PROGRAM HAMIL
27 September 2020

10 Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil

Jeruk memang menjadi buah favorit banyak orang, termasuk ibu hamil
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Amelia Puteri
Disunting oleh Ikhda Rizky Nurbayu

Jeruk, buah yang terkenal kaya dengan vitamin C ini menjadi favorit dari segala kalangan usia. Mungkin saja Moms menjadi salah satu penggemarnya. Namun, apakah tetap aman untuk mengonsumsi buah jeruk saat hamil?

Faktanya, segala jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh saat hamil harus dipertimbangkan, baik manfaat maupun risikonya. Ada juga manfaat jeruk untuk ibu hamil yang mungkin belum diketahui.

Yuk, cari tahu lebih lanjut berikut ini, Moms.

Baca Juga: 4 Manfaat Buah Mangga untuk Ibu Hamil

Nutrisi Jeruk untuk Ibu Hamil

Amankah Ibu Hamil untuk Makan Jeruk-1.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Jeruk aman dikonsumsi selama kehamilan, tetapi Moms harus mengonsumsinya dalam jumlah sedang. Buah ini memberikan banyak nutrisi dan merupakan sumber vitamin C, asam folat, kalsium, kalium, dan banyak lagi.

Mengutip WebMD, satu jeruk berukuran sedang memiliki kandungan 60 kalori, tidak ada lemak atau natrium, 3 gram serat, 12 gram gula, 1 gram protein, 14 mikrogram vitamin A, 70 miligram vitamin C, 6% dari jumlah kalsium harian yang direkomendasikan.

Ketika dimakan berlebihan, jeruk memiliki beberapa efek samping yang tidak nyaman. Kandungan serat yang tinggi pada jeruk memengaruhi pencernaan secara langsung.

Jika dimakan terlalu banyak, hal ini dapat menyebabkan kram perut dan diare. Ibu hamil nyatanya aman untuk makan jeruk, namun memang tetap memerhatikan porsi yang dikonsumsi setiap harinya.

Jika Moms pernah mendengar bahwa makan jeruk saat hamil bisa menyebabkan penyakit kuning (jaundice) pada anak, maka hal ini adalah mitos belaka.

“Makan jeruk tidak ada kaitannya dengan penyakit kuning. Penyakit kuning disebabkan oleh terlalu banyak bilirubin dalam darah. Kondisi memang kerap muncul pada bayi saat hari kedua atau ketiga setelah melahirkan, namun hanya berlangsung sekitar 7-10 hari,” ujar Tina Otte, perawat dan pendidik persalinan yang menulis buku Pregnancy & Birth.

Hati-hati ketika makan jeruk berlebihan saat hamil, karena bisa menyebabkan beberapa efek samping.

Jeruk adalah buah yang tinggi serat sehingga memengaruhi kesehatan pencernaan. Jika dimakan terlalu banyak, malah dapat menyebabkan diare.

Dilansir dari Medical News Today, ibu hamil dianjurkan makan setidaknya lima porsi buah dan sayuran segar setiap harinya. Satu porsi buah adalah satu buah seukuran bola tenis atau lebih besar, atau satu cangkir buah yang telah dipotong-potong.

Itu artinya Moms bisa makan 2-3 buah jeruk setiap harinya, dilengkapi dengan 2-3 porsi sayuran.

Baca Juga: 4 Resep Minuman Jeruk Nipis yang Asam Segar

Manfaat Jeruk untuk Ibu Hamil

Moms tidak perlu khawatir makan jeruk saat hamil. Jika dimakan dalam jumlah yang tepat, maka kandungan di dalamnya bermanfaat bagi kesehatan saat masa kehamilan.

Nah, beberapa manfaat jeruk untuk ibu hamil, di antaranya:

1. Sumber Vitamin C yang Baik

Amankah Ibu Hamil untuk Makan Jeruk-2.jpg

Foto: freepik.com

Manfaat jeruk untuk ibu hamil yang pertama adalah sebagai sumber vitamin C yang baik. Dilansir dari studi World Health Organization Europe, jeruk mengandung vitamin C dan menjadi sumber antioksidan baik selama kehamilan.

Setidaknya Moms membutuhkan jumlah tambahan vitamin C 10 mg/hari. Vitamin C juga diperlukan untuk sintesis kolagen dan pencegahan preeklamsia.

Selain jeruk, ibu hamil bisa mendapatkan sumber vitamin C dari beberapa jenis makanan seperti kol, tomat, paprika, brokoli, stroberi, nanas, dan kiwi.

2. Membantu Menjaga Imunitas Tubuh

Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan wanita hamil membutuhkan kekebalan yang sehat karena mereka mungkin rentan terhadap banyak penyakit alergi dan makanan.

Manfaat jeruk untuk ibu hamil tidak hanya akan memperkuat kekebalan tubuh, tetapi juga menjaga kesehatan bayi.

Sifat penyembuhan jeruk berasal dari senyawa fitonutriennya seperti antosianin, flavanon jeruk, berbagai polifenol dan asam hidroksisinamatik.

Vitamin C juga membantu menyerap nutrisi tertentu seperti zat besi yang pada gilirannya membantu membentuk tulang rawan, pembuluh darah, tulang, dan jaringan bayi.

3. Mengandung Folat

Amankah Ibu Hamil untuk Makan Jeruk-3.jpg

Foto: freepik.com

Moms sudah tidak asing lagi kalau ibu hamil membutuhkan folat untuk pertumbuhan janinnya. Nah, ini menjadi manfaat jeruk untuk ibu hamil yang selanjutnya.

Jeruk menjadi sumber folat yang baik. Dilansir dari University of Rochester Medical Center, folat membantu perkembangan otak janin dan mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Folat juga membantu mengembangkan sel-sel dan jaringan darah yang baru dan menjaga berat lahir bayi.

Baca Juga: 5 Manfaat Makan Belimbing saat Hamil

4. Bermanfaat dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Manfaat jeruk untuk ibu hamil juga dapat menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Indeks potasium yang tinggi pada jeruk mencegah hipertensi pada ibu hamil dengan mengontrol tekanan darah.

Tak hanya itu, jeruk juga berkontribusi besar pada asupan cairan harian, sehingga memberikan natrium dan kalium untuk menjaga kadar cairan dalam tubuh, dan menghindari Moms dari risiko dehidrasi.

5. Bermanfaat untuk Kulit

Amankah Ibu Hamil untuk Makan Jeruk-4.jpg

Foto: savika.in

Selama kehamilan, mungkin saja Moms tidak mengalami pregnancy glow. Hormon terkadang bisa membuat kulit Moms menjadi kusam dan mudah berjerawat saat hamil.

Menurut studi dari Preventive Nutrition and Food Science, vitamin C dalam jeruk menjadi antioksidan yang baik untuk menjaga kulit tetap lembap dan kencang.

Studi ini juga menyebutkan bahwa jeruk mampu mengatasi jerawat, yang menjadi masalah umum selama kehamilan. Ini tentunya menjadi manfaat jeruk untuk ibu hamil yang patut diketahui.

6. Menjaga Kesehatan Pernapasan dan Cegah Batu Ginjal

Jeruk mengandung karotenoid yang tinggi sehingga dapat membantu menjaga kesehatan pernapasan selama kehamilan. Ini merupakan manfaat jeruk untuk ibu hamil selanjutnya.

Selain itu, jeruk juga meningkatkan nilai pH urine, sehingga meningkatkan ekskresi asam sitrat dari tubuh. Hal ini membantu mencegah terjadinya batu ginjal.

Baca Juga: Ibu Hamil Makan Nangka, Apa Manfaat dan Efek Sampingnya?

7. Mencegah Sembelit

Amankah Ibu Hamil untuk Makan Jeruk-6.jpg

Foto: momjunction.com

Kandungan serat dalam jeruk mampu mencegah sembelit yang menjadi masalah umum selama kehamilan. Inilah mengapa termasuk dalam salah satu manfaat jeruk untuk ibu hamil.

Selain itu, serat juga membantu mengatur tekanan darah, kolesterol, dan gula darah. Namun, sebaiknya tidak dikonsumsi secara berlebihan, ya!

8. Mencegah Peradangan pada Tubuh

Beberapa makanan memberi tahu sistem kekebalan bahwa tubuhnya sedang diserang. Ini menyebabkan peradangan.

Ketika peradangan berubah menjadi masalah jangka panjang, hal itu dapat memicu diabetes, penyakit jantung, artritis, kanker, dan penyakit Alzheimer. Konsumsi jeruk untuk mendapatkan efek sebaliknya, dan bisa menjadi manfaat jeruk untuk ibu hamil.

9. Sebagai Sumber Nutrisi yang Penting

manfaat jeruk untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Manfaat jeruk untuk ibu hamil yaitu juga sebagai sumber nutrisi yang tentunya penting untuk tubuh.

Jeruk mengandung serat sebanyak 3 gram, yang membantu menjaga usus tetap sehat, dan kadar kolesterol tetap rendah. Serat juga memperlambat cara tubuh menyerap gula, ini merupakan bonus jika Moms mengidap diabetes.

Selain itu, manfaat jeruk untuk ibu hamil juga punya kandungan kalsium, yang membuat tulang, organ, dan otot kuat. Serta kalium, nutrisi yang dapat menurunkan tekanan darah.

Jika Moms ingin makan sesuatu yang manis tanpa takut gemuk, bisa dengan makan jeruk. Jeruk memiliki kandungan gula yang bagus, sebanyak 12 gram gula dalam jeruk itu alami.

Berbeda dengan jenis gula yang Moms dapatkan di camilan olahan manis lainnya. Plus, semua serat, vitamin, dan antioksidan yang menyertai jeruk menjadikannya pilihan yang jauh lebih baik untuk tubuh karena memberikan manfaat jeruk untuk ibu hamil.

10. Membantu Optimalkan Kesehatan Jantung

Jeruk kaya serat, menyediakan 16% kebutuhan harian hanya dengan satu buah jeruk berukuran sedang. Selain membuat buang air teratur, serat makanan memberikan banyak manfaat, yang juga menjadi manfaat jeruk untuk ibu hamil lainnya.

Mengutip Journal of Complementary and Integrative Medicine, mulai dari membantu mempertahankan berat badan yang sehat, hingga menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan beberapa jenis kanker.

Jeruk juga mengandung fitonutrien yang dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Baca Juga: 7 Manfaat Jeruk Bali Merah (Pomelo) Untuk Anak

Dosis Makan Jeruk untuk Ibu Hamil

Amankah Ibu Hamil untuk Makan Jeruk-5.jpg

Foto: parenting.firstcry.com

Moms sudah mengetahui apa saja yang menjadi manfaat jeruk untuk ibu hamil. Lalu, berapa banyak dosis jeruk yang bisa dikonsumsi selama kehamilan?

Mengutip Parenting First Cry, dosis vitamin C untuk ibu hamil yang direkomendasikan yaitu sebanyak 85 miligram. Persyaratan ini dapat dipenuhi dengan mengonsumsi tiga buah jeruk setiap hari atau makanan lain yang kaya vitamin C.

Namun, jika Moms mengonsumsi jeruk bersama dengan makanan lain, pastikan untuk mempertimbangkan jumlah vitamin C yang ada dalam makanan lain yang dikonsumsi sepanjang hari.

Ingatlah bahwa asupan harian Moms tidak boleh melebihi asupan yang disarankan, karena jeruk dapat menyebabkan keasaman.

Jika Moms makan makanan yang kaya vitamin C lainnya, pastikan untuk mengonsumsi jeruk dalam jumlah sedang. Konsultasikan dengan dokter kandungan mengenai porsi jeruk untuk dimasukkan ke dalam menu makanan.

Terkadang Moms bisa mendapatkan terlalu banyak hal baik. Meskipun ini terutama berlaku untuk bentuk suplemen, terlalu banyak vitamin C pada satu waktu dapat memberi tubuh lebih banyak serat dan gula daripada yang dibutuhkannya.

Dampaknya, Moms mungkin akan mengalami mual, muntah, diare, kram perut, sakit kepala, dan insomnia.

Jika tubuh menyimpan lebih banyak zat besi daripada yang dibutuhkannya, suatu kondisi yang disebut hemochromatosis, vitamin C dosis tinggi dapat menambah lebih banyak zat besi dan merusak jaringan tubuh.

Vitamin C juga dapat meningkatkan penyerapan dari obat-obatan yang mengandung aluminium, seperti pengikat fosfat, dan meningkatkan kadar estrogen, jika Moms sedang menjalani terapi penggantian hormon.

Baca Juga: Ketahui Perbedaan 5 Jenis Jeruk untuk Masakan

Saran Penyajian Jeruk untuk Ibu Hamil

manfaat jeruk untuk ibu hamil-2

Foto: Orami Photo Stock

Jeruk tidak banyak matang setelah dipetik, jadi menyimpan buah utuh yang belum dikupas di lemari es dapat membantu bertahan selama beberapa minggu dibandingkan di meja yang hanya bertahan sekitar satu minggu.

Setelah dikupas dan/atau dibelah, simpan irisan jeruk di lemari es. Dibungkus rapat atau disegel dalam wadah kedap udara, bahan ini akan bertahan sekitar tiga hingga empat hari.

Untuk merasakan manfaat jeruk untuk ibu hamil, Moms bisa menyajikan jeruk dengan makan langsung, atau tambahkan ke salad, saus, atau makanan penutup.

Mengutip UC Davis Health, jeruk segar memberikan lebih banyak serat dan nutrisi daripada jus jeruk. Daripada minum jus, yang dapat menambah kalori dan gula berlebih ke dalam diet dan meningkatkan gula darah dengan cepat, makanlah seluruh buahnya.

Itulah yang bisa Moms ketahui tentang manfaat jeruk untuk ibu hamil. Adapun porsi yang tepat untuk makan jeruk, yaitu dua buah jeruk setiap harinya. Selain itu, seimbangkan juga dengan nutrisi bergizi lainnya, ya!

Artikel Terkait