KESEHATAN
4 Maret 2018

Botak di Usia Muda, Apa Penyebabnya?

Botak di Usia Muda, Apa Penyebabnya?
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Intan Aprilia
Disunting oleh Intan Aprilia

Tanya:

Umur saya 20 tahun, tapi rambut saya sudah sangat menipis sampai botak di bagian depan.

Padahal tidak ada keturunan botak di keluarga saya. Kira-kira penyebabnya apa ya dok? Apakah kebotakan bisa disembuhkan, misalnya tumbuh rambut baru?

Jawab:

Penyebab paling umum pada kebotakan adalah masalah hormonal, yaitu androgenetic alopecia; yang merupakan kelainan yang diturunkan.

Penyebab lain, misalnya obat-obatan (termasuk kemoterapi), infeksi, penyakit sistemik, kelainan pada struktur rambut, penyakit autoimun, keracunan logam berat, maupun kondisi kulit lainnya.

Tentang terapi pada kebotakan ada berbagai terapi dengan beragam hasil. Umumnya, dapat dimulai dengan terapi obat yang berkaitan dengan hormon. Terapi ini dijalankan selama beberapa bulan untuk melihat hasilnya.

Namun, terapi jenis ini memiliki efek samping tertentu; yang nantinya akan dijelaskan oleh dokter yang menangani Anda. Pilihan terapi lain, misalnya dengan 'penanaman rambut'. Inilah yang sedang populer untuk permasalahan ini, tetapi biaya yang dikeluarkan tergolong besar.

Yang jangan sampai dikesampingkan adalah bahwa penyebab kebotakan dapat saja berasal dari kondisi atau penyakit lain, sehingga pemeriksaan kondisi umum Anda
juga baiknya dilakukan.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin (Sp.KK) terlebih
dahulu.

Dijawab oleh dr. Alan Goni

Sumber: meetdoctor.com

Artikel Terkait