KESEHATAN
16 Juli 2020

7 Buah-buahan yang Aman Dikonsumsi Penderita GERD

Sebagian adalah buah yang mengandung banyak air
placeholder
placeholder
Artikel ditulis oleh Adeline Wahyu
Disunting oleh Amelia Puteri

Makanan yang dikonsumsi akan memengaruhi jumlah asam yang dihasilkan lambung. Karena itu, Moms perlu ketahui beberapa jenis buah yang cocok dikonsumsi untuk penderita GERD.

Ini karena makan jenis makanan yang tepat adalah kunci untuk mengendalikan refluks asam atau penyakit Gastroesophageal Reflux Disease (GERD), suatu bentuk refluks asam yang parah dan kronis.

Refluks asam terjadi ketika ada aliran balik asam dari lambung ke kerongkongan. Hal ini memang bisa terjadi secara umum tetapi dapat menyebabkan komplikasi atau gejala yang menyakitkan, seperti rasa mulas.

Salah satu penyebab hal ini adalah karena Lower Esophageal Sphincter (LES) melemah atau rusak. Biasanya LES menutup untuk mencegah makanan di perut bergerak naik ke kerongkongan.

Menurut Journal of Thoracic Disease, GERD ditandai dengan adanya nyeri dada pertengahan seperti terbakar, regurgitasi cairan atau makanan, atau pengembangan peradangan kerongkongan yang dapat menyebabkan disfungsi dalam menelan.

Nah, berikut ini beberapa jenis buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi penderita GERD. Yuk kita simak.

Buah-buahan untuk Penderita GERD

Gejala refluks dapat terjadi karena asam lambung menyentuh esofagus dan menyebabkan iritasi dan nyeri. Buah-buahan di bawah ini dapat dimasukkan khusus ke dalam diet kita untuk mengelola gejala refluks asam yang terjadi.

1. Semangka

buah yang aman untuk GERD

Foto: Orami Photo Stock

Buah semangka merupakan salah satu jenis buah yang bisa Moms konsumsi jika menderita GERD.

Mengonsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka dapat mencairkan dan melemahkan asam lambung.

2. Pisang

buah yang aman untuk GERD

Foto: Orami Photo Stock

Buah rendah asam ini dapat membantu mereka yang mengalami GERD dengan melapisi lapisan esofagus yang teriritasi, sehingga membantu memerangi rasa ketidaknyamanan yang ada.

Tak hanya itu, karena kandungan seratnya yang tinggi, pisang juga dapat membantu memperkuat sistem pencernaan kita, yang dapat membantu menangkal gangguan pencernaan.

Pisang juga menjadi buah yang cocok bagi GERD, karena salah satu serat larut yang ditemukan dalam pisang yaitu pektin, dapat membantu memindahkan isi lambung melalui saluran pencernaan kita.

3. Melon

buah yang aman untuk GERD

Foto: Orami Photo Stock

Sama seperti pisang, buah ini aman dikonsumsi oleh penderita GERD karena melon juga buah yang sangat basa.

Melon adalah sumber magnesium yang baik, yang ditemukan dalam banyak obat untuk refluks asam. Selain itu, melon memiliki pH 6.1, yang membuatnya hanya bersifat agak asam. Jadi jangan lupa masukkan dalam daftar menu diet Moms ya.

4. Kurma

buah yang aman untuk GERD

Foto: Orami Photo Stock

Buah kurma juga aman dikonsumsi penderita GERD, karena relatif rendah asam. Sudah sejak lama, buah-buahan ini sering disajikan setelah makan malam seperti permen karena rasa manis alaminya.

Saat ini, kurma dapat digunakan untuk menambah rasa manis pada makanan yang dipanggang, smoothie, atau granola.

5. Pepaya

buah yang aman untuk GERD

Foto: Orami Photo Stock

Pepaya juga termasuk buah yang rendah asam. Buah ini menawarkan cita rasa tropis. Mereka juga dikemas dengan karoten dan vitamin C. Buah ini juga cocok dikonsumsi bagi penderita GERD.

6. Buah Beri

buah yang aman untuk GERD

Foto: Orami Photo Stock

Buah beri adalah sumber nutrisi, yang mengandung tingkat antioksidan tertinggi dari buah segar. Jenis buah ini juga terkadang mengandung pH tinggi, sehingga berpotensi menoleransi refluks asam kita, terutama buah blackberi, raspberi, dan stroberi.

7. Buah Nektarin dan Persik

buah yang aman untuk GERD

Foto: Orami Photo Stock

Baik nektarin dan buah persik dikemas baik dengan vitamin esensial dan sifat antioksidan. Mereka juga tinggi pH, sehingga berpotensi menoleransi jika Moms menderita GERD.

Jika ingin mengonsumsi kedua buah ini, sebaiknya Moms membeli yang organik, ya.

Itu dia Moms beberapa daftar buah yang aman dikonsumsi oleh para penderita GERD. Apakah salah satunya buah favorit Moms?

Artikel Terkait