2-3 TAHUN
1 Maret 2019

Bolehkah Balita Memakai Kuteks?

Jangan gunakan kuteks dewasa untuk Si Kecil ya Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Andra Nur Oktaviani
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Apakah anak perempuan Moms suka bermain dengan peralatan makeup Moms? Apakah kuteks salah satunya? Hal tersebut tidak mengherankan mengingat kuteks punya warna yang mencolok dan sangat disukai Si Kecil.

Tapi, apakah aman jika Si Kecil menggunakan kuteks? Ternyata tidak semua kuteks aman lho untuk Si Kecil Moms. Karena itu juga, pemakaian kuteks untuk balita rupanya tidak boleh sembarangan, Moms.

Menurut Dr. Katherine Williamson, dokter anak di Children’s Hospital of Orange County, balita sebaiknya tidak menggunakan kuteks orang dewasa yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya. Apalagi jika Si Kecil masih suka memasukkan jari tangan ke dalam mulut

Berbagai zat kimia yang terkandung dalam kuteks dapat membahayakan kesehatan Si Kecil bila terhirup atau tertelan.

Baca Juga: Seru! 5 Ide Aktivitas Bermain Sambil Belajar Untuk Balita Disleksia

Bahan Berbahaya Dalam Kutek

dilihat dari sudut kesehatan, bolehkah balita memakai kutek 1

Happyhappyvegan.com

Menurut daftar dari U.S. Food and Drug Administration, kurteks mengandung beberapa bahan kimia berbahaya, di antaranya:

  • Formaldehida atau formalin. Bisa membuat kuku menjadi rapuh dan mudah retak, serta dapat menimbulkan reaksi alergi dan iritasi pada kulit.
  • Toluene. Zat kimia yang juga digunakan dalam pengencer cat, pewangi, dan cairan pembersih rumah tangga. Bila terhirup dapat menimbulkan pusing dan sakit kepala.
  • Dibutyl Phthalate. Zat kimia yang sering dihubungkan dengan cacat lahir dan gangguan perkembangan janin.
  • Formaldehida Resin. Pengeras dan pengering kuku dalam kuteks ini diketahui dapat meningkatkan resiko terjadinya kanker.
  • Camphor. Selain bisa membuat kuku berubah warna menjadi kuning, paparan camphor yang terlalu sering juga bisa mempengaruhi sistem syaraf.

Alternatif Kutek Yang Aman

dilihat dari sudut kesehatan, bolehkah balita memakai kutek 2

Thenakedturtle.co

Untungnya, saat ini sudah banyak produk kuteks alternatif yang bebas bahan kimia berbahaya dan aman untuk digunakan oleh balita maupun ibu hamil, seperti Piggy Paint, Kid Licks, atau Keeki.

Moms juga bisa pilihkan produk kuteks berbahan dasar air lain yang tidak beracun dan tidak berbau, sehingga aman bila tertelan. Yang tidak kalah penting, jenis kuteks untuk balita ini juga mudah dibersihkan bila tumpah.

Baca Juga: 4 Ide Permainan Konstruktif dan Manfaatnya untuk Balita

Tips Aman Memakai Kutek Untuk Balita

dilihat dari sudut kesehatan, bolehkah balita memakai kutek 3

Nailartmag.com

Agar aman, sebaiknya kuteks disimpan di tempat tertutup yang jauh dari jangkauan balita. Dengan begitu, Moms bisa selalu mengawasi setiap kali balita memakai kuteks.

Saat memakaikan kuteks pada balita, selalu lakukan di ruangan terbuka dengan ventilasi udara yang baik agar uap kimia dari kuteks tidak menumpuk dan terhirup oleh Si kecil.

Nah, untuk balita kecil yang masih suka memasukkan tangan ke dalam mulut, Moms bisa memakaikan kuteks di jari kaki yang lebih sulit dijangkau dan dimainkan.

Jadi, biarkan saja balita memakai kuteks selama produk yang digunakannya aman dan bebas kimia. Selamat mencoba!

(WA)

Artikel Terkait