2-3 TAHUN
10 Juli 2020

Bolehkah Anak yang Tidak Alergi Minum Susu Kedelai?

Konsumsi makanan berbasis nabati jadi bentuk gaya hidup sehat
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Intan Aprilia

Pemenuhan nutrisi di masa tumbuh kembang Si Kecil menjadi hal penting yang perlu Moms perhatikan.

Tidak hanya dengan makan sayur dan buah, tetapi juga mengonsumsi nutrisi lain seperti susu kedelai.

Biasanya, anak minum susu kedelai bila mengalami alergi susu sapi. Menurut Kids Health, ketika anak alergi susu, sistem kekebalan tubuhnya yang biasanya melawan infeksi, bereaksi berlebihan akan protein dalam susu sapi.

Ketahui informasi lebih lanjut tentang konsumsi susu kedelai pada anak tanpa alergi berikut ini, Moms.

Baca Juga: 5 Manfaat Susu Kedelai bagi Tubuh, Sehat Banget!

Gaya Hidup Sehat dengan Konsumsi Nabati

anak minum susu kedelai-2

Foto: Orami Photo Stock

Gaya hidup sehat jadi salah satu faktor penting untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Salah satunya, dengan mengonsumsi nabati dalam menu makanan harian.

Moms sudah pernah mendengar beragam tren diet yang didasari konsumsi nabati, seperti diet Mediterranean, diet DASH, dan diet MIND.

Tetapi, penting dicatat bahwa gaya hidup konsumsi nabati bukan berarti Si Kecil menjadi vegetarian ya, Moms. Ada banyak manfaat bagi seseorang yang melakukan pola makan berbasis nabati.

"Untuk perlindungan kesehatan jantung, fokuskan diet pada kualitas makanan nabati, dan mengurangi konsumsi makanan hewani tanpa sepenuhnya dihilangkan dari menu makanan," kata Dr. Ambika Satija, mengutip Harvard Health Medical School.

Selain sayur dan buah, penambahan nutrisi ini juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi kacang-kacangan, dan juga dengan susu kedelai.

Baca Juga: Nutrisi Penting dalam Susu Formula Kedelai bagi Tubuh

Pedoman Anak Minum Susu Kedelai

anak minum susu kedelai-3

Foto: Orami Photo Stock

Selain menjadi susu alternatif bagi anak yang alergi susu sapi, ada ragam manfaat lain yang akan didapatkan pada anak yang mengonsumsi susu kedelai.

"Susu kedelai menawarkan keanekaragaman kuliner, tekstur, dan nutrisi yang sehat, termasuk asam lemak omega-3 esensial (jika ditambahkan) dan flavonoid dengan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan kardioprotektif," kata Julieanna Hever, RD, ahli diet berbasis nabati dan penulis 'The Vegiterranean Diet,' mengutip Everyday Health.

Mengutip jurnal dari American Academy of Pediatrics, dituliskan beberapa pedoman dan rekomendasi terhadap konsumsi susu formula berbasis soya untuk Si Kecil:

  • Formula berbasis kedelai adalah alternatif aman dan efektif dalam menyediakan nutrisi untuk pertumbuhan dan perkembangan normal pada anak.
  • Karena formula berbasis protein kedelai itu bebas laktosa, maka aman dikonsumsi pada anak dengan galaktosemia dan defisiensi laktase herediter.
  • Kepada orang tua yang melakukan diet berbasis vegetarian untuk bayi, disarankan untuk menggunakan formula berbasis protein kedelai terisolasi.
  • Konsumsi formula berbasis protein kedelai terisolasi bisa diberikan ketika diketahui ada anak dengan intoleransi laktosa.
  • Formula berbasis protein kedelai tidak dirancang atau direkomendasikan untuk bayi prematur yang beratnya kurang dari 1800 gram.

Baca Juga: Pentingnya Sumber Protein Nabati untuk Tumbuh Kembang Anak

Penuhi Kebutuhan Nutrisi Anak dengan Susu Formula Berbasis Soya

anak minum susu kedelai-1

Foto: Orami Photo Stock

Dalam studi The American Journal of Clinical Nutrition, paparan dini terhadap makanan kedelai, termasuk susu kedelai, dapat memberikan manfaat kesehatan ketimbang efek yang merugikan.

Susu kedelai mendukung pertumbuhan normal dan mungkin memiliki keuntungan dalam mempromosikan perkembangan tulang yang sehat.

Moms bisa memberikan Si Kecil susu Bebelac Gold Soya 3, bahkan jika Si Kecil tidak memiliki alergi susu sapi. Ini karena kandungan susu formula soya yang tinggi serat dan nutrisi lain yang akan didapat Si Kecil:

  • Bebelac Gold Soya 3 dapat mendukung kemampuan berpikir anak dengan minyak ikan yang mengandung DHA, Omega 3, Omega 6, Zat Besi, Kolin, dan Seng.
  • Bebelac Gold Soya 3 mendukung kesehatan pencernaan dan perut anak, dengan Advansfibre Soy dan FOS Inulin, yang bersumber dari nabati.
  • Bebelac Gold Soya 3 mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak, dengan protein soya yang mengandung isolate protein soy, dan 9 asam lemak esensial.
  • Bebelac Gold Soya 3 juga mengandung 13 vitamin dan 9 mineral untuk pertumbuhan optimal, termasuk Kalsium & Vitamin D untuk pertumbuhan tulang yang kuat.

Baca Juga: Penuhi Nutrisi Si Kecil, Bebelac Gold Soya 3 Dukung Tumbuh Kembang yang Optimal

Susu Bebelac Gold Soya 3 memiliki rasa vanilla yang enak. Moms bisa mendapatkan produk formula berbasis soya ini dengan rincian harga sebagai berikut:

  • Bebelac Gold Soya IF; 170 gram (0-6 bulan) Rp36.000
  • Bebelac Gold Soya FO; 360 gram (6-12 bulan) Rp75.000
  • Bebelac Gold Soya GUM; 700 gram (lebih dari 1 tahun) Rp134.400

Nah itu dia Moms, manfaat dari Bebelac Gold Soya 3 sebagai susu formula berbasis kedelai yang bisa diberikan kepada Si Kecil untuk pemenuhan nutrisi hariannya.

Artikel Terkait