KESEHATAN
11 Juni 2019

Bolehkah Menyemprotkan Sunscreen Spray ke Wajah? Ini Penjelasannya

Sunscreen spray banyak disukai karena praktis digunakan
Artikel ditulis oleh Orami
Disunting oleh Intan Aprilia

Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu perawatan kulit yang vital dalam melindungi kulit kita dari kanker kulit.

Tak hanya berbentuk lotion, kini telah hadir sunscreen berbentuk semprot alias sunscreen spray. Penggunaan sunscreen jenis ini pun meningkat, karena sunscreen spray jauh lebih ringkas untuk memakainya.

Walau lebih sedikit memakan waktu untuk mengaplikasikannya di kulit, penggunaan sunscreen spray ini tak bisa sembarangan, Moms.

Pertanyaan yang banyak ditanyakan adalah bolehkah kita menyempotkan sunscreen spray ke wajah? Lalu, apakah sunscreen spray memiliki fungsi yang sama seperti sunscreen lotion? Yuk simak penjelasannya!

Baca Juga: Agar Hasilnya Efektif, Begini Cara Pemakaian Sunblock Sesuai Tingkat SPF

Apakah Sunscreen Spray Berfungsi Seperti Sunscreen Lotion?

sunscreen spray

Menyemprotkan tabir surya akan melindungi kulit kita dari sinar UV yang berbahaya. Karena fungsinya yang sangat vital, diharapkan sunscreen spray efektif dalam melindungi tubuh.

"Bukannya sunscreen spray tidak berfungsi sebaik lotion, masalahnya adalah bahwa seberapa banyak tabir surya semprot perlu diterapkan untuk mendapatkan manfaat yang sama (seperti lotion)," kata Dr. Raman Madan, M.D., dokter kulit di Northwell Health.

"Jika kita semprotkan SPF 45 selama 2-3 detik, kita hanya mendapatkan perlindungan SPF 10-12. Bukan SPF 45," tambahnya.

Sehingga, kita diharuskan menyemprot sunscreen dengan sangat banyak hingga kulit terlihat berkilau. Entah itu di tangan, kaki, atau bagian tubuh lainnya agar sunscreen spray efektif melindungi kulit.

Baca Juga: Apakah Bayi Boleh Menggunakan Sunblock atau Sunscreen?

Bolehkah Menyemprotkan Sunscreen Spray ke Wajah?

sunscreen spray

Tidak masalah jika kita menyemprotkan sunscreen spray pada lengan, kaki, dada atau punggung kita, tetapi wajah adalah bagian tubuh yang terlarang.

Jika semprotan masuk ke dalam mata, ini akan menimbulkan iritasi. Menurut Asosiasi Dermatologi Amerika Serikat, cara terbaik untuk memakai sunscreen spray adalah dengan cara menyemprotkan dalam jumlah banyak di salah satu tangan kita, gosok dengan tangan lain, baru oleskan ke wajah kita.

Tak cuma itu, tidak disarankan untuk menggunakan semprotan tabir surya dalam kondisi berangin karena dua alasan.

Pertama, itu tidak akan efektif, karena semprotan akan menyebar ke segala arah sehingga tak efektif melindungi kulit. Kedua, kondisi berangin dapat menyebabkan penyemprotan berlebih dapat terhirup secara tidak sengaja.

Baca Juga: Jangan Remehkan Tabir Surya, Ini 3 Hal yang Akan Terjadi Saat Sunburn!

Coba Sunscreen Spray di Punggung Tangan

sunscreen spray

Sebelum menyemprotkannya ke seluruh tubuh, ada baiknya untuk mencoba sunscreen spray terlebih dulu di punggung tangan kita.

Ini dilakukan untuk meminimalisir dampak negatif yang akan terjadi, seperti alergi kulit, iritasi, atau rasa terbakar yang berat. Selain itu, tunggu sampai benar-benar kering setelah menggunakan sunscreen spray.

Seorang laki-laki terbakar di Massachusetts pada tahun 2012 silam karena dirinya menggunakan sunscreen cair semprot yang kemudian berjalan mendekat ke arah pemanggang barbecue. Sunscreen tersebut belum sepenuhnya mengering dan memicu api untuk membakar dirinya.

Pastikan tabir surya telah melapisi kulit kita secara menyeluruh dan telah mengering serta tidak lagi basah saat disentuh.

(SA/INT)

Artikel Terkait