2-3 TAHUN
24 Juni 2019

Bolehkah Memberikan Vitamin Penambah Nafsu Makan untuk Anak?

Ini jawaban yang tepat ya, Moms
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Pertumbuhan dan perkembangan anak tentunya menjadi perhatian orang tua. Asupan dengan nutrisi dan gizi terbaik diberikan kepada anak agar mereka dapat bertumbuh secara optimal.

Namun, seiring pertambahan usia anak, kadang menemukan beberapa masalah, seperti kondisi picky eater yang dapat berdampak pada kurangnya asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh anak.

Lalu, apa yang dimaksud dengan picky eater itu sendiri, Moms? Menurut dr. Francisca A. Tjakradidjaja, dokter spesialis gizi klinik di RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa, picky eater terjadi anak suka pilih-pilih makanan. Kadang ia suka banget dengan jenis makanan tertentu dan menolak jenis yang lain.

Aksi anak yang picky eater akan menolak sama sekali dengan makanan tersebut, mengemut, atau bahkan melepehnya. Kondisi ini dapat dialami oleh setiap anak.

Baca Juga: Anak Picky Eater, Ini Dampaknya Pada Mental Si Kecil dan Orang Tua

“Setelah perkembangan dan pertumbuhan yang pesat pada usia di bawah 1 tahun, selanjutnya akan melambat dan nafsu makan mulai menurun. Nah, kondisi picky eater dapat membuat anak berisiko kekurangan zat gizi jika tidak segera diatasi. Hal ini dapat membuat pertumbuhan dan perkembangannya dapat terganggu,” ujar dokter yang akrab dipanggil dokter Chika ini pada Kulwap Orami Community pada Kamis (25/2) lalu.

Kondisi picky eater pada anak juga membuat asupan makanan menjadi kurang bervariasi sehingga dapat rendah asupan sayuran, buah, protein, dan serat. Anak yang picky eater juga mengalami kurangnya nafsu makan.

Lalu, apakah pemberian vitamin penambah nafsu makan diperbolehkan untuk mengatasi kondisi ini? Sebelum melakukannya, sebaiknya Moms menyimak penjelasan berikut ini, ya.

Baca Juga: Apa Nafsu Makan Anak Berubah Ketika Tumbuh Gigi?

Bolehkah Memberikan Vitamin Penambah Nafsu Makan?

vitamin penambah nafsu makan

Faktanya, pemberian vitamin penambah nafsu makan anak dinilai kurang tepat, kecuali dalam kondisi anak memang menderita kekurangan vitamin.

“Tidak semua anak membutuhkan suplemen multivitamin dan mineral untuk menambah nafsu makan. Suplemen tersebut bermanfaat jika anak memang kekurangan zat gizi. Suplemen bukan pengganti makan, melainkan sebagai pelengkap,” ungkap dr. Chika.

Dibanding memberikan vitamin penambah nafsu makan, ada cara lain untuk mengatasi kurangnya nafsu makan karena picky eater, yaitu dengan memperbaiki pola makan anak dan memastikan asupan gizi yang masuk seimbang dari berbagai jenis makanan.

“Lebih baik ditangani dulu mengenai pola makannya. Pola makan saat anak tentunya akan menetap sampai ia dewasa. Pemberian penambah nafsu makan terkadang nantinya malah memperkuat pilihannya pada makanan tertentu saja, jika pola makannya tidak diubah. Anak tetap memerlukan asupan gizi yang seimbang dari berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral,” lanjutnya.

Baca Juga: 4 Kesalahan Orang Tua yang Membuat Anak jadi Picky Eater

Cari Tahu Penyebab Picky Eater Pada Anak

vitamin penambah nafsu makan

Ketika anak mengalami kondisi picky eater yang berdampak pada kurangnya nafsu makannya, maka yang harus dilakukan Moms adalah mencari tahu penyebab dan akar permasalahannya.

Setelah itu, Moms bisa mengenal karakteristik tahap perkembangan anak lalu perkenalkan makanan sedikit demi sedikit secara bertahap dan bervariasi.

Moms juga bisa mengatur waktu makan anak secara teratur, makan di meja makan, dan ciptakan suasana makan yang menyenangkan.

Ketika anak tidak suka jenis makanan tertentu, Moms bisa berkreasi dengan memberikan tampilan yang menarik dan melibatkan anak dalam penyediaan makanan. Moms juga bisa memberikan contoh pada anak, misalnya Moms makan sayur di depan anak ketika ia tidak menyukai sayur.

Terpenting adalah selalu sabar dalam menghadapi kondisi picky eater pada anak dan jangan memaksa anak untuk mengonsumsi jenis makanan tertentu. Selamat mencoba, Moms!

(DG)

Artikel Terkait