2-3 TAHUN
17 Mei 2019

Bolehkah Memandikan Balita Menggunakan Air Dingin?

Banyak orang tua yang khawatir anaknya akan masuk angin jika dimandikan dengan air dingin
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Anak-anak atau balita kerap dimandikan menggunakan air hangat. Hal itu tidak terlepas dari kekhawatiran banyak orang tua jika nantinya Si Kecil akan terkena demam atau masuk angin jika dimandikan menggunakan air dingin.

Apakah Moms juga punya pikiran serupa? Bila iya, mari kita simak ulasannya, sebenarnya apa boleh balita memandikan balita menggunakan air dingin?

Baca Juga: Trik Mengatasi Balita yang Susah Mandi dengan 4 Cara Menyenangkan

Apa Boleh Memandikan Balita Menggunakan Air Dingin?

kids-dont-need-bath-every-day.jpg

Ketakutan itu sendiri tidak beralasan, karena sampai saat ini belum ada fakta ilmiah yang bisa menyatakan bahwa mandi air dingin berbahaya bagi kesehatan balita. Seorang anak atau balita tidak akan terkena demam hanya karena mandi menggunakan air dingin.

Anak atau balita memiliki kemungkinan besar terkena demam jika berada dalam kondisi yang basah dalam waktu lama.

Untuk itu, tugas Moms adalah memastikan bahwa ia telah dikeringkan menggunakan handuk dengan benar sehingga tak lagi dalam keadaan basah.

Penyebab demam pada anak atau balita adalah karena tidak berpakaian dengan benar. Ketika cuaca sedang dingin, sebaiknya Moms memakaikan baju atau pakaian hangat di tubuh buah hati. Paparan dingin yang terbawa dari cuaca bisa meningkatkan risiko si kecil terkena demam.

Sejumlah fakta tersebut rasanya cukup membuat Moms sekalian melepaskan rasa bersalah jika misalnya memandikan balita menggunakan air dingin.

Selain itu, Indonesia yang merupakan negara tropis dengan suhu berkisar antara 26 hingga 36 derajat celcius membuat mandi air dingin bagi balita menjadi satu hal yang sah-sah saja. Oleh karenanya, mandi air dingin tidak menjadi hal buruk bagi anak atau balita.

Baca Juga: 3 Tips Mandi untuk Bayi Berkulit Sensitif

Manfaat Memandikan Balita Menggunakan Air Dingin

toddler-bath.jpg

Memandikan balita menggunakan air dingin memiliki berbagai manfaat lho, Moms. Jangankan untuk balita, manfaat itu bahkan juga bisa dirasakan oleh bayi yang sudah menginjak usia 6 bulan.

1. Menjaga Kelembapan Kulit Balita

Manfaat pertama mandi air dingin adalah dapat menjaga kelembapan kulit anak atau balita. Semakin lembap kulit anak atau balita, maka semakin sehat kulit mereka.

Oleh sebab itu, Moms perlu menjaga agar suhu dingin pada air yang digunakan untuk mandi terjaga pada 21 derajat celcius.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa suhu air yang dianjurkan adalah sekitar 21 derajat celcius karena suhu di bawahnya merupakan air es. Sementara itu, air panas atau hangat cenderung membuat kulit anak atau balita menjadi kering.

2. Memperlancar Aliran Darah

Manfaat kedua dari memandikan balita menggunakan air dingin adalah bisa memperlancar aliran darah anak atau balita. Aliran darah yang lancar juga akan berdampak pada kesehatan Si Kecil, Moms.

Semakin lancar peredaran atau aliran darah di dalam tubuh anak atau balita maka si kecil juga tidak akan kekurangan pasokan oksigen.

Baca Juga: Bayi Mandi Air Hangat, Bolehkah?

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kemudian, penelitian dari Thrombosis Research Institute Inggris menemukan manfaat lainnya dari memandikan balita menggunakan air dingin dalah mampu meningkatkan kekebalan tubuh buah hati.

Kekebalan tubuh menjadi satu hal yang penting bagi balita karena di usia 1 hingga 5 tahun tubuh mereka rentan dengan berbagai serangan dari luar dan dalam.

Semakin kebal tubuh balita maka mereka pun akan lebih kuat melawan penyakit yang coba menyerangnya.

Peningkatan sistem kekebalan tubuh itu tak terlepas dari fakta bahwa mandi air dingin bisa memproduksi protein yang dibutuhkan oleh sistem imun guna melawan virus dan bakteri.

Mandi air dingin juga bisa mempengaruhi psikologi Si Kecil, lho. Dengan mandi air dingin, balita akan lebih riang dan tidak stres. Rasa segar yang diberikan air dingin itu menjadi alasan munculnya rasa riang.

Air dingin yang bersentuhan langsung dengan ujung saraf di permukaan kulit akan mengirimkan sinyal-sinyal elektrik pada otak Si Kecil yang memerintahkan agar tetap aktif dan segar.

Air dingin juga bisa membuat Otak memproduksi hormon beta-endorfin yang bisa membuat perasaan balita lebih bahagia.

Jadi, bolehkah balita mandi air dingin? Dengan manfaat yang begitu banyak tersebut, tidak ada salahnya jika Moms lebih sering memandikan Si Kecil menggunakan air dingin ya.

(TPW/INT)

Artikel Terkait