TRIMESTER 1
5 Oktober 2020

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang? Ketahui Faktanya!

Penelitian membuktikan udang mengandung kadar merkuri rendah yang aman untuk dikonsumsi
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Setiap ibu hamil pasti ingin makan makanan yang baik agar bayi yang mereka kandung bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Namun pertanyaan yang umum muncul adalah, "apa yang aman dikonsumsi saat hamil?"

Sebagian besar dari kita pasti memiliki berbagai makanan yang mereka sukai dan berharap bisa terus mengonsumsinya selama mereka hamil.

Sushi, tiram, dan makanan laut lezat lainnya menempati urutan teratas dari makanan yang dipertanyakan apakah boleh dimakan atau tidak. Baik direbus, digoreng, atau sebagai koktail, makan udang selama kehamilan adalah keinginan yang umum.

Salah satu makanan laut yang banyak penggemarnya adalah udang. Namun, bolehkah ibu hamil makan udang? Simak penjelasan berikut ini yuk, Moms.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Kepiting? Ketahui Penjelasannya Berikut Ini

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang?

is it safe to eat shrimp when breastfeeding

Foto: workingmother.com

Dengan penelitian yang menunjukkan bahwa menelan kadar merkuri yang tinggi dapat menimbulkan efek berbahaya pada bayi dalam kandungan, banyak wanita enggan makan makanan laut selama kehamilan mereka.

Faktanya, menurut Food and Drug Administration, makanan laut dapat memberi ibu hamil dan menyusui nutrisi untuk membantu tumbuh kembang bayinya.

Namun, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang makanan laut mana yang aman, dan makanan laut mana yang harus dihindari.

Jadi, pertanyaan mengenai bolehkah ibu hamil makan udang bisa dijawab: boleh. Ada sejumlah jenis makanan laut yang aman dikonsumsi, salah satu diantaranya adalah udang.

Menurut American Pregnancy Association, udang mengandung merkuri tingkat rendah. Selain itu juga rendah lemak dan tinggi protein, menjadikannya pilihan yang sehat untuk ibu hamil.

Dengan kandungan yang baik itu, beberapa penelitian menyarankan ibu hamil mengonsumsi 8-12 ons atau setara dengan 2-3 porsi kerang-kerangan, termasuk udang, atau ikan setiap minggu.

Jika ibu hamil makan udang dan hendak menyiapkan udang di rumah, pastikan bahwa udang sudah matang sepenuhnya, yang artinya putih susu seluruhnya (udang mentah biasanya berwarna abu-abu).

Jika Moms memasak udang mentah, pastikan untuk membilasnya dengan air dingin sebelumnya, buang bagian kepala, kaki, cangkang, ekor, dan saluran usus di sepanjang punggung udang.

Cuci tangan Moms dengan bersih setelahnya untuk mencegah penyebaran atau menelan bakteri apa pun dari udang mentah.

Jika Moms memesan udang di restoran, pastikan restoran tersebut memiliki standar keamanan makanan yang baik dan beri tahu pelayan bahwa pesanan tersebut untuk dimakan ibu hamil saat memesan, agar dimasak dengan sempurna.

Boleh saja makan udang dingin, seperti cocktail udang, asalkan udangnya sudah matang sebelumnya ya. Suhu udang setelah proses memasak adalah yang terpenting. Setelah udang matang, Moms bisa mendinginkannya untuk hidangan koktail yang menyegarkan.

Jika Moms bertanya-tanya apakah boleh bisa makan sushi saat hamil, Moms beruntung. Berbagai jenis sushi roll dibuat dengan makanan laut yang telah dimasak, seperti kepiting atau udang tempura. Jadi jika sushi adalah sesuatu yang kita nikmati, maka masih bisa memuaskan ngidam ibu hamil.

Periksa kembali setiap gulungan dan bahan untuk memastikan udang atau ikan lainnya sudah matang dengan baik.

Juga baik untuk mengetahui dari daerah mana udang berasal. Tergantung di mana udang ditangkap, kadar merkuri mungkin lebih tinggi atau lebih rendah dari yang diharapkan.

Makanan laut yang mengandung sedikit merkuri yang sangat aman dikonsumsi selama kehamilan, selain udang, adalah pollack, ikan lele, ikan salmon, ikan trout, tuna kaleng, ikan kod, dan nila.

Jangan lupa bahwa makanan laut ini masih mengandung merkuri, namun tidak terlalu banyak dan dalam jumlah aman.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ibu hamil harus makan tidak lebih dari 8 hingga 12 ons (dua atau tiga porsi) makanan laut per minggu.

Lalu makanan laut yang mengandung kadar merkuri tinggi, yang dapat merusak sistem saraf bayi yang sedang tumbuh meliputi: ikan todak, hiu, raja makarel, tilefish, dan tuna segar.

Baca Juga: Benarkah Sering Makan Seafood Bisa Bikin Cepat Hamil?

Apa Saja Manfaat Makan Udang Saat Hamil?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang

Foto: Orami Photo Stock

Moms sudah mengetahui jawaban dari "bolehkah ibu hamil makan udang?" Lalu, apa saja manfaat ibu hamil makan udang?

Pola makan yang sehat selama kehamilan dapat membantu memastikan bayi dalam keadaan yang sehat.

Udang dan jenis makanan laut lainnya sangat sehat karena mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang ibu hamil butuhkan. Misalnya, makanan laut merupakan sumber asam lemak omega-3 yang baik. Berikut ini manfaat lain yang penting diketahui

1. Sumber yang Kaya Omega-3

Menurut penelitian, asam lemak omega-3 seperti yang terdapat pada makanan laut berpotensi menurunkan risiko kelahiran prematur jika dikonsumsi saat hamil. Ini menjadi manfaat ibu hamil makan udang yang pertama.

Nah, udang merupakan sumber penting asam lemak omega-3, yang mengandung asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA).

Jurnal dalam U.S. National Library of Medicine, menyebutkan bahwa asam lemak DHA mendukung perkembangan otak, sistem saraf pusat, dan mata janin.

Selain itu, bayi yang lahir dari ibu dengan asupan omega-3 yang memadai cenderung lebih rendah risikonya untuk memiliki berat badan lahir rendah.

Itulah mengapa begitu banyak vitamin prenatal memasukkan kandungan ini, tetapi jika Moms bisa mendapatkan asam lemak ini dari makanan kita, ini adalah bonus tambahan.

2. Mengandung Asam Amino dan Protein

Menurut Food and Drug Administration, sekitar 84 gram udang masak mengandung 21 gram protein.

Manfaat ibu hamil makan udang juga kaya asam amino, yang perlu diambil dari sumber luar karena tubuh kita tidak membuatnya. Makan seafood selama kehamilan juga memberi tubuh kita protein.

3. Mengandung Vitamin dan Mineral Esensial

Kalsium, kalium, natrium, dan magnesium merupakan mineral penting selama kehamilan. Mereka merangsang kesehatan tulang, mengatur produksi enzim, dan menjaga keseimbangan cairan.

Sebanyak 100 gram udang segar memberikan sekitar 100 mg kalsium, 300 mg fosfor, dan 40μg selenium. Udang juga mengandung vitamin A, D, E, B12, dan B3.

Kalsium dan fosfor sangat penting untuk tulang dan gigi yang baik pada orang dewasa, dan perkembangan tulang pada bayi. Selenium dapat membantu meningkatkan kekebalan ibu.

Ini menjadi manfaat ibu hamil makan udang yang patut diketahui.

4. Mengandung Zat Besi

Manfaat ibu hamil makan udang selanjutnya yaitu kaya kandungan zat besi.

Udang mengandung 1,8 mg besi per 100gm. Zat besi membantu mengurangi risiko anemia dalam kehamilan dan membantu suplai darah yang tepat ke janin.

Ini juga membantu menurunkan risiko persalinan prematur. Ini dapat melawan anemia defisiensi besi dan memberi kita lebih banyak energi selama kehamilan.

Makan makanan kaya zat besi selama kehamilan juga akan membantu tubuh kita menghasilkan darah ekstra untuk ibu hamil dan bayi.

5. Udang Rendah Lemak

Manfaat ibu hamil makan udang adalah ini merupakan makanan laut rendah lemak, yang berarti mereka mungkin lebih rendah kalori daripada makanan laut atau pilihan protein hewani lainnya.

Baca Juga: Resep Tomyam Udang Enak, Mudah, dan Sehat

Bagaimana Jika Ibu Hamil Makan Udang Mentah?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang

Foto: sealandqualityfoods.com

Selain mengetahui bolehkah ibu hamil makan udang dan manfaatnya, Moms perlu tahu bahwa ibu hamil tidak boleh mengonsumsi udang mentah atau yang dimasak setengah matang.

Mengapa? Karena makan makanan ini diketahui dapat menyebabkan listeriosis, infeksi bakteri yang disebabkan oleh listeria yang ditemukan dalam makanan laut mentah.

Bakteri tersebut juga dapat menginfeksi janin melalui plasenta, dan dapat menyebabkan keguguran.

Ibu hamil makan udang diperbolehkan, tetapi ingat penting untuk memasaknya sepenuhnya. Moms juga harus menghindari ceviche atau aplikasi mentah lainnya. Panas dibutuhkan untuk menghancurkan bakteri.

Baca Juga: Resep Udang Bakar Madu: Manis Gurihnya Bumbu Berpadu dengan Lembutnya Daging Udang

Bagaimana dengan Udang Rebon Saat Hamil?

Bolehkah Ibu Hamil Makan Udang

Foto: kursrupiah.net

Pernahkah Moms mendengar tentang udang rebon? Ini adalah salah satu dari sekian banyak hasil tangkapan laut.

Meski berbeda dengan udang biasa, namun sebetulnya kandungan nutrisi pada udang rebon tak jauh beda dengan udang biasa lho Moms.

Kandungan gizi yang terdapat pada udang rebon ini cukup lengkap lho Moms, mengandung vitamin C, vitamin D, mineral, kalsium, zat besi, asam lemak omega 3, omega 6, EPA, DHA dan lain-lain.

Karena mengandung nutrisi yang banyak dan lengkap maka ada banyak manfaat yang sanggup diperoleh dengan mengkonsumsi udang rebon, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat ibu hamil makan udang rebon salah satunya karena kandungan vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga ibu hamil tidak simpel terkena serangan penyakit.

Kondisi ini tentu menunjukkan pengaruh yang baik pada kesehatan janin.

Selain itu juga bisa mencegak kelebihan kadar kolestrol dalam tubuh. Udang rebon termasuk masakan tinggi lemak baik sehingga sangat baik untuk mencegah kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Jadi jika Moms memiliki masalah dengan kadar kolestrol dalam tubuh, ada baiknya Moms coba mengonsumsi udang rebon ya.

Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Minum Kopi?

Bagaimana Cara Memasak dan Makan Udang?

makan udang saat hamil

Foto: Orami Photo Stock

Proses pemasakan udang penting dilakukan untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi. Bagaimana cara memasak dan membersihkannya dengan benar pada ibu hamil makan udang?

Moms bisa menggunakan air dingin yang mengalir untuk membersihkan udang. Kupas udang dan buang saluran usus dan urat punggung yang mudah terlihat. Gunakan pisau tajam untuk memotong udang.

Lalu, jika Moms telah menyimpannya di lemari es, pastikan untuk mencairkannya sepenuhnya.

Merebus adalah metode terbaik untuk memasak udang. Masak pada suhu 74ºC karena dapat menghilangkan bakterinya hanya pada suhu tersebut.

Moms bisa memasak udang dengan cara ditumis atau goreng setelah direbus dengan benar.

Baca Juga: Hindari Anemia, Ini 17 Makanan Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Apa yang Perlu Diperhatikan Ketika Makan Udang saat Hamil?

manfaat udang untuk ibu hamil

Foto: Orami Photo Stock

Hanya karena aman bagi ibu hamil makan udang, bukan berarti tidak ada sedikit tindakan pencegahan keamanan. Untuk amannya, hindari seafood mentah sama sekali selama kehamilan.

Kehamilan dapat merusak sistem kekebalan tubuh kita. Jadi, jika Moms makan makanan laut yang kurang matang, ada risiko terkena penyakit bawaan makanan dan jujur ​​saja, itu hal terakhir yang ingin Moms atasi selama kehamilan.

Ditambah, bisa lebih berbahaya bagi bayi.

Karena itu, hindari sushi mentah, sashimi, tiram, dan jenis makanan laut mentah lainnya.

Perlu diingat bahwa ini mungkin tidak berarti kita harus mengucapkan selamat tinggal pada sushi sepenuhnya selama 9 bulan tersebut, sebagian besar restoran sushi memiliki pilihan masakan yang mencakup udang goreng atau olahan makanan laut yang aman lainnya.

Saat memesan makanan laut di restoran, selalu pastikan bahwa hidangan sudah matang sepenuhnya.

Saat menyiapkan makanan laut di rumah, pastikan itu benar-benar matang dan memiliki suhu internal 62,8 ° C. Pertimbangkan untuk membeli termometer makanan.

Selain itu, belilah ikan, udang, dan makanan laut lainnya hanya dari toko grosir dan pasar ikan yang memiliki reputasi baik.

Jika Moms mengambil makanan laut dari perairan lokal, ikuti terus berita terbaru tentang perikanan regional untuk menghindari penangkapan ikan di perairan yang tercemar.

Nah, sekarang sudah tahu kan, jawaban dari bolehkah ibu hamil makan udang? Selamat mencoba!

Artikel Terkait