TRIMESTER 2
31 Mei 2019

Bolehkah Cabut Gigi Saat Hamil? Ini Aturannya!

Jangan asal main cabut gigi sebab ada aturannya!
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Dina Vionetta
Disunting oleh Dina Vionetta

Perubahan hormon yang Moms alami selama kehamilan dapat menyebabkan gusi menjadi sensitif. Peradangan gusi juga bisa membuat mereka berdarah sehingga menimbulkan sejumlah masalah gigi.

Gusi di sekitar gigi bungsu juga bisa menjadi penyebab kekhawatiran selama ini, sehingga perlu sering mengunjungi dokter gigi. Kadang-kadang, kondisi ini bisa menjadi lebih buruk seperti perlu dilakukannya pencabutan gigi. Lantas apakah aman melakukan cabut gigi saat hamil?

Menurut Dr. George Soung, dari University of North Carolina at Chapel Hill, dokter gigi atau ahli bedah mulut biasanya menahan diri dari pencabutan gigi selama kehamilan dan hanya melakukannya jika terjadi keadaan darurat.

“Ini karena menarik gigi selama kehamilan dapat menyebabkan rasa sakit yang berlebihan, yang akan membuat tubuh Anda stres,” tambahnya. Ini bisa berbahaya bagi janin yang sedang tumbuh. Namun, dalam kasus infeksi atau radang gusi, yang juga dapat membahayakan janin, pencabutan gigi darurat dipertimbangkan.

Baca Juga: Agar Tak Histeris, Bujuk Balita dengan 5 Cara Ini Saat ke Dokter Gigi

Waktu yang Tepat untuk Mencabut Gigi

Bolehkah Cabut Gigi Saat Hamil 01.jpg

Kebanyakan dokter gigi tidak melakukan cabut gigi saat hamil kecuali benar-benar diperlukan. Namun, jika membutuhkannya, Moms harus memahami kapan waktu yang tepat untuk mendapatkan prosedur dan mendiskusikannya dengan dokter gigi.

Trimester pertama adalah waktu yang penting untuk perkembangan janin, maka tidak ada prosedur gigi yang dilakukan selama waktu ini. Jika Moms memiliki kondisi gigi yang serius, tindakan terbaik selama ini adalah melindungi Moms dari infeksi tanpa memberikan obat apa pun.

Trimester kedua dianggap sebagai waktu paling aman untuk cabut gigi saat hamil karena sebagian besar organ janin berkembang dengan baik pada saat ini. Namun, disarankan agar Moms menunda prosedur tingkat lanjut. Bahkan selama waktu ini, dokter gigi akan mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari komplikasi dan membuat Moms senyaman mungkin.

Prosedur gigi apa pun termasuk cabut gigi saat hamil di trimester ketiga tidak disarankan. Stres yang disebabkan karena rasa sakit juga dapat menyebabkan kelahiran prematur.

Jika Moms mengalami nyeri hebat yang membuat pencabutan gigi tidak terhindarkan, maka bulan pertama trimester ketiga biasanya dianggap lebih aman. Kalau tidak, lebih baik menunggu sampai setelah bayi lahir.

Baca Juga: Jangan Malas Ke Dokter Gigi! Ini Akibatnya Jika Tak Rajin Membersihkan Karang Gigi

Yang Perlu Diperhatikan Ketika Cabut Gigi Saat Hamil

Sebelum melakukan cabut gigi saat hamil ada hal yang wajib Moms perhatikan.

X-Ray dan anestesi diperlukan selama proses maka tindakan pencegahan tertentu perlu diambil untuk menghindari efek buruk pada janin:

Selama X-ray, lembaran timah harus digunakan untuk menutupi tubuh bagian atas Moms untuk mencegah bahaya pada bayi karena radiasi. Anestesi lokal seperti Novocaine atau Lidocaine harus digunakan pada wanita hamil. Ini adalah obat kategori B yang disaring keluar dari plasenta sebelum mencapai janin.

Moms juga perlu mengetahui obat yang aman untuk ibu hamil. Penisilin, klindamisin, dan amoksilin dianggap aman untuk wanita hamil. Erythromycin juga diresepkan untuk wanita yang tidak memiliki reaksi buruk terhadapnya. Pastikan untuk memberi tahu dokter jika Moms alergi terhadap salah satu dari obat-obatan ini sehingga alternatif dapat ditentukan.

Baca Juga: Jangan Dipaksa, Moms! Ini 4 Tips Agar Anak Tidak Takut ke Dokter Gigi

Untuk mengurangi rasa sakit pasca cabut gigi saat hamil, Moms mungkin akan diberi resep obat nyeri opioid seperti hidrokodon, kodein, dan lain-lain. Obat antiinflamasi non-steroid tertentu seperti ibuprofen, naproxen, dan aspirin dapat diresepkan untuk penggunaan jangka pendek (72 jam). Namun, ini harus dihindari pada trimester pertama dan ketiga. Apakah Moms punya pengalaman cabut gigi saat hamil?

(GSA)

Artikel Terkait