bernoda, dia merekomendasikan untuk meletakkan handuk di tempat tidur, atau melakukan hubungan seks di kamar mandi.

Lalu, jangan khawatir jika Moms melihat gumpalan merah atau coklat tua selama atau setelah berhubungan seks; itu hanya darah yang lebih tua dan sel-sel dari lapisan rahim kita, dan sangat normal.

Sekarang, pertanyaan umum yang sering kita dengar adalah mungkinkah hamil saat berhubungan seks selama haid?

Demikian pula, banyak wanita bertanya mungkinkah hamil setelah haid atau hamil sebelum menstruasi. Moms tidak sendirian, jika ini adalah salah satu pertanyaan Moms.

Mungkinkah Hamil Jika Berhubungan saat Awal Haid?

berhubungan saat awal haid

Foto: Orami Photo Stock

Banyak orang berpikir bahwa jika seorang gadis berhubungan seks selama haid, ia pasti tidak bisa hamil. Namun, kemungkinan itu tetap ada bagi seorang wanita hamil saat menstruasi. Hal ini dapat terjadi karena beberapa alasan umum:

  • Tidak semua perdarahan vagina adalah periode menstruasi. Kadangkala seorang wanita akan mengalami sedikit perdarahan vagina saat ovulasi.
  • Ovulasi dapat terjadi sebelum haid berhenti atau dalam beberapa hari setelah menstruasi berakhir. Semua wanita bisa saja berovulasi pada waktu yang berbeda dari setiap siklus menstruasi, sehingga mustahil bagi seorang wanita untuk tahu persis kapan waktu paling subur. Karena sperma bisa membuahi sel telur selama 72 jam (3 hari) setelah ejakulasi, berhubungan seks selama haid tetap berpeluang hamil.

Jadi jawabannya, iya. Apalagi jika Moms memiliki siklus haid yang hanya sekitar 20 hari. Sperma dapat hidup di saluran reproduksi wanita selama sekitar enam hari. Seorang wanita melepaskan sel telur dari ovariumnya sekitar 14–16 hari sebelum hari pertama menstruasi.

Jadi jika Moms dengan siklus 22 hari mendapatkan sperma di vaginanya pada hari pertama haid, mungkin masih ada saat sel telur dilepaskan pada hari keenam dari siklusnya, dan tentu ini bisa menyebabkan kehamilan.

Karena wanita muda sering mengalami menstruasi yang tidak teratur, sulit bagi mereka untuk memprediksi apakah menstruasi mereka akan berlangsung lama atau pendek. Jadi, selalu yang terbaik adalah menggunakan perlindungan jika tidak ingin hamil.

Pil pencegah kehamilan (juga dikenal sebagai kontrasepsi darurat) adalah cara yang aman dan efektif untuk mencegah kehamilan setelah hubungan seksual tanpa kondom. Ini dapat dimulai hingga lima hari (120 jam) setelah hubungan seksual tanpa kondom.

Pada akhirnya, cara terbaik untuk mencegah kehamilan adalah dengan menggunakan alat kontrasepsi.

Manfaat Berhubungan Seks saat Haid

berhubungan saat awal haid

Foto: Orami Photo Stock

Berhubungan seks selama menstruasi memiliki beberapa keuntungan, seperti di antara ini.

Baca Juga: Keluar Bercak Darah di Antara Dua Siklus Haid, Tidak Selalu Tanda Implantasi?

1. Mengatasi Kram Menstruasi

Orgasme dapat meredakan kram menstruasi. Kram menstruasi adalah akibat kontraksi rahim untuk melepaskan lapisannya. Saat Moms mencapai orgasme, otot rahim juga berkontraksi. Kemudian mereka melepaskannya. Pelepasan itu seharusnya meredakan kram menstruasi.

Seks juga memicu pelepasan bahan kimia yang disebut endorfin, yang membuat Moms merasa lebih baik. Selain itu, melakukan aktivitas seksual menyibukkan pikiran kita, yang dapat membantu menghilangkan ketidaknyamanan saat menstruasi.

2. Haid yang Lebih Singkat

Berhubungan seks bisa membuat menstruasi kita menjadi lebih pendek. Kontraksi otot saat orgasme mendorong keluar isi rahim lebih cepat. Itu bisa menghasilkan waktu yang lebih singkat.

3. Meningkatkan Gairah Seks

Libido kita akan berubah selama siklus menstruasi, berkat fluktuasi hormonal. Sementara banyak wanita mengatakan dorongan seks mereka meningkat selama ovulasi, yaitu sekitar dua minggu sebelum menstruasi, yang lain melaporkan merasa lebih terangsang selama menstruasi.

4. Pelumasan Alami

Moms dapat menyingkirkan KY selama periode menstruasi kita. Darah bertindak sebagai pelumas alami.

5. Mungkin Meredakan Sakit Kepala

Sekitar setengah dari wanita yang menderita sakit kepala migrain mengalami sakit kepala juga selama menstruasi.

Meskipun kebanyakan wanita dengan migrain menstruasi menghindari seks selama dalam masa ini, banyak dari mereka yang melakukan hubungan seks mengatakan itu sebagian atau seluruhnya meredakan sakit kepala mereka.

Adakah Kemungkinan Infeksi saat Berhubungan Seks di Awal Haid?

kemungkinan infeksi berhubungan saat haid

Foto: Orami Photo Stock

Sekarang pertanyaan yang mungkin Moms semua ajukan adalah, apakah aman jika kita berhubungan seks di awal menstruasi? Apakah ada kemungkinan infeksi yang akan terjadi?

Ada risiko infeksi saat melakukan seks oral, anal, atau vaginal, atau segala bentuk kontak kelamin kulit-ke-kulit, bahkan selama masa menstruasi.

Baca Juga: Benarkah Riwayat Infeksi Menular Seksual Bikin Susah Hamil?

Kecuali jika Moms menggunakan alat kontrasepsi, ada juga risiko kehamilan saat berhubungan seks saat haid, termasuk infeksi menular seksual (IMS).

Ada dua jenis infeksi yang mungkin terjadi karena aktivitas seksual, yaitu Infeksi Menular Seksual (IMS) dan masalah yang disebabkan oleh perubahan flora normal vagina, seperti infeksi jamur dan vaginosis bakterial.

Sementara infeksi jamur juga dapat terjadi tanpa melakukan aktivitas seksual, orang mungkin memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi jamur karena perubahan hormonal selama suatu periode.

Hubungan seks vagina-penis juga dapat menyebarkan infeksi jamur, menyebabkan kepala penis meradang. Kondisi ini disebut balanitis.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) memperkirakan ada 20 juta infeksi menular seksual baru setiap tahun di Amerika Serikat saja. Infeksi menular seksual meliputi:

Satu-satunya cara untuk melindungi kita dari IMS adalah dengan menggunakan metode penghalang seperti kondom atau dental dam. Tindakan perlindungan ini tidak menjamin bahwa seseorang tidak akan tertular infeksi, tetapi dapat secara signifikan mengurangi risiko jika digunakan dengan benar.

Tips Berhubungan saat Haid

tips berhubungan saat haid

Foto: Orami Photo Stock

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat seks saat menstruasi menjadi pengalaman yang lebih nyaman dan tidak berantakan:

Baca Juga: Tekan Angka Kehamilan, Pentingnya Alat Kontrasepsi Selama Pandemi

  • Bersikaplah terbuka dan jujur dengan pasangan kita. Beri tahu mereka bagaimana perasaan Moms tentang berhubungan seks selama menstruasi, dan tanyakan bagaimana perasaan mereka tentang hal ini juga. Jika salah satu dari Moms atau pasangan ragu, bicarakan tentang alasan di balik ketidaknyamanan tersebut.
  • Jika Moms menggunakan tampon di dalam, lepaskan sebelum kita mulai bermain-main di tempat tidur.
  • Bentangkan handuk berwarna gelap di atas tempat tidur untuk mendeteksi kebocoran darah. Atau, cobalah berhubungan seks di kamar mandi atau bak mandi untuk menghindari kekacauan karena darah yang berceceran.
  • Siapkan kain lap basah atau tisu basah di samping tempat tidur untuk membersihkan setelahnya.
  • Minta pasangan Moms untuk memakai kondom lateks. Ini akan melindungi kita dari kehamilan dan IMS.
  • Jika posisi seksual kita yang biasa tidak nyaman, cobalah sesuatu yang berbeda. Misalnya, Moms mungkin ingin mencoba berbaring miring dengan pasangan di belakang kita.

Itu dia Moms beberapa hal yang perlu diketahui mengenai berhubungan seks saat haid. Apakah Moms dan pasangan tertarik mencoba?

Artikel Terkait