TRIMESTER 1
22 Juli 2019

Bolehkah Tetap Vegetarian Saat Hamil?

Vegetarian justru membawa manfaat yang sehat untuk kehamilan
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Intan Aprilia

Para ibu yang sedang hamil membutuhkan banyak nutrisi agar janin di dalam perut dan ibu dapat tumbuh dengan sehat. Nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil seperti protein, folat, kalsium, zat besi, dan tentunya vitamin-vitamin pelengkap lainnya.

Memang nutrisi-nutrisi ini bisa didapatkan dalam berbagai jenis sayur dan buah-buahan. Namun sebagian lagi banyak terkandung dalam makanan jenis daging-dagingan, yang tidak boleh dikonsumsi oleh seorang vegetarian.

Nah, apakah seorang ibu boleh tetap menjadi vegetarian saat hamil atau harus merubah makanan yang dikonsumsi? Simak penjelasannya di bawah ini ya Moms!

Baca Juga:Cara Aman Menjadi Vegetarian Saat Hamil

Bolehkan Tetap Menjadi Vegetarian?

vegetarian saat hamil

Masih ada begitu banyak kesalahpahaman tentang diet vegetarian dan vegan selama kehamilan. Sebenarnya, vegetarian dan vegan memiliki manfaat yang sehat untuk kehamilan dan bayi yang dikandung.

"Jika seseorang menganut diet vegan yang tepat, maka ibu dan calon bayi akan menjadi sehat saat kehamilan,” ujar Aimee Aristotelou, ahli gizi bersertifikat dan penulis The Whole Pregnancy.

Lalu mengapa ada kekhawatiran yang muncul? Karena beberapa nutrisi berguna untuk bayi ada dan mudah ditemukan pada daging dan produk hewani lainnya. Meski begitu kita tetap bisa mendapatkannya dari tempat yang lain.

Bagaimana untuk Tetap Sehat Ketika Menjadi Vegetarian Saat Hamil?

iStock-994984814_4x3.jpg

Ada banyak alasan mengapa Moms tetap dapat memiliki kehamilan dan bayi yang sehat, saat tetap menjadi vegetarian saat hamil:

  • Pastikan mendapatkan nutrisi yang seimbang selama kehamilan, yang di dalamnya terkandung nutrisi protein, kalsium, zat besi, vitamin B12, dan vitamin D.
  • Minumlah vitamin prenatal Moms setiap hari.
  • Kunjungi dokter kandungan kita untuk rutin kontrol kehamilan kita, dan jangan ragu untuk menceritakan gejala apa pun yang mungkin mengkhawatirkan. Dokter Moms akan membantu memantau setiap masalah yang cenderung menjunjukkan potensi kekurangan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Baca Juga: Ini 5 Makanan Vegan yang Sedang Hits di Instagram

Bagaimana Jika Ingin Makan Daging?

363b1de.jpg

Mengingat semua perubahan hormon itu, banyak ibu hamil mendapati bahwa selera mereka dalam makanan sedikit banyak berubah, bahkan banyak dalam kehamilan. Dan kebanyakan wanita hamil mengidam makanan, terutama daging.

Jika Moms sendiri merasa baik-baik saja membuat pengecualian untuk daging selama kehamilan, itu tidak apa-apa. Moms bisa kembali menjadi vegetarian atau vegan setelah bayi Moms lahir. Moms mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk hanya menambahkan ikan, telur, dan susu ke dalam makanan.

“Vegan biasanya mendapatkan banyak folat karena mengandung begitu banyak staples vegan seperti sayuran hijau, kubis brussel, kembang kol, dan lentil,” ujar Aimee Aristotelou.

Jika tidak, fokuslah untuk mengganti daging dengan makanan pengganti yang mengandung protein favorit Moms. Sehingga ngidam Moms pun bisa tersalurkan.

Itu dia beberapa kiat tetap menjadi vegetarian saat hamil. Apakah Moms juga menjalani gaya hidup ini?

Artikel Terkait