NEWBORN
23 November 2017

Buah Anggur, Camilan Sehat untuk Bayi

Sumber energi dan menghilangkan lelah
Artikel ditulis oleh -
Disunting oleh -

Buah anggur bisa jadi pilihan camilan sehat, mudah dibawa, dan aman dikonsumsi siapapun tanpa syarat usia. Termasuk bayi? Ya, betul! Selain memiliki rasa yang manis, buah anggur juga mudah digenggam sehingga bisa jadi pilihan makanan sehat yang bisa Moms tawarkan pada bayi sebagai finger food. Berikut alasan mengapa buah anggur layak masuk daftar camilan menyehatkan untuk bayi.

Baik untuk Pencernaan

Buah anggur kaya karbohidrat yang berguna sebagai ‘bahan bakar’ yang mendukung pertumbuhan sel otak bayi. Kandungan asam folat dalam buah anggur juga berguna untuk pembentukan sel saraf dan otak bayi.

Kandungan magnesium dalam buah anggur bisa membantu melancarkan pencernaan dan mencegah bayi sembelit. Serat pada buah anggurpun dapat membantu membuang sisa makanan yang menempel dalam usus sehingga usus menjadi lebih bersih.

Tak hanya itu, kandungan vitamin C buah anggur membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan. Vitamin A dan K dalam buah anggurpun bisa diandalkan untuk menjaga kesehatan mata bayi.

Buah anggur, terutama yang berwarna merah kecokelatan, banyak mengandung senyawa flavonoid yang berguna sebagai antioksidan yang menjaga kesehatan jantung. Antioksidan ini paling banyak terdapat pada bagian kulit dan biji anggur. Untuk bayi dan anak perempuan, kandungan zat boron dalam buah anggur berguna untuk menjaga kadar estrogen dalam darah.

Sumber Energi dan Menghilangkan Lelah

Kandungan gula yang mudah dicerna pada buah anggur juga dapat diandalkan untuk menghasilkan energi instan untuk bayi yang sedang gemar bereksplorasi. Rasa segar dan kandungan zat besi pada jus buah anggur efektif untuk menghilangkan rasa lelah, asalkan diimbangi istirahat cukup. Dalam 100 gram buah anggur juga terdapat 9 mg kalsium yang berguna untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi yang kuat.

Baca juga: Yuk, Kenalkan Finger Food pada Si Kecil

Mulai tertarik memberikan buah anggur pada bayi? Selalu sajikan dalam kondisi segar, tanpa biji, dan sudah dipotong-potong untuk mencegah bayi tersedak.

Buah anggur juga bisa disajikan sebagai salad buah dengan saus yoghurt, maupun dimakan langsung sebagai finger food agar bayi bisa ‘berkenalan’ langsung dengan tekstur sekaligus rasa buah anggur.

Moms juga bisa bereksperimen membuat jus maupun pure (makanan lembut untuk bayi) dengan mencampur buah anggur bersama buah dan sayuran lain agar rasanya lebih manis. Selamat mencoba!

(MEG)

Artikel Terkait