BALITA DAN ANAK
5 Agustus 2019

Bolehkah Membiarkan Si Kecil Buang Air di Depan Umum?

Sebisa mungkin jangan biarkan Si Kecil buang air kecil di depan umum ya Moms
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Andra Nur Oktaviani

Mengutip people.com, seorang ibu di Amerika Serikat, terpaksa mendekam selama 60 hari di penjara karena membiarkan anaknya buang air kecil sembarang di pom bensin.

Masalahnya, banyak orang tua mengalami dilema saat menghadapi anak-anak yang sedang toilet training. Sehingga kadang membiarkan anak mereka misalnya pipis di balik pohon saat berada di taman.

Baca Juga: 9 Tanda Anak Siap untuk Toilet Training

Alasan untuk Menghindari Buang Air Kecil di Depan Umum

art-bathroom-conceptual-1722196.jpg

Ada alasan kuat mengapa orang tua harus menghindari anak buang air kecil di depan umum. Saat berkemah atau merunduk di balik semak-semak di taman dan buang air kecil ke tanah adalah kasus tersendiri.

Karena itu, penting untuk mengajarkan Si Kecil beberapa elemen privasi. Selain itu, beri tahu pula perbedaan antara buang air kecil di balik pohon, di jalan dekat trotoar, dan di depan umum. Ada dua masalah utama saat buang air kecil di depan umum semacam itu:

Pada saat masih mengajar anak di mana dan kapan buang air kecil, orang tua sering kali memberi mereka pilihan untuk pergi "ke mana saja." Itu dapat membingungkan dan membuat frustrasi anak kecil atau balita. Terlebih, mereka sedang dalam tahapan mengenal konsep buang air di toilet.

Meninggalkan kotoran di tempat umum dapat menciptakan kondisi yang tidak bersih. Bahkan jika itu adalah pilihan terbaik untuk membersihkan daerah itu, kotoran masih meninggalkan kuman dan bau.

Genangan air seni kecil mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi pertimbangkan balita berikutnya yang datang dan memutuskan untuk melompat ke genangan air kecil itu.

Tentu saja, orang tua mungkin melihat bahwa yang terbaik adalah menghindari anak buang air kecil di depan umum. Tapi, pada kenyataannya tidak semudah itu. Namun, ada cara untuk mengatasi kondisi darurat jika Si Kecil sudah kebelet dan Moms tidak bisa menemukan toilet terdekat.

Satu-satunya hal yang dapat dilakukan adalah mempersiapkan diri. Cara mempersiapkan diri tergantung pada tahap toilet training anak dan keadaan khusus yang mungkin alami Moms sendiri. Apa saja? Yuk kita cari tahu di bawah ini!

Baca Juga: 5 Tips Sukses Toilet Training Untuk Anak

  • Membawa Pakaian Ekstra

Cara menghindari Si Kecil buang air kecil di depan umum yang pertama adalah dengan membawa pakaian ekstra. Moms juga bisa melakukan persiapan dengan selalu membawa satu set pakaian ekstra setiap saat.

Setiap akan bepergian dengan Si Kecil, Moms bisa menyiapkan satu set pakaian ekstra yang terdiri dari pakaian dalam, celana, kemeja, kaus kaki, dan sepatu di tangan kalau-kalau anak tidak bisa memegangnya.

  • Menggunakan Diapers

Cara menghindari Si Kecil buang air kecil di depan umum yang selanjutnya adalah menggunakan diapers. Menggunakan diapers untuk jalan-jalan. Beberapa orang tua menganggap celana pelatihan sekali pakai seperti Pull-Ups adalah pilihan yang menunda pelatihan toilet penuh. Ini juga akan sangat membantu Moms dalam kondisi darurat seperti naik mobil panjang atau perjalanan ke luar kota ketika toilet umum sulit didapat.

  • Membeli Toilet Portable

Cara menghindari Si Kecil buang air kecil di depan umum yang selanjutnya adalah membeli toilet portable. Berinvestasi dalam toilet portabel. Jika berpergian dengan kendaraan pribadi, toilet portabel mungkin pilihan yang baik. Ini sangat nyaman, dan dapat dengan diam-diam meminta anak menggunakannya di mobil di antara halte di sekitar kota.

Baca Juga: 3 Kiat Jitu Toilet Training Balita Kembar

Debat tentang Kencing Publik

baby-boys-childhood-160946.jpg

Masalah membiarkan anak-anak buang air kecil di depan umum sudah lama menjadi perdebatan. Ini mencapai titik panas pada tahun 2010 setelah blogger K. Emily Bond memposting sebuah artikel yang sangat mengkritik orang tua yang memungkinkan anak-anak untuk buang air kecil secara bebas di depan umum.

Dia meminta orang tua untuk berhenti memperlakukan anak-anak seperti anjing dan menyalahkan terburu-buru untuk melatih toilet sebagai faktor utama dalam apa yang menurutnya seperti peningkatan anak-anak buang air kecil di depan umum.

Ada beberapa reaksi yang signifikan terhadap Bond karena begitu menghakimi orang tua lain. Dia juga mengambil pandangan ekstrem dari masalah ini.

Cara terbaik untuk mendorong pelatihan toilet adalah dengan memberi anak penguatan positif dan membuat proses itu sesuatu yang tidak memalukan.

Sebisa mungkin, Moms memang tidak membiarkan Si Kecil buang air kecil di depan umum. Jika memang terpaksa membawa Si Kecil pergi ke luar rumah saat belum lulus toilet training, selalu siapkan perlengkapan di atas. Jangan sampai perjalanan menjadi tidak nyaman hanya karena Si Kecil belum bisa menahan buang air kecil.

Selamat mencoba!

(TPW)

Artikel Terkait